Type to search

General Tips Trik

5 Cara Mudah dan Praktis Cek Tagihan Listrik

Mykredit.co.id – Listrik sudah menjadi kebutuhan vital bagi masyarakat. Bahkan, saat ini hampir semua sektor membutuhkan listrik, baik untuk urusan dalam rumah tangga ataupun dalam perusahaan-perusahaan yang menjalankan bisnisnya. Kabar baiknya, saat ini akses listrik sudah menjadi semakin baik dan mudah. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan semakin banyaknya wilayah yang sudah terjangkau listrik.

Meski saat ini listrik sudah dapat dinikmati oleh siapa saja, namun bukan berarti Anda bisa menggunakannya secara gratis. Tentu saja, Anda harus membayar listrik yang Anda gunakan atau yang biasa disebut dengan tagihan listrik bulanan. Sebelum pergi membayar tagihannya, ada baiknya Anda sudah melakukan cek tagihan listrik terlebih dahulu.

Pastinya, tagihan bulan yang harus Anda bayarkan sesuai dengan besarnya daya listrik yang Anda gunakan dalam jangka waktu satu bulan. Namun, tidak sedikit orang yang malah mendapat tagihan listrik yang membengkak setiap bulannya. Untuk menghindari pembengkakan dari pembayaran listrik setiap bulannya, penting bagi Anda untuk mengetahui cara cek tagihan listrik.

Nah, untuk membantu Anda mempermudah cara cek tagihan listrik, berikut akan dijelaskan bagaimana cara mengecek tagihan listrik Anda.

1. Kenali Terlebih Dahulu Instalasi Listrik yang Anda Gunakan

Cek Tagihan Listrik

Terdapat dua jenis pemasangan listrik yang harus Anda ketahui. Yakni listrik prabayar dan listrik pascabayar. Meski memiliki konsep yang sama dari kedua jenis pembayaran tersebut, akan tetapi hal ini cukup berbeda. Lalu, apa yang membedakannya?

Listrik Prabayar

Listrik prabayar ini merupakan penggunaan listrik yang mana sistem pembayarannya menggunakan pulsa ataupun token. Sistem ini sangat mirip dengan pengisian pulsa pada handphone. Ketika pulsa sudah akan habis, maka Anda tinggal mengisinya.

Nah, tanda jika pulsa listrik akan habis ialah terdengar bunyi “beep-beep” pada meteran listrik yang Anda miliki. Untuk sistem yang satu ini terbilang sangat baru, ini karena sistem tersebut baru dikenalkan pada tahun 2010.

Listrik Pascabayar

Nah, untuk listrik pascabayar ini merupakan jenis listrik yang umum digunakan sejak dahulu. Sistem pembayaran listrik yang satu ini mengharuskan Anda membayar tagihan listrik setelah satu bulan penggunaan.

Tentu saja, Anda bisa melihat tagihan pembayaran jika menggunakan listrik pascabayar. Hal tersebut berbeda jika Anda menggunakan listrik prabayar dimana Anda tidak bisa melihat tagihannya.

2. Cek Tagihan Listrik Lewat SMS

cek tagihan listrik via sms

Nah, setelah Anda mengetahui jenis listrik yang bisa digunakan, maka langkah selanjutnya ialah dengan mengetahui cara cek tagihan listrik itu sendiri. Ada berbagai macam cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pengecekan dari tagihan listrik itu sendiri. Nah, salah satunya yaitu via SMS. Untuk melakukan pengecekan via SMS satu ini pun caranya cukup mudah.

Ada beberapa pilihan pengecekan yang bisa Anda lakukan, yakni Anda bisa melihat tagihan dalam kurun waktu satu minggu, dan yang kedua Anda bisa melihat tagihan listrik yang Anda miliki secara continue.

  • Nah, untuk cek tagihan listrik perbulan, Anda bisa melakukannya dengan cara seperti di bawah ini:

Kirim SMS dengan menggunakan format REK (spasi) No ID Pelanggan, kirim ke 8123

Contoh: REK 89907656435 kirim ke 8123

  • Jika Anda ingin mengetahui cara berlangganan pemberitahuan dari informasi tagihan listrik ini sendiri, Anda bisa melakukannya dengan cara berikut:

Kirim SMS dengan menggunakan format PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123

Contoh: PLN ON 984652836523 kirim ke 8123

  • Namun, jika Anda ingin berhenti dari langganan pemberitahuan informasi tagihan listrik, Anda bisa melakukan caranya seperti di bawah ini:

Kirim SMS dengan menggunakan format PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123.

Contoh: PLN OFF 987644757848 kirim ke 8123.

Namun, pada saat Anda menikmati fasilitas cara cek tagihan listrik dengan menggunakan SMS ini, Anda harus dikenakan sejumlah biaya, yakni sebesar Rp. 500. Nominal tersebut pun belum termasuk ppn 10% per sms yang harus Anda tanggung.

3. Cek Tagihan Listrik Lewat Telepon

cek tagihan listrik lewat telepon

Selain bisa menggunakan SMS, masih ada cara cek tagihan listrik lain yang bisa Anda lakukan, yakni dengan menggunakan telepon. Sama halnya dengan melihat tagihan listrik via SMS, cara melihat tagihan listrik yang satu ini juga terbilang sangat mudah.

Anda bisa menghubungi customer service PLN dan menanyakan tagihan listrik milik Anda. Untuk melakukan panggilan ke call center, Anda bisa menghubungi PLN di nomor 123. Namun jangan lupa untuk mencantumkan kode area sesuai dengan tempat tinggal Anda. Contoh, misal Anda bertempat tinggal di Jakarta maka Anda bisa melakukan panggilan dengan kode (021)-123.

Setelah itu, Anda bisa mengikuti petunjuk dari operator. Untuk melakukan panggilan ke call center PLN, Anda akan dikenakan biaya telepon normal. Cara yang cek tagihan listrik yang satu ini juga bisa Anda lakukan kapanpun karena call center PLN selalu siap sedia selama 24 jam.

4. Cek Tagihan Listrik Melalui iOS

Semakin canggihnya teknologi juga membuat Anda bisa mengecek tagihan listrik dengan menggunakan iOS. Nah, untuk Anda pengguna iPhone, terdapat berbagai macam aplikasi yang tersedia di App Store seperti Info Cek Tagihan Listrik PLN, PLN Mobile serta Tagihan. Semua aplikasi tagihan listrik tersebut bisa Anda dapatkan secara gratis.

Nah, salah satu aplikasi cek tagihan listrik yang cukup populer ialah PLN Mobile. Aplikasi resmi dari PT PLN yang satu ini tak hanya dapat digunakan untuk cek tagihan listrik saja, namun juga bisa Anda gunakan untuk melihat riwayat pemakaian kwh listrik, info lokasi pembayaran yang harus dilakukan via banking, transaksi dari token listrik, info progress permohonan, info status listrik hingga sarana pengaduan keluhan pelanggan.

Cara untuk cek tagihan listrik dengan aplikasi ini pun sangatlah mudah, Anda hanya perlu melakukan beberapa cara di bawah ini:

  • Pilihlah menu informasi yang terdapat pada tab menu
  • Setelah itu, pilih Informasi Tagihan serta Token Listrik
  • Masukkan ID Pelanggan atau Nomor Meteran yang Anda miliki
  • Klik “Cari”
  • Aplikasi PLN Mobile akan menampilkan status tagihan listrik yang Anda miliki lengkap dengan besaran nominal.

5. Cek Tagihan Listrik Dengan Menggunakan Android

Cek Tagihan Listrik Melalui Android

Bagi Anda para pengguna Android, Anda juga tak perlu khawatir karena Anda bisa menggunakan android yang dimiliki untuk mengetahui tagihan listrik yang dihabiskan. Meski aplikasi yang tersedia di android lebih banyak jika dibandingkan di iOS, namun sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi resmi dari PT PLN yakni PLN Mobile for Android. Cara menggunakannya pun sama seperti langkah dengan menggunakan iOS.

Nah, dengan adanya berbagai macam kemudahan yang bisa Anda dapatkan untuk cek tagihan listrik, tentu saja akan sangat membantu Anda untuk melihat seberapa besar tagihan yang Anda habiskan setiap bulannya.

Berbagai macam cara cek tagihan listrik diatas juga membantu Anda untuk lebih berhemat dalam menggunakan listrik. Nah, semoga informasi yang satu ini memberikan banyak manfaat untuk Anda.

Leave a Comment