LOADING

Type to search

Investasi Investasi Emas Investasi Reksa Dana

7 Jenis Investasi Emas yang Bisa Anda Coba

Share

Mykredit.co.id – Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memulai sebuah usaha, banyak hal juga yang bisa dijadikan lahan bisnis dan usaha, seperti halnya melakukan investasi. Investasi sendiri kini menjadi salah satu cara yang paling berpotensi dalam meraih keuntungan dan kesuksesan. Diantara berbagai pilihan harta yang bisa diinvestasikan, melakukan investasi emas merupakan cara investasi yang paling sering diminati para investor saat ini.

Investasi emas salah satunya bisa dilakukan dengan membeli emas dalam bentuk fisik kemudian menyimpannya dan menjualnya ketika harganya mulai naik. Namun ada kecemasan yang bisa Anda rasakan di sini mengingat emas risiko pencurian bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.

Bagi Anda yang juga tertarik untuk memulai usaha dengan investasi emas, berikut 7 macam investasi emas yang bisa Anda coba, di antaranya sebagai berikut:

1. Emas Batangan

Mungkin semua orang sudah tidak asing lagi ketika mendengar sebutan investasi emas batangan. Salah satu macam investasi mas yang cukup banyak diminati oleh para investor emas tidak lain adalah investasi emas batangan. Hal ini karena adanya kemudahan yang lebih dibandingkan dengan investasi emas jenis lain, salah satunya kemudahan dalam menjualnya kembali.

Tetapi tetap saja hal ini tidak bisa terjadi dengan secepat kilat, untuk menunggu profit yang maksimal Anda tetap harus sabar menunggu beberapa saat agar bisa mencapai keuntungan maksimal. Jangan lupa ketika membeli emas baik itu mas batangan atau mas biasa untuk selalu melengkapinya dengan sertifikat keaslian dan berat mas tersebut. Hal ini akan sangat mempengaruhi terhadap harga jual mas nantinya.

2. Emas Perhiasan

Umumnya emas perhiasan digemari oleh kaum hawa sebagai salah satu cara merias diri agar penampilannya semakin OK dan menarik. Tapi jangan salah, selain itu emas jenis ini juga bisa Anda manfaatkan untuk berinvestasi.

Selain menambah nilai estetika, emas perhiasan juga memiliki kadar profit yang tinggi dari masa ke masa, sehingga tidak ada salahnya ketika menggunakan mas perhiasan ini sebagai cara mempercantik diri sekaligus sebagai cara investasi yang lebih menguntungkan dari segi materi.

Tetapi perlu Anda ketahui, profit dari investasi emas jenis ini bersifat jangka panjang. Pastikan juga saat menjualnya Anda bisa mendapatkan harga yang lebih daripada harga beli sebelumnya.

3. Koin Emas

Ini nih salah satu jenis investasi emas yang paling unik, cocok banget bagi Anda yang suka mengoleksi koin yang berasal dari bahan baku emas. Selain memuaskan kegemaran koleksi Anda, hal ini juga memberikan keuntungan secara materi yang tidak sedikit jumlahnya. Beberapa jenis koin emas yang bisa Anda jadikan investasi adalah koin emas kuno dan koin emas mata uang.

4. Sertifikasi Emas

Banyak di antaranya yang merasa khawatir akan kehilangan emasnya ketika disuruh untuk melakukan investasi emas . Lalu bagaimana mengatasi kekhawatiran ini ? Tenang, masih banyak cara untuk mengatasinya salah satunya beralih dari investasi emas yang biasa dilakukan dengan investasi sertifikasi emas. Selembar kertas sertifikasi emas akan menjadi bukti yang kuat dari kepemilikan emas tersebut.

Dengan cara ini Anda tidak akan kehilangan emas yang dikhawatirkan tadi. Emas akan aman di tangan Anda sambil menunggu keuntungan dari investasi sertifikasi emas tersebut. Anda juga tidak perlu pusing untuk memikirkan membayar deposit box-nya. Sehingga selain jaminan keamanan lebih valid, Anda juga mendapatkan kemudahan dan keuntungan yang nyata.

5. Reksa Dana Emas

Pernahkah Anda berfikir bagaimana caranya melakukan investasi emas namun tidak secara fisik memiliki emas tersebut? Mungkinkah hal ini bisa Anda lakukan? Apa sih yang tidak mungkin di jaman yang modern seperti sekarang ini ?

Mendapatkan profit namun tidak harus memiliki emasnya secara fisik bisa Anda lalukan dengan berinvestasi pada reksa dan dana emas. Anda akan mendapat profit transaksi saham dari perusahaan tambang emas atau bisa juga dari perdagangan emas secara fisik.

6. Exchange Trade Fund Emas

Sekilas, investasi emas jenis ini mirip dengan reksa dan dana emas, namun tetap saja ada beberapa perbedaan di dalamnya. Exchange Trade Fund Emas memiliki cara yang cukup rumit dibandingkan dengan reksa dan dana emas. Sebab berinvestasi emas dengan model ini Anda harus melakukan proses transaksi yang berada di lantai bursa.

7. Emas Kuno

Salah satu kelebihan berinvestasi emas dengan emas kuno adalah harga mas kuno yang semakin tua usianya maka semakin tinggi juga patokan harganya. Sehingga Anda harus menyiapkan modal yang cukup tinggi ketika ingin melakukan investasi mas kuno ini, tidak jarang para kolektor bersusah payah untuk bisa mendapatkannya.

Investasi emas memang banyak jenis dan macamnya, semuanya memiliki sisi kelebihannya masing-masing. Bagi Anda yang juga tertarik untuk melakukan investasi emas bisa memilih salah satu dari ketujuh jenis investasi emas yang telah disebutkan di atas. Pastikan juga Anda memang sudah memiliki tekad dan niat yang kuat untuk memulai bisnis ini agar segala hambatan dan rintangan yang menghadang bisa diatasi nantinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine + sixteen =