LOADING

Type to search

Kredit Otomotif

4 Tips Beli Mobil Incaran dengan Harga Terbaik Secara Kredit

Share

Mykredit.co.id – Semua orang pasti pernah berkeinginan untuk memiliki mobil idaman, mungkin Anda adalah salah satunya. Untuk segera mendapatnya tidak jarang Anda akan terus update berita mengenai diskon maupun potong harga untuk pembelian sebuah mobil. Hal ini wajar saja, sebab harga mobil mahal dan mendapatkan diskon jutaan rupiah akan sulit untuk diabaikan.

Beberapa mobil tidak jarang juga ditawarkan dengan uang muka kredit yang murah bahkan bisa di bawah 10 jutaan! Bisa dapat diartikan begini hanya dengan uang kurang dari 10 juta saja Anda bisa membawa mobil incaran. Meskipun murah Anda juga tidak boleh terburu-buru mengiyakan tawaran promo mobil murah tersebut. Tips beli mobil incaran dengan harga terbaik berikut ini wajib untuk Anda perhatikan:

1. Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial

Mobil adalah salah satu jenis barang yang sifatnya konsumtif, dimana harganya juga relatif mahal. Dari sini, Anda wajib untuk memastikan fasilitas kredit sudah sesuai dengan kemampuan finansial yang Anda miliki sebelum membuat keputusan.

Membeli kendaraan secara kredit memang lebih mahal jika Anda bandingkan dengan membelinya secara kontan. Meskipun begitu kredit akan membantu Anda lebih cepat memenuhi kebutuhan tanpa harus mempersiapkan dana penuh untuk beli mobil kontan.

Anda hanya perlu mempersiapkan dana untuk uang muka kredit saja. Nah, sebelum membuat keputusan untuk mengambil kredit mobil, tidak ada salahnya Anda menjawab beberapa pertanyaan tips beli mobil incaran dengan harga terbaik ini:

  • Berapakah jumlah dana yang telah Anda punya sebagai persiapan untuk uang muka sebagai kredit mobil?
  • Apakah keuangan saat ini sudah memungkinkan bagi Anda untuk membayar cicilan cicilan?
  • Berapakah jumlah beban cicilan Anda sekarang untuk setiap bulan?
  • Selain menjawab pertanyaan di atas, Anda juga perlu menerapkan prinsip tips beli mobil incaran dengan harga terbaik sebagai berikut:
  • Jumlah dari beban cicilan setiap bulan paling banyak sebesar 30 sampai 35 persen oleh penghasilan per bulannya. Termasuk juga utang pada kartu kredit serta beberapa kredit lainnya tanpa agunan.
  • Mempunyai dana darurat yang mana sudah sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh, jika masih berstatus lajang maka jumlah dana untuk kebutuhan darurat paling sedikit sebesar 3 kali atas pengeluaran setiap bulanan. Jika Anda sudah berstatus menikah, maka paling sedikit 6 kali dari nilai pengeluaran per bulannya.
  • Apabila nantinya Anda akan menambah beban pada cicilan mobil, jumlah tanggungan cicilan tidak boleh melebihi 30 persen dari jumlah penghasilan bulanan Anda secara rutin.

Jika keadaan keuangan dirasa kurang memungkinkan untuk mengambil kredit mobil, jangan pernah paksa diri untuk tetap mengambilnya. Tips beli mobil incaran dengan harga terbaik ini harus selalu diperhatikan sebab nilai dari sebuah mobil akan turun seiring berjalannya waktu. Bahkan setiap tahunya penurunan tersebut bisa mencapai angka 15 persen.

2. Pilih Tipe dan Jenis Mobil yang Sesuai dengan Kebutuhan

Jika finansial Anda dirasa memang memungkinkan untuk pengambilan kredit sebuah mobil. Maka saat ini adalah waktu yang tepat bagi Anda memilih jenis mobil sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, jika nantinya mobil akan digunakan untuk keperluan keluarga pilih jenis mobil yang bisa memuat banyak orang.

Sedangkan tips beli mobil incaran dengan harga terbaik bagi kebutuhan mobil yang digunakan untuk mengantar pergi setiap harinya. Maka jenis mobil yang tepat untuk dipilih adalah mobil jenis kompak dan mana bisa lebih leluasa menerobos kemacetan di jalan raya.

3. Pertimbangkan Kembali Harga Jual dari Mobil

Setiap mobil rata-rata akan mengalami penurunan sebesar 10 hingga 15 persen setiap keluar dari showroom. Dan kebanyakan orang memiliki rencana untuk mengganti mobilnya setelah pemakaian 5 tahun agar harga jual mobil bekasnya masih bisa bersaing. Selain itu, mobil yang semakin tua akan membutuhkan biaya perawatan yang semakin mahal.

Disinilah letak poin paling penting bagi Anda memperhatikan tips beli mobil incaran dengan harga terbaik dengan melihat harga jual dari mobil di tingkat pasar sekunder. Jauh lebih baik Anda memilih jenis mobil yang mana harga jual bekasnya masih tergolong stabil atau tidak mengalami penurunan yang tajam. Sehingga, jika nantinya Anda memiliki niat untuk menjualnya kembali harganya masih cukup mahal.

4. Perhatikan Detail dari Skema Kredit Mobil

Hal terakhir yang wajib untuk Anda perhatikan adalah detail setiap bagian dari skema kredit yang ditawarkan oleh pihak leasing maupun bank. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah seberapa besar kebutuhan jumlah uang muka yang wajib Anda siapkan, tingkat bunga dalam kredit yang akan dikenakan, beban cicilan per bulan, biaya untuk pelunasan mobil lebih awal, penalti jika terjadi keterlambatan pembayaran cicilan, dan juga asuransi.

Kini Anda tidak perlu merasa khawatir akan salah dalam membeli mobil yang selama ini sudah diidam-idamkan. Tips beli mobil incaran dengan harga terbaik di atas akan membantu Anda mendapatkannya dengan mudah bahkan beberapa risiko yang ada juga bisa Anda minimalisir. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × four =