LOADING

Type to search

Gaya Hidup Pendidikan

5 Alasan Pentingnya Pendidikan Bagi Seorang Wanita

Share

Mykredit.co.id – Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan, bahkan pendidikanlah yang biasanya akan sangat mempengaruhi kehidupan seseorang, meskipun tidak selamanya berlaku seperti itu. Bukan hanya bagi orang dewasa, bahkan pendidikan sebenarnya sudah dimulai dari ketika bayi masih berada dalam rahim seorang ibu.

Namun sayangnya, di era yang sudah modern seperti sekarang ini masih ada saja yang beranggapan bahwa pendidikan yang tinggi bagi seorang perempuan itu tidak terlalu penting, lain halnya dengan seorang laki-laki.

Apakah Anda setuju dengan pernyataan tersebut? Tentu saja tidak kan? Terutama bagi Anda yang merasa menjadi manusia wanita modern saat ini dan tidak mau ketinggalan dengan kesempatan mengenyam pendidikan setinggi-tingginya dengan kaum lelaki. Mengapa kaum wanita juga penting mendapat pendidikan? Berikut beberapa alasan logisnya:

1.Menghindari Adanya Perdagangan Manusia

Anda mungkin pernah mendengar atau bahkan sudah tidak asing lagi dengan sebutan perdagangan manusia. Manusia yang dimaksud di sini untuk diperjualbelikan salah satunya adalah kaum hawa. Padahal wanita adalah makhluk indah yang diciptakan Tuhan untuk disayang, dijaga dan dihormati harga dirinya bukan malah untuk diperjualbelikan secara tidak benar. Bukankah ini merupakan perbuatan yang sangat tidak bermoral ?
Salah satu hal yang menyebabkan masih adanya perdagangan manusia khususnya perdagangan kaum hawa adalah atas kurangnya tingkat pendidikan yang didapatkannya. Entah karena pemerintahan setempat yang kurang menggalakkan untuk menjadikan masyarakatnya menjadi insan yang intelek ataupun memang karena keterbatasan ekonomi yang sangat sulit sehingga memilih untuk mengabaikan pentingnya mengenyam sebuah pendidikan.

Bisa juga karena anggapan atau jalur pemikiran seseorang yang berpikir bahwa seorang perempuan hanya bertugas di rumah saja seperti beres-beres rumah, melayani suami dan merawat anak. Sedangkan hal ini tidak membutuhkan tingkat pendidikan yang tinggi. Sehingga disimpulkan bahwa pendidikan untuk seorang wanita tidaklah penting.

Siapa bilang pendidikan untuk seorang wanita tidaklah penting? Siapa bilang wanita hanya bisa melakukan pekerjaan rumah? Wanita juga memiliki kesempatan yang sama untuk meraih kesuksesan di masa depannya. Salah satunya bisa didapatkan dengan menempuh jalur pendidikan.
Jika para wanita memiliki pendidikan yang sebanding dan bisa mencari pekerjaan yang baik, maka besar kecil sekali kemungkinan bahwa dirinya akan dijadikan sebagai bahan perjualbelian manusia.

2.Representasi Politik

Hampir di seluruh dunia, mungkin di Indonesia juga, belum banyak perempuan yang ikut andil dalam dunia politik negara dan pemerintahan. Ini bukan karena perempuan tidak bisa berfikir secerdas yang dilakukan oleh seorang lelaki, tetapi karena kurangnya tingkat pendidikan yang dimilikinya.

Jika perempuan itu memiliki pendidikan yang tinggi, melakukan pelatihan kepemimpinan, mengikuti organisasi maka tidak mustahil jika seorang perempuan bisa lebih pandai dalam mengatur managemen suatu pemerintahan negara.

3. Ibu yang Berpendidikan Maka Akan Melahirkan Anak yang Cerdas

Keadaan seorang ibu juga akan mempengaruhi dengan keadaan anak yang dilahirkannya. Menurut beberapa penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa, seorang ibu yang memiliki pendidikan yang tinggi maka akan melahirkan seorang anak yang cerdas. Bukan hanya itu, seorang ibu yang cerdas juga akan lebih tahu tentang bagaimana merawat dan membesarkan buah hati hingga mengantarkannya menjadi sosok yang jauh lebih berguna.

Dengan cara dan pola pikir yang cerdas, anak akan terbimbing dan mendapat arahan yang baik dan jelas. Apalagi kebanyakan seorang anak memiliki kedekatan yang lebih dekat dengan seorang ibu dibandingkan dengan seorang ayah. Sehingga ibu memiliki peran yang sangat penting untuk membawa kemana buah hatinya akan meraih masa depannya.

4.Safe Seks

Banyak wanita yang menjadi korban pelecehan seksual. Salah satu penyebabnya tidak lain adalah kurangnya tingkat pendidikan dan kurangnya kepandaian dalam memahami seperti apa perannya di dunia ini. Seharusnya wanita mampu memahami dengan baik bahwa dirinya bagaikan sebuah perhiasan yang banyak diincar oleh para maling, sedangkan perhiasan merupakan salah satu benda yang sangat berharga dan sangat tinggi nilai jualnya. Sehingga akan sangat disayangkan sekali jika hanya akan diambil seorang maling yang tidak bertanggung jawab.

Maka jadilah wanita cerdas yang bisa mengamankan diri Anda dari perbuatan–perbuatan jahat lelaki. Namun jangan sampai jika wanita itu sendiri yang menawarkan dirinya terhadap lelaki. Wanita yang berpendidikan pastilah akan berfikir ribuan kali ketika ingin merusak dirinya sendiri.

5.Mencegah Pernikahan Dini

Salah satu dampak positif dari mengenyam pendidikan yang tinggi bagi seorang perempuan adalah mencegah dari adanya pernikahan dini. Seperti yang Anda tahu, saat ini banyak sekali anak perempuan yang baru lulus SLTA langsung melaksanakan proses pernikahan.
Padahal mayoritas penyebab kegagalan dalam rumah tangga adalah pernikahan di usia dini karena usia yang sebenarnya belum siap untuk mengarungi bahtera kehidupan rumah tangga.

Itulah 5 alasan mengapa pendidikan itu juga sangat penting untuk didapatkan seorang perempuan. Hanya istilah jaman dulu yang mengatakan perempuan harus selalu tertinggal dan tidak bisa maju. Jaman sekarang perempuan pun bisa menjadi seorang yang penting dalam pemerintahan negara, salah satunya bisa didapatkan dengan cara menempuh jalur pendidikan setinggi-tingginya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 8 =