LOADING

Type to search

Kredit Pinjaman

Agar Pengajuan Kredit Tanpa Agunan Diterima, Lengkapi Syaratnya dan Pahami Hal Berikut

Share

Mykredit.co.id – Kredit Tanpa Agunan (KTA) mungkin akan menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian dari Anda yang ingin mengajukan kredit, namun tidak memiliki aset sebagai jaminannya. Nah, dengan adanya kredit tanpa agunan tersebut Anda bisa meminjam untuk modal usaha atau yang lainnya tanpa harus memikirkan jaminannya.

KTA juga bisa disebut dengan istilah unsecured loans merupakan suatu jenis pinjaman yang tidak memerlukan aset sebagai jaminan atas pinjaman atau kredit tersebut. Karena tidak adanya jaminan yang ditangguhkan, maka pihak bank atau peminjam tentu akan memutuskan dengan seksama berdasarkan riwayat pihak yang mengajukan kredit.

Namun sayangnya, permohonan untuk mengajukan Kredit Tanpa Agunan tersebut tidak seperti permohonan kredit yang lain. oleh karena itu, sebaiknya Anda yang ingin mengajukan KTA melengkapi dokumen dan syarat-syarat lain yang diperlukan seperti berikut ini:

1. Kelengkapan Dokumen

Syarat yang pertama ini sebenarnya merupakan syarat umum dalam pengajuan kredit tanpa agunan. Seperti halnya pengajuan kredit atau pinjaman pada umumnya, Anda memerlukan beberapa dokumen berikut ini:

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk), karena harus menggunakan KTP, secara otomatis syarat pemohon KTA adalah orang yang sudah berumur lebih dari 17 tahun.
  • KK (Kartu Keluarga), selain KTP, Anda membutuhkan kartu keluarga untuk memenuhi kelengkapan dokumen.
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). NPWP tersebut bertujuan untuk melihat aset yang Anda miliki serta jumlah pajak yang harus Anda bayarkan.
  • Akta Nikah bagi Anda suami-istri atau akta cerai.
  • Catatan rekening selama 3 bulan terakhir, hal tersebut bertujuan untuk melihat kondisi keuangan Anda yang terbaru guna memastikan kesanggupan Anda dalam melunasi kredit tersebut.
  • Slip gaji atau keterangan penghasilan Anda. Nah karena kreditnya tanpa jaminan, maka pihak bank atau peminjam memerlukan keterangan pemasukan Anda setiap bulannya untuk memastikan peminjam dapat menyicil pinjamannya.

2. Riwayat Kredit Atau Pinjaman Anda

Tidak hanya kelengkapan dokumen saja yang diperlukan dalam pengajuan kredit tanpa agunan, tapi riwayat pinjaman atau keuangan Anda juga menjadi salah satu pertimbangan pihak bank untuk memberikan pinjaman tersebut.

Pihak bank akan sulit menerima permohonan pengajuan kredit Anda jika Anda memiliki riwayat kredit yang buruk, misal pernah terlilit hutang yang cukup banyak dalam jangka waktu yang lama atau lebih dari satu kali.

3. Kredit atau Cicilan Yang sedang Anda Tanggung

Kredit Tanpa Agunan akan diterima pengajuannya bila Anda sebagai peminjam masih memiliki kredit atau cicilan lainnya, dimana total dari cicilan tersebut mencapai sepertiga dari jumlah gaji Anda. Oleh karena itu, sebelum mengajukan KTA, sebaiknya Anda menyelesaikan terlebih dahulu cicilan-cicilan yang lain.

Nah, setelah syarat-syarat lengkap, Anda juga sebaiknya “pilih-pilih” terhadap bank yang akan memberikan kredit tanpa agunan tersebut. Untuk itu, pertimbangkan beberapa hal dalam mengajukan KTA berikut ini:

a. Kredibilitas Bank

Perhatikanlah reputasi dan kredibilitas bank terhadap produk-produk KTA yang ditawarkan. Pilihlah juga bank yang terpercaya, dan pelayanan yang nyaman serta kemudahan dalam proses pengajuan.

Ada banyak bank yang menawarkan kredit tanpa agunan, oleh karena itu tak ada salahnya jika Anda mencari informasi terkait produk KTA yang ditawarkan bank tersebut, baik melalui website atau datang langsung ke bank tersebut.

b. Jumlah Pinjaman

Dengan berbagai jenis kredit dalam KTA tersebut, tentukanlah dahulu jumlah pinjaman yang akan Anda ajukan. Pastikan pinjaman yang Anda ajukan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda dalam melunasinya.

c. Jangka Waktu Pelunasan Kredit

Memiliki kredit tanpa agunan merupakan sebuah hutang yang harus selalu dibayar tepat waktu untuk menghindari denda yang diberikan pihak bank. Pinjaman dari KTA sendiri bersifat jangka pendek dan jangka menengah dengan jangka waktu mencapai 1-3 tahun.

Semakin lama Anda melunasi, maka akan semakin besar pula jumlah bunga yang harus dibayarkan.

d. Suku Bunga yang Ditetapkan

Karena kredit tanpa agunan tersebut tidak mengharuskan Anda menggunakan aset sebagai jaminan, jadi tidak heran lagi jika suku bunga yang ditawarkan tergolong tinggi bila dibandingkan dengan pinjaman lain dengan agunan.

Nah, oleh sebab itu tidak ada salahnya jika Anda melakukan perbandingan suku bunga dari berbagai bank, agar nantinya tidak memberatkan Anda dalam pembayaran cicilannya.

e. Perhatikan Biaya Lainnya

Dalam kredit tanpa agunan tersebut sebenarnya biaya yang diperlukan tidak hanya melulu untuk melunasi kredit tersebut. Ada banyak jenis biaya yang diberikan oleh bank seperti biaya keterlambatan, biaya asuransi, bunga pinjaman, dan masih banyak lagi. Jadi Anda perlu mencermati biaya-biaya lain yang harus dikeluarkan.

Tujuan utama dari pemeriksaan berbagai jenis biaya secara detail tersebut adalah untuk memperhitungkan bahwa total biaya yang Anda tanggung tidak melebihi dari 50%.

f. Penggunaan Kartu Kredit

Saat pengajuan KTA, biasanya akan melalui proses verifikasi bank terlebih dahulu guna mengetahui riwayat kredit Anda. Salah satu yang masuk dari penilaian ialah penggunaan kartu kredit, dan biasanya pihak bank akan menetapkan batas maksimum overlimit kartu kredit Anda sebesar 70%.

g. Proses Pelunasan KTA

Carilah secara detail untung-ruginya jika Kredit Tanpa Agunan dilunasi diawal, dan berapakah biaya yang dibebankan jika Anda melunasi di awal? Buat perbandingan antara pelunasan diawal dengan pelunasan sesuai jadwal.

Nah, dari sekian banyak syarat dan proses yang Anda ketahui, yang tidak boleh Anda lupakan dalam pengajuan Kredit Tanpa Agunan ialah sikap jujur. Jangan sampai hanya untuk permohonan agar diterima, Anda harus memalsukan data. Karena hal tersebut nantinya malah akan merugikan diri Anda sendiri.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + thirteen =