LOADING

Type to search

Gaya Hidup Pinjaman

6 Tips Bebas dari Hutang dengan Cepat

Share

Mykredit.co.id – Perekonomian yang saat ini dirasa semakin sulit memang telah menuntut banyak orang berhutang guna memenuhi semua kebutuhannya. Hal ini juga bisa dibuktikan dengan semakin bertambahnya produk perbankan dengan bentuk pinjaman yang akan membantu masyarakat. Di sisi lain cara ini justru menimbulkan dampak ketergantungan, dimana masyarakat sering kali mengandalkan hutang agar semua kebutuhan bisa terpenuhi.

Selain itu, banyak kasus orang yang terjerat hutang dan tidak bisa mengembalikan sejumlah dana yang sudah dipinjam. Salah satu penyebabnya adalah para debitur jarang memikirkan risiko dari berhutang. Bagaimana Anda takut bukan untuk berhutang? Tenang saja berikut adalah tips bebas dari utang yang bisa Anda coba!

1. Mengevaluasi Antara Pemasukan dengan Pengeluaran

Setiap bulan Anda mungkin akan dihadapkan dengan sejumlah tagihan yang mana memang harus dibayar dengan gaji atau penghasilan tambahan. Oleh sebab itu, sebaiknya segera lakukan pengecekan tersebut setelah Anda menerima gaji. Ketika mengeceknya jangan lupa perhatikan rincian dari setiap pengeluaran mulai dari yang terbesar ke paling kecil.

Langkah satu ini mungkin akan membuat Anda sedikit kaget ketika dihadapkan dengan sejumlah kebutuhan yang mana dirasa kurang begitu penting namun justru punya porsi biaya yang cukup besar jika dibandingkan dengan kebutuhan lainnya.

Ketika Anda telah menemukan sejumlah kebutuhan yang berat, maka segera lakukan tips bebas dari utang dengan melakukan evaluasi. Selain itu Anda juga perlu menghapus beberapa kebutuhan yang tidak penting dari anggaran untuk periode yang berikutnya.

2. Lebih Berpikir Cerdas Ketika Berbelanja

Jika Anda memang sedang berada pada masa misi untuk terbebas dari utang, maka sudah seharusnya jika Anda mulai untuk berpikir cerdas ketika ingin membelanjakan uang. Misalnya begini pada saat Anda akan pergi ke kantor mungkin sudah terbiasa beli sarapan dan juga makan siang dengan estimasi biaya Rp. 30.000 setiap harinya. Nah untuk lebih berhemat maka Anda bisa membawa bekal dari rumah.

Coba saja mulai hitung-hitungan, apabila satu pekan Anda bekerja 5 hari sama saja sudah lebih hemat sebesar Rp. 150.000 dan jika dihitung setiap bulan Anda bisa hemat Rp. 600.000, Bagaimana cukup besar bukan jika Anda gunakan untuk melunasi beberapa hutang yang dimiliki? Segeralah untuk mencobanya!

3. Cari Pekerjaan Tambahan

Bagi Anda yang merasakan masih ada waktu cukup senggang setelah bekerja, maka tidak ada salahnya jika Anda mencari pekerjaan tambahan. Bahkan hal ini juga bisa menjadi suatu hal yang lebih maksimal. Jenis pekerjaan akan terasa menyenangkan jika Anda sesuaikan dengan hobi dan bakat yang dimiliki.

Jika masih merasa bingung dengan tips bebas dari utang dengan bekerja tambahan, tidak ada yang salah Anda mencoba untuk memulai bisnis secara online. Pekerjaan ini menjadi tugas yang sangat mudah dilakukan jika Anda bandingkan dengan beberapa pekerjaan lainnya.

Bisnis online bisa dilakukan di rumah sambil bersantai dengan keluarga. Saat ini juga sudah banyak orang yang memilih bisnis online sebagai pekerjaan yang menguntungkan.

4. Selalu Pastikan Jika Pengeluaran Lebih Sedikit Dibandingkan dengan Pemasukan

Banyak pepatah mengatakan jangan sampai besar pasak daripada tiang. Yang mana bisa diartikan jangan sampai pengeluaran justru lebih besar daripada penghasilan. Jika hal ini justru terjadi maka Anda dikatakan sudah gagal dalam mengatasi utang.

Tips bebas dari utang yang keempat akan mengajarkan Anda untuk mulai menggunakan teori perencanaan yang tepat. Dimana biaya untuk pengeluaran bulan tidak boleh lebih dari sepertiga dari penghasilan bulanan. Untuk sisa dua per tiganya bisa Anda manfaatkan sebagai tabungan, berinvestasi, bayar asuransi atau sebagai dana persiapan untuk kejadian mendadak atau darurat.

5. Jangan Pernah Menunda Pembayaran

Setiap bulan Anda mesti memiliki beberapa tagihan seperti pembayaran listrik, air, telepon dan beberapa tagihan lainnya. Jadi disini Anda diwajibkan untuk segera membayar beberapa tagihan tersebut dan tidak dibolehkan untuk menundanya. Percaya maupun tidak ketika Anda mengabaikan tips bebas dari utang ini, akibat fatal pasti akan terjadi.

Tidak jarang orang yang sering menunda ini akan menggunakan dana untuk keperluan yang lain. Oleh sebab itu mulai saat ini Anda bisa menganggap bahwa dana tersebut tidak ada sehingga, nantinya Anda tidak akan memiliki hasrat untuk memakainya demi kepentingan atau kebutuhan lainnya. Selain itu pembayaran yang ditunda akan memunculkan denda.

6. Lebih Disiplin Ketika Melaksanakan Rencana

Bagi Anda yang saat ini sudah memiliki utang, selalu pastikan jika tidak mengulanginya lagi. Sebab apabila Anda tetap mengulanginya, hal ini justru akan menjadi sebuah penyebab motivasi dalam melunasi utang semakin menurun. Anda bisa pertimbangkan kembali dan mulai untuk mengurangi pengeluaran untuk kebutuhan yang tidak diperlukan.

Kini hanya diri Anda sendiri yang bisa memutuskan. Segera mulai sejak awal beberapa tips bebas utang di atas, jangan biarkan diri Anda justru terjerumus pada jeratan utang yang akan semakin menyiksa setiap harinya. Sebab tanpa Anda sadari utang akan jadi beban tersendiri dan membuat hidup menjadi tidak nyaman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − five =