LOADING

Type to search

Gaya Hidup Keluarga

5 Cara Mengatur Keuangan di Masa Sulit dan Gaji Sedikit

Share

Mykredit.co.id – Anda pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan istilah “Roda Pasti Berputar”, sama halnya dengan kondisi ekonomi yang mana Anda juga akan merasakan pasang surut. Hal ini tidak hanya dipengaruhi oleh faktor internal saja, namun faktor eksternal seperti kondisi ekonomi global cukup berpengaruh pada perekonomian warganya.

Masa sulit identik dengan masa penentuan, dimana ada banyak orang yang akan bangkit dari masa ini dan menjadikannya sebagai pengalaman agar tidak jatuh pada lubang yang sama. Di sisi lain juga ada yang bangkrut atau terpuruk karena kurang bisa mengambil jalan keluar. Memang tidak mudah pada masa ini, berikut ini adalah cara mengatur keuangan di masa sulit yang bisa Anda coba:

1. Pertimbangkan Antara Keinginan dan Kebutuhan

Setiap bulan Anda tentu akan dihadapkan dengan beberapa pengeluaran yang jumlahnya mungkin cukup banyak. Bahkan terkadang ada perilaku belanja yang mana sangat sulit untuk dikontrol sehingga, Anda justru membeli barang yang tidak diperlukan padahal sedang dalam masa sulit. Salah satu langkah yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih dan menanamkan sejak awal perbedaan diantara keinginan atau kebutuhan.

Kini Anda perlu membuat sebuah daftar barang apa saja yang sudah dimiliki dan jenis barang lain yang dibutuhkan. Coret beberapa jenis barang yang sifatnya ingin dibeli karena keinginan. Dari sini, nantinya Anda akan membeli barang yang memang benar-benar dibutuhkan.

2. Menyusun Anggaran untuk Belanja

Cara mengatur keuangan di masa sulit yang kedua adalah dengan menyusun sebuah anggaran khusus untuk belanja. Waktu paling tepat menyusunnya adalah sesegera mungkin setelah Anda menerima gaji. Langkah terbaik agar pengeluaran belanja tidak lebih besar dari pemasukan adalah dengan menyusun anggaran lengkap berasa alokasi jumlah dari masing-masing jenis kebutuhan.

Selalu usahakan untuk membuat daftar belanja dengan memprediksi harga dari barang yang dibutuhkan. Alasan dasarnya adalah Anda bisa lebih mengetahui berapa besar jumlah anggaran yang harus dikeluarkan.

Selain itu Anda juga belanja semua kebutuhan tersebut sebulan sekali. Meskipun langkah kali ini sering kali dianggap menghabiskan cukup banyak uang, tetapi sebenarnya belanja satu bulan satu kali ini akan menghindarkan Anda dari perilaku yang konsumtif atau ingin membeli ini itu.

3. Cari Penghasilan Tambahan

Manusiawi sih jika Anda tetap masih butuh barang ini dan itu namun pendapat masih kurang, sebenarnya masalah ini bisa saja diatasi yaitu dengan mencari penghasilan sebagai tambahan. Cara mengatur keuangan di masa sulit ini harus Anda lakukan setelah kedua cara diatas sudah dilakukan. Salah satu tujuannya adalah agar pengeluaran bisa lebih terkontrol dengan baik.

Penghasilan tambahan bisa Anda dapatkan dari pekerjaan sampingan misalkan saja bekerja paruh waktu atau pekerjaan lepas waktu. Kesan pertama memang akan melelahkan terlebih jika Anda baru pertama kali mencobanya, namun penghasilan tambahan adalah hal yang paling Anda butuhkan saat berada di masa yang sulit.

Anda akan leluasa menjalaninya ketika semua dikerjakan dengan disiplin dan juga penuh keuletan. Banyak sekali cara mengatur keuangan di masa sulit dengan penghasilan tambahan diantaranya adalah membuka jasa les privat atau bekerja sesuai dengan bakat maupun minat Anda. Selalu ingat bahwasanya pekerjaan ini sangat Anda butuhkan agar semua kebutuhan terpenuhi.

4. Persiapkan Pos Dana untuk Kebutuhan Mendadak atau Darurat

Meskipun sedang berada pada posisi yang benar-benar sulit namun sebisa mungkin Anda juga harus punya pos dana yang mana memang diperuntukkan bagi kebutuhan darurat. Alasan pemilihan cara mengatur keuangan di masa sulit ini, karena Anda tidak tahu seberapa lama dampak dari perekonomian global akan datang, bisa jadi akan datang secara tiba-tiba.

Salah satu contoh kecilnya seperti ini, Anda adalah seorang karyawan tentunya tidak tahu kapan tiba waktu di PHK. Ketika benar-benar di PHK Anda akan membutuhkan sejumlah dana guna mencukupi semua kebutuhan di waktu berikutnya. Selain itu pos dana darurat juga penting apabila terjadi hal tak terduga dan tidak diinginkan oleh Anda.

5. Lebih Cermat Ketika Akan Berhutang

Masa sulit memang cenderung membuat orang tertarik untuk meminjam dana atau berhutang. Pada dasarnya memang sah-sah saja namun cara mengatur uang di masa sulit justru mewajibkan Anda untuk menghindari berhutang. Saat ini memang sedang populer hutang tanpa jaminan, tetapi perlu diingat hutang banyak sekali melilit seseorang.

Selain itu, Anda juga tahu bahwasanya hutang juga punya bunga yang tinggi, di masa yang sulit pemilihan hutang justru akan semakin membuat Anda jauh lebih terpuruk. Anda juga akan kesulitan untuk mengembalikan angsuran yang telah disepakati.

Di atas adalah 5 cara mengatur keuangan di masa sulit yang bisa Anda lakukan. Kini masa sulit bukan menjadi sebuah masalah yang besar. Semua bisa di atas asal Anda bisa mementingkan kebutuhan dibandingkan keinginan. Selain itu mulailah untuk hidup lebih sederhana dan terapkan 5 hal di atas tadi. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + eighteen =