LOADING

Type to search

Gaya Hidup Kesehatan

4 Gaya Hidup Sehat Bisa Hemat Uang Sehingga, Dompet Tetap Tebal

Share

Mykredit.co.id – Gaya hidup yang sehat ternyata bukan hanya menyehatkan badan saja lho! Bahkan kebanyakan kebiasaan ini juga bisa menjadikan dompet dan kantong dana Anda pun lebih sehat atau aman terkendali. Contoh kecilnya begini, Anda adalah salah satu orang yang punya kegemaran memasak. Dari sini Anda bisa terhindar dari berbagai jenis makanan yang kurang menyehatkan atau justru tidak sehat, bahkan masak sendiri juga jauh lebih murah dibandingkan beli.

Selain hobi memasak, masih ada lho beberapa contoh gaya hidup sehat bisa hemat uang. Bagaimana, Anda penasaran kira-kira kebiasaan sehat apa saja yang bisa membuat tubuhmu terawat sekaligus hemat? Yuk segera simak daftar kebiasaan gaya hidup sehat di bawah ini:

1. Bangun Lebih Pagi dan Berolahraga

Kebiasaan bangun lebih pagi dan dilanjutkan dengan olahraga bukan hanya akan membuat tubuh Anda lebih bugar saja. Kebiasaan ini ternyata juga bisa membantu Anda yang sedang dalam proses diet. Bangun tidur lebih awal akan membuat Anda memiliki banyak waktu luang sebagai persiapan berangkat kerja.

Selain itu Anda juga tidak perlu lagi terburu-buru untuk memilih jenis transportasi yang dirasa murah. Waktu yang panjang memberikan ruang cukup besar bagi Anda untuk memilih jenis transportasi yang hemat biaya. Coba bayangkan saja jika Anda terburu-buru takut sudah terlambat maka bisa jadi akan melakukan apapun agar bisa datang ke kantor secepatnya, meskipun membutuhkan biaya yang mahal.

Lalu untuk olahraga pagi, tentunya akan membuat tubuh jauh lebih sehat jika dibandingkan dengan biasanya. Di sisi lainnya, kebiasaan ini justru berhasil menjadi gaya hidup sehat bisa hemat uang loh. Kenapa? Sebab kini Anda tidak perlu lagi datang ke tempat gym dan membayar biaya sewanya. Bagaimana jauh lebih murah bukan?

Bukan hanya itu saja ya, dengan olahraga badan Anda akan terus bugar dan sehat sehingga, kekebalan maupun sistem imun di dalam tubuh jauh lebih bagus. Anda jadi tidak mudah sakit, secara tidak langsung hal ini membantu Anda lebih berhemat, karena tidak perlu datang ke dokter untuk pemeriksaan.

2. Jarang Jajan

Siapa sangka kebiasaan jarang jajan juga jadi gaya hidup sehat bisa hemat uang. Dengan mengurangi jajan makan Anda akan terhindar dari beberapa makanan kurang sehat. Kasus kecilnya begini, Anda suka jajan gorengan. Tapi tahukah Anda, gorengan seperti bakwan justru memiliki kandungan kalori sebanyak 137 kalori.

Makan bakwan satu belum cukup bukan? Kebiasaan orang Indonesia sangat senang dengan gorengan jadi sekali makan bisa 3 hingga 4 buah atau lebih. Makan gorengan dengan jumlah tersebut setara dengan jumlah kalori untuk porsi makan siang Anda. Bagaimana, mau berat badan terus bertambah?

Meskipun membeli gorengan hanya habis 5 ribu hingga 10 ribu saja. Namun sekarang Anda juga perlu mengkalkulasinya selama sebulan, paling tidak akan habis 150 ribu hingga 300 ribu setiap bulannya. Lebih baik 300 ribu untuk membeli kebutuhan lainnya bukan?

3. Batasi Konsumsi Makanan Junk-food atau Siap Saji

Gaya hidup sehat bisa hemat uang yang ketiga adalah batasi konsumsi jenis makanan Junk-food. Bagi Anda yang sibuk kerja, makanan ini pasti dirasa lebih praktis, namun asal tahu saja makanan ini tidak menyehatkan badan karena sama halnya dengan gorengan.

Meskipun praktis, harga yang dibanderol juga mahal. Untuk ayam goreng saja Anda wajib merogoh kocek paling tidak 25 ribu itu pun belum termasuk dengan pajaknya. Hanya satu potong ayam ya. Coba saja Anda total jika setiap hari makan junk-food berapa uang yang harus dikeluarkan per bulannya? Boros bukan?

4. Tidak Suka Menghisap Rokok

Tidak merokok akan jadi gaya hidup sehat bisa hemat uang yang paling efektif. Sebab rokok akan mendorong seseorang terkena berbagai macam penyakit berbahaya diantaranya adalah kanker paru-paru dan jantung. Kalau masih belum percaya coba saja deh baca peringatan yang ada di bungkus rokoknya.

Selain tidak menyehatkan rokok akan membuat pengeluaran Anda naik pesat. Misalkan begini, untuk 16 batang saja Anda sudah membutuhkan dana 22.000 rupiah. Jika perokok aktif maka bisa menghabiskan dua batang selama satu jam. Bisa bayangkan berapa bungkus dalam satu bulan?

Ringkasan kasus gaya hidup sehat bisa hemat uang dengan tidak merokok begini, disederhanakan saja satu bungkus untuk dua hari. Jadi untuk satu harinya Anda harus mengeluarkan uang 11 ribu hanya untuk rokok. Kalikan saja 30 hari berarti setiap bulan biaya untuk rokok sudah 330 ribu. Apalagi yang satu harinya satu bungkus bisa jadi habis 660r ribu per bulan.

Bagaimana cukup banyak bukan uang yang akan Anda habiskan untuk kebiasaan yang kurang menyehatkan. Jika ada banyak sekali gaya hidup sehat bisa hemat uang seperti di atas kenapa Anda tidak segera mencobanya? Selain tubuh sehat dan tidak mudah terserang penyakit, dompet juga akan selalu aman terkendali.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + two =