LOADING

Type to search

Gaya Hidup Karir

5 Tips Terbaik untuk Menjadi Manusia Karir yang Sukses dan Tangguh

Share

Mykredit.co.id – Bisa menjadi manusia karir yang handal merupakan sebuah kebanggaan yang luar biasa. Tetapi hal ini tentunya tidak bisa didapatkan dengan mudah seperti membalikkan telapak tangan saja, butuh perjuangan keras untuk dapat mewujudkan semua harapan itu.

Bukan hanya itu saja, setiap usaha yang kita jalani tentunya memiliki risiko dan kendalanya masing-masing dan dalam melewati hal ini seseorang harus benar-benar mempersiapkan mental yang kuat agar semuanya dapat terlewati dengan baik.

Anda juga pastinya ingin kan menjadi insan karir yang sukses dalam bidangnya? Di bawah ini akan disajikan 7 tips terbaik yang layak Anda coba untuk dapat manusia karir yang hebat dan tahan banting dengan segala permasalahan yang mungkin dihadapi. Simak baik-baik ya!

1. Memiliki Rencana

Memiliki perencanaan secara pasti merupakan hal yang sangat penting ketika seseorang ingin melakukan kegiatan apapun. Sebab rencana akan menentukan bagaimana suatu hal ini berjalan, kemana arah tujuannya akan di bawa dan bagaimana proses yang akan dilewati. Jika Anda sudah gagal dalam merencanakan itu berarti Anda juga sudah merencanakan untuk gagal.

Sehingga sebagai tangga atau tahap utama untuk dapat menjadi insan karir yang sukses adalah melakukan perencanaan dengan matang dan pasti terkait dunia karir yang akan Anda geluti nantinya. Orang yang tidak memiliki perencanaan dengan jelas ketika memulai sebuah karir, ibarat orang itu sedang mendaki ke atas puncak, dan ketika dia sudah sukses di atas puncak dia baru menyadari bahwa dirinya mendaki di tempat yang salah.

Tentunya Anda tidak mau kan bernasib seperti ini? So, buat perencanaan dengan matang apa yang akan menjadi tujuan karir Anda supaya jalan yang akan Anda gunakan sudah terlihat jelas dan mantap.

2. Paham dan Pelajari Budaya Organisasi

Budaya merupakan organisasi tradisi, gaya dan juga adat. Budaya organisasi tidak selalu sama bahkan berbeda dari budaya organisasi yang satu dengan budaya organisasi yang lainnya. Penting sekali untuk mempelajari dan memahami bagaimana budaya dalam organisasi Anda.

Dengan memahami dengan pasti, Anda akan lebih paham tentang hal apa yang akan digunakan atau dengan cara apa untuk menaikkan karir. Budaya tersebut bisa berupa gaya bahasa, cara berpakaian, sistem yang digunakan dalam sebuah organisasi atau tata letak kebijakan yang digunakan dalam organisasi tersebut.

3. Folllow Up dan Follow Through

Kembangkan reputasi yang telah Anda miliki sebelumnya sebagai salah satu orang yang bisa menjadi kebanggaan dan dapat diandalkan. Menjadi manusia yang efisien bahwa Anda layak untuk mendapat sebuah tugas besar yang tidak semua orang bisa melakukannya sebaik yang dapat Anda lakukan.

Jangan hanya menyelesaikan pekerjaan yang diterima, tetapi usahakan untuk selalu efektif dan efisien dalam memanfaatkan waktu ketika menyelesaikan pekerjaan. Selesaikan pekerjaan tepat waktu, sesuai anggaran dan memang benar seperti itu seharusnya pekerjaan itu dilakukan. Sehingga apa yang dibebankan untuk Anda selesaikan bisa terselesaikan dengan baik dan benar sesuai yang diinginkan.

4. Kuasa Public Speaking

Tips yang selanjutnya untuk dapat menjadi manusia karir yang hebat dan tangguh adalah memiliki kemampuan untuk dapat menguasai public speaking dengan baik. Orang yang pandai merangkai kata dalam setiap hal yang diucapkannya, enak untuk didengar dan mudah untuk dipahami orang lain akan terlihat sebagai orang yang cerdas meski mungkin dari segi akademik dia bukan kategori orang yang cukup cerdas.

Karena tidak semua orang menilai kecerdasan seseorang dari nilai akademik yang diperolehnya ketika duduk di bangku pendidikan tapi lebih pada bagaimana cara dia berbicara di hadapan orang lain dengan bahasa yang baik dan mudah dimengerti.

Anda bisa mencoba mempromosikan karir usaha yang Anda geluti dengan menarik rekan bisnis mulai dari acara bincang-bincang santai dengan teman sambil makan atau saat menghadiri acara pesta.

Pelajari bagaimana caranya mempresentasikan karir usaha Anda di hadapan banyak orang agar terdengar menarik untuk dijadikan partner atau relasi. Ini akan menjadi daya tarik utama untuk memicu keberhasilan dan kesuksesan karir Anda.

5. Jadilah Team Player

Dalam menjalankan bisnis apapun seseorang tentunya tidak bisa menjalankannya sendiri tanpa dan bantuan dari beberapa pihak. Apalagi jika membangun usaha atau karir ini memang dipondasi oleh sebuah tim, maka kerja sama yang baik sangat diperlukan dalam perkembangan usaha.

Lihat saja dalam area pertandingan yang terdiri dari pertarungan beberapa tim, keberhasilan sebuah tim tidak ditentukan oleh kemampuan personal, tetapi penggabungan kemampuan semua personil dalam tim dan kerja sama yang baik antar tim. Begitu juga saat Anda melakukannya dalam dunia karir, menjadi tim yang solid juga sangat mutlak menjadi hal yang wajib Anda lakukan.

Itulah 5 tips terbaik yang sangat rekomendasi bagi Anda agar dapat menaikkan keseksesan karir yang menjadi kebanggaan Anda. Jangan lupa untuk menyiapkan mental sekuat baja untuk menghadapi segala kemungkinan hambatan yang ada menghadang perjalanan karir Anda di depan nantinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + seventeen =