LOADING

Type to search

Gaya Hidup Kesehatan

6 Cara Menjaga kesehatan dalam Menghadapi Musim Pancaroba

Share

Mykredit.co.id – Kesehatan merupakan harta kehidupan yang sangat mahal harganya. Setiap orang penting sekali untuk selalu menjaga kesehatannya. Dengan tubuh yang sehat maka setiap pekerjaan dapat teratasi dengan mudah, sebaliknya tubuh yang sakit akan sulit melakukan segala aktivitas. Tapi dalam musim tertentu akan sangat sulit sekali menjaga kesehatan tubuh, seperti saat musim pancaroba.

Pada musim pancaroba, kondisi cuaca yang rawan membuat tubuh lebih gampang jatuh sakit. Padahal segala pekerjaan dan tanggung jawab tetap tidak bisa diabaikan dalam musim atau keadaan apapun. Apalagi bagi Anda yang memiliki sistem imun yang rendah, tentunya mudah sekali jauh sakit dalam keadaan cuaca yang seperti ini. Bagi Anda yang ingin tetap sehat meski dalam menghadapi musim pencaroba ini, lakukan beberapa hal tips dari kami pinjaman online mykredit.co.id di bawah ini.

1. Jaga Kebersihan Tempat Tinggal

Musim pancaroba identik dengan penyakit demam, malaria, infeksi, flu dan sebagainya. Dalam menghadapi musim ini tidak jarang seseorang akan tidak kuat fisiknya dan kemudian jatuh sakit.

Hal utama yang bisa Anda lakukan untuk tetap menjaga kesehatan meski dalam cuaca yang tidak menentu ini adalah untuk tetap menjaga kebersihan tempat tinggal Anda. Tempat tinggal memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kesehatan fisik Anda. Upayakan agar tidak ada genangan air yang tidak tertutup karena bisa dijadikan untuk bersarang nyamuk.

Jangan suka membuang sampah sembarangan karena bisa memicu timbulnya bau dan mengundang banyaknya lalat di sekitar rumah Anda. Lalat ini akan menghinggapi makanan yang Anda makan sehingga bisa menyebabkan sakit perut nantinya.

Jagalah selalu kebersihan dan kerapian tempat tinggal agar penyakit-panyakit yang ditimbulkan dari keadaan tempat yang kotor dan kumuh tidak menghampiri Anda. Menjaga kebersihan tempat tinggal selain menjadi solusi kesehatan juga akan menyegarkan mata.

Bayangkan saja bagaimana perasaan Anda ketika melihat tempat yang berantakan dan kurang tertata, masih ditambah sampah yang berserakan dimana-mana. Tentu tidak sedap dipandang mata bukan ?

2. Mandilah Segera Bila Kehujanan

Tubuh menjadi rentan terhadap serangan penyakit ketika mengalami perubahan temperature secara cepat dan mendadak. Ketika Anda kehujanan, sebaiknya Anda langsung mandi keramas, sebab jika tidak maka memiliki risiko terserang penyakit flu, pilek dan batuk.

Mandi keramas setelah kehujanan akan menetralisir asam dan basa yang ada dalam tetesan air hujan. Mandilah dengan air hangat bila perlu, jangan lupa untuk menggunakan sabun antiseptic agar kuman dan bakteri yang menempel di kulit dapat pergi dan tidak bersarang.

3. Rajin Berolahraga

Olahraga merupakan salah satu cara paling ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Tubuh yang sering digunakan untuk olahraga akan kebal terhadap serangan penyakit. Selain itu, kebiasaan untuk gemar berolahraga secara teratur juga akan membuat Anda tidak mudah lelah ketika melakukan pekerjaan yang berat dan padat. Tubuh akan terasa sehat bugar dan ringan jika Anda suka untuk berolahraga.

Olahraga selain untuk menjaga kstabilan kesehatan tubuh juga bisa dijadikan sebagai pengobat alami ketika gejala-gejala penyakit sudah mulai dirasakan seperti gejala flu dan sebagainya. Segeralah berolahraga apabila Anda mulai merasakan gejala-gejala penyakit di tubuh Anda. Olahraga akan mempertebal sistem imun tubuh dan menjaganya untuk tetap sehat dan kebal terhadap serangan penyakit.

4. Konsumsi Sup Hangat

Musim pancaroba memang rentan terhadap kesehatan, salah satunya serangan flu. Ketika Anda flu, segeralah untuk mengonsumsi sup sayur yang masih hangat. Ini akan sedikit membantu adanya hambatan pada rongga hidung Anda.

Temperatur tubuh akan naik dan juga membuat hidung yang tersumbat akan mengeluarkan banyak cairan yang membawa virus dan bakteri jahat sehingga menpercepat proses penyembuhan. Akan jauh lebih baik jika sup ini dimasak dengan banyak memasukkan bawang putih di dalamnya, sebab bawang putih memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan Anda.

5. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Air putih sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama air putih. Tubuh yang kekurangan air akan dehidrasi atau keadaan dimana tubuh kekurangan cairan. Meski terdengar sepele, namun tubuh yang dehidrasi memiliki risiko untuk terserang beberapa penyakit lainnya.

Anda bisa penuhi kebutuhan air dalam tubuh salah satunya dengan memperbanyak konsumsi air putih. Selain baik untuk kesehatan tubuh, seseorang yang banyak mengonsumsi air putih juga akan menjaga kesehatan tekstur kulitnya.

6. Konsumsi Makanan Bergizi

Hal yang tidak boleh ketinggalan dalam menjaga kesehatan adalah dengan memperhatikan makanan yang Anda makan. Jangan terlalu banyak konsumsi makanan yang berlemak seperti gorengan, dan jangan terlalu banyak mengonsumsi es.

Makanlah makanan bergizi seperti sayur dan buah-buahan yang banyak mengandung nutrisi dan vitamin. Sehingga tubuh Anda akan menjadi lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Sekarang sudah tidak bingung lagi kan bagaimana menghadapi musim pancaroba agar badan tetap sehat dan aman dari serangan berbagai penyakit. Karena kesehatan merupakan hal yang penting maka jagalah dengan sebaik mungkin. Seperti peribahasa mengatakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × one =