LOADING

Type to search

Belajar Investasi Investasi Investasi Saham

7 Tips Terbaik Bagi Pemula yang Ingin Belajar Investasi Saham

Share

Mykredit.co.id – Saat ini, melakukan investasi saham memang bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk Anda. Asalkan memiliki modal dan peluang investasinya serta adanya tekad dan keberanian yang kuat bagi calon investor. Sebab melakukan investasi saham tidak semuanya bisa berjalan mulus alias bisa secepatnya kembali modal.

Bahkan banyak juga ditemukan beberapa kegagalan usaha yang akhirnya menimbulkan kerugian bagi investor. Tentunya hal ini menjadi salah satu kendala bagi orang yang ingin memulai belajar investasi termasuk investasi emas. Apalagi bagi Anda yang masih berusia muda. Sebenarnya, memulai belajar investasi di usia muda bukan menjadi masalah, justru ini adalah hal yang baik. Sebab orang yang usianya masih muda memiliki potensi pemikiran yang lebih luas dan semangat.

Namun sebelum melakukan investasi saham, ada beberapa hal yang penting untuk Anda ketahui. Langsung saja, berikut 7 tips penting yang wajib Anda ketahui ketikan ingin belajar investasi

1. Membuka Akun

Langkah pertama untuk memulai belajar investasi yang perlu Anda lakukan adalah menemukan perusahaan tertentu yang memiliki sekuritas atau broker yang tepat dan sesuai. Setelah Anda menemukan perusahaan yang dinilai paling cocok untuk dijadikan sasaran, langkah selanjutnya adalah membuka akun Anda.

Pelajari terlebih dahulu tampilan trading broker yang ada di desktop maupun yang ada di apps smartphone. Dengan melakukan hal ini Anda bisa memanfaatkan berbagai trading tools yang ada secara gratis serta mengetahui berbagai penelitian yang telah disediakan perusahaan khusus untuk calon nasabah.

2. Membaca Buku

Seperti yang Anda tahu, buku merupakan salah satu sumber utama seorang menemukan sebuah informasi. Dalam memulai belajar investasi, Anda juga bisa mendapatkan sejumlah informasi yang berkaitan tentang pengetahuan investasi saham.

Tidak jarang para investor dan trader saham yang telah sukses dalam melakukan investasi saham dan kemudian mereka berbagai pengalaman kesuksesannya dengan menerbitkan sebuah buku.

Dalam buku ini biasanya akan diceritakan tentang riwayat investor mengapa melakukan investasi, pengalaman yang dilakukan dalam memulai investasi, serta srtategi terbaik yang telah dilakukannya hingga akhirnya menjadi investor atau trader saham yang sukses.

Anda tidak perlu bingung dimana harus mencari buku-buku yang memuat hal ini, dengan kecanggihan teknologi saat ini Anda bisa melakukannya dengan memanfaatkan smartphone melalui e-book yang bisa Anda buka dan dibaca kapanpun dan dimanapun.

3. Membaca Artikel Saham

Selain buku pengalaman belajar Investasi dari para investor sukses, Anda juga dapat menemukan sejumlah informasi dari membaca artikel-artikel saham yang tentunya isinya membahas tentang dunia investasi saham. Sudah banyak sekali website yang memuat berbagai artikel saham dengan berbagai macam artikel terbaik yang layak untuk Anda pelajari.

4. Mencari Mentor Terbaik

Setelah membuka akun, membaca buku serta membaca beberapa artikel saham, tips selanjutnya ketika Anda ingin memulai belajar investasi adalah dengan menemukan mentor terbaik yang bisa memberikan arahan dan nasihat yang tepat untuk memulai melakukan penanaman saham.

Anda bisa berguru dan belajar pada orang yang memang sudah lama terjun dalam dunia saham, baik itu keluarga , anggota, teman ataupun kolega Anda. Carilah seorang mentor yang sudah berpengalaman dan memiliki pengetahuan serta pemahaman yang baik mengenai analisis fundamental serta analisis teknik saham tersebut.

Anda bisa bertanya tentang banyak hal terhadap mentor yang Anda pilih, dan tentunya seorang mentor dapat memberikan jawaban yang valid terkait pertanyaan Anda yang berhubungan dengan belajar Investasi.

Dapat juga memberikan petuah bijak, memberikan gambaran rekomendasi terbaik dan bahkan bisa menjaga semangat Anda ketika pasar sedang sentiment negatif. Sehingga ketika beberapa hal yang menjadi kendala ataupun jatuh bangkitnya investasi saham, Anda tidak akan menyerah begitu saja.

5. Belajar dari Investor Sukses

Selanjutnya, sebagai pemula jangan lupa untuk belajar dengan para investor sukses yang sudah memiliki pengalaman jauh lebih banyak dibanding Ada yang baru akan memulai belajar Investasi. Ini akan menjadikan Anda memiliki gambaran dan sudut pandang yang lebih luas ke depannya atas pasar saham yang pasang surut.

Anda juga bisa belajar tentang tips dan trik mereka dalam menghadapi berbagai risiko investasi, seperti psikologi trading yang mungkin akan Anda hadapi saat memulai belajar Investasi saham.

6. Baca dan Ikuti Pasar

Anda bisa mengetahui tren pasar terkini, berita politik ekonomi, analisis saham pihak ketiga, berita ekonomi, berita keuangan dan sebagainya dengan membaca berita dan monitoring perkembangan pasar. Hal ini akan membantu Anda dalam menganalisis fundamental atas saham yang menjadi incaran Anda.

7. Gabung dengan Komunitas

Tidak terlewatkan juga salah satu tips belajar Investasi yang bisa Anda lakukan adalah dengan bergabung atau membangun sebuah komunitas. Beberapa perusahaan sekuritas memiliki sebuah forum yang bisa Anda manfaatkan untuk bertanya.

Sekarang sudah tidak takut lagi kan untuk mencoba belajar Investasi saham? Meski dengan modal yang tidak banyak dan dalam usia yang masih muda, bukan menjadi alasan untuk Anda menjadi orang yang sukses dengan berinvetasi saham. Beberapa tips di atas tentunya sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai belajar Investasi. Pastikan siapkan mental sekuat baja dan mulailah investasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − 8 =