LOADING

Type to search

Asuransi Asuransi Kendaraan

Apa Saja Jenis Asuransi Kendaraan Yang Tepat Untuk Anda? Yuk Kenali Dulu Pengertian dan Jenisnya

Share

Mykredit.co.id – Masyarakat Indonesia dengan tingkat mobilitas tinggi dan kecenderungannya yang selalu bepergian menggunakan kendaraan bermotor tentu kini menjadikan kendaraan sebagai gaya hidup juga. Tidak memungkiri bahwa kendaraan yang ditumpangi juga menjadi penentu kelas sosialnya. jadi tidak heran lagi bahwa ada yang rela mengimpor motor atau mobil-mobil yang berkelas dari luar negeri.

Namun karena semakin tinggi tingkat pengguna kendaraan di Indonesia, semakin banyak pula masalah atau kecelakaan yang terjadi di jalanan. Sehingga adanya asuransi kendaraan sangatlah berperan dalam “menyelamatkan” kendaraan kesayangan Anda.

Asuransi kendaraan sendiri merupakan salah satu tipe asuransi yang diperuntukkan khusus kendaraan terhadap risiko yang kemungkinan bisa saja terjadi di masa mendatang akan dialihkan kepada perusahaan asuransi tersebut berdasarkan dengan akad perjanjian yang telah disepakati kedua belah pihak, antara Anda sebagai pemegang polis dengan pihak perusahaan asuransi.

Mengingat tingginya tingkat kecelakaan di Indonesia dan beragamnya penyebab kecelakaan, Anda juga sebaiknya memilih jenis asuransi kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Nah, berikut beberapa tipe asuransi kendaraan yang bisa Anda pilih untuk jaminan “keselamatan” kendaraan Anda:

a. Jenis Asuransi Kendaraan

Kendaraan di Indonesia yang umum digunakan ialah kendaraan bermotor baik mobil maupun motor, sehingga asuransi kendaraan juga dibagi menjadi 2 berdasarkan jenisnya, yakni:

1. Asuransi Kendaraan Motor

Kendaraan bermotor beroda dua ini nampaknya sudah menjamur di Indonesia, bahkan hampir semua kalangan dan lapisan masyarakat menggunakan motor sebagai kendaraannya.

Dengan banyaknya jumlah motor, tak heran jika banyak pula kecelakaan yang terjadi karena motor tersebut. Oleh karena itu, untuk menghindari kerugian akibat kerusakan dan bahkan kehilangan, tidak ada salahnya jika Anda segera menggunakan asuransi motor yang terpercaya.

2. Asuransi Kendaraan Mobil

Kendaraan yang bisa memuat penumpangnya lebih dari 2 orang tersebut memang belum bisa dikatakan merata dan dimiliki oleh semua lapisan masyarakat Indonesia. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa jumlah produksi dan daya beli mobil sering mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Kendaraan yang harganya jauh lebih mahal daripada motor ini saat ini juga sangat beragam. Bahkan bagi pecinta mobil-mobil mewah seperti mobil sport, sampai rela mengimpor mobil dari luar negeri.

Dengan harganya yang bisa dibilang mahal, tentu akan semakin terasa mahal jika harus mengeluarkan banyak uang saat terjadi kerusakan akibat kecelakaan atau yang lain. Oleh karena itu, Anda bisa meringankan beban Anda dengan menggunakan asuransi mobil tersebut.

b. Jenis Perlindungan Asuransi

Baik mobil atau motor, masing-masing bisa Anda asuransikan dengan asuransi kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan. Adapun jenis asuransi kendaraan berdasarkan jenis perlindungannya terbagi menjadi 3, antara lain:

1. Asuransi Total Loss Only (TLO)

Perlindungan asuransi dengan jenis asuransi TLO ini merupakan salah satu jenis asuransi kendaraan yang akan memberikan biaya pertanggungan atau jaminan kepada pemegang polis apabila terjadi pencurian atau hilangnya kendaraan dan apabila kendaraan mengalami kerusakan akibat kecelakaan, kebakaran, kejatuhan benda, benturan atau sebab lainnya.

Adapun untuk jaminan kerusakan pada kendaraan nilai perbaikannya sama atau lebih dari 75% dari harga kendaraan pada saat itu. Namun pada asuransi kendaraan mobil, jika taksiran untuk nilai perbaikan dari kerusakan kurang dari 75% dari harga kendaraan saat itu, maka untuk pengajuan klaim asuransi Anda pasti akan ditolak oleh pihak perusahaan asuransi.

Nilai premi dari tipe asuransi TLO ini lebih murah dibandingkan dengan beragam macam pertanggungan lainnya karena jenis pertanggungannya dari jaminan tersebut tidak menyeluruh.

Sedangkan usia atau batas waktu maksimal untuk pertanggungan asuransi TLO berdasarkan Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) ialah 15 tahun.

2. Asuransi All Risk atau Comprehensive

Jika Anda menggunakan jenis perlindungan asuransi kendaraan all risk tersebut, Anda akan diberikan perlindungan dan jaminan atau penggantian biaya atas semua risiko yang terjadi pada kendaraan Anda mulai dari risiko yang ringan hingga kemungkinan risiko yang berat dan risiko kehilangan kendaraan.

Berbeda dengan jenis asuransi TLO, pada asuransi all risk ini Anda akan mendapatkan diberikan tanggungan oleh perusahaan asuransi secara keseluruhan. Bahkan untuk kerusakan yang ringan Anda sudah bisa mengajukan klaim asuransi dan mendapat pertanggungan untuk perbaikan atas kerusakan tersebut.

Memang untuk nilai preminya yang harus Anda keluarkan cukup mahal, hal tersebut karena tipe pertanggungan all risk tersebut bisa menjamin semua jenis risiko yang terjadi. Tidak hanya itu, pertanggungan asuransi ini dapat Anda perluas lagi hingga risiko karena huru-hara dan penambahan aksesoris pada kendaraan.

Sebenarnya untuk jenis asuransi ini lebih cocok digunakan untuk Anda yang menggunakan kendaraan sebagai mobilitas sehari-hari. Jenis asuransi kendaraan ini juga lebih banyak digunakan untuk kendaraan penumpang (transportasi umum). Berdasarkan Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI), asuransi all risk ini memiliki usia maksimal pertanggungan hingga 8 tahun.

3. Asuransi Kombinasi

Untuk tipe asuransi ini adalah pertanggungan dari campuran asuransi TLO dan all risk. Sehingga segala macam risiko dan kerusakan yang terjadi pada kendaraan, baik ringan maupun berat akan mendapatkan pertanggungan atau jaminan dari perusahaan asuransi.

Adapun teknis dari asuransi kombinasi tersebut tergantung pada pilihan pertanggungan sesuai kesepakatan oleh pihak perusahaan asuransi, misal pada tahun pertama kendaraan Anda menggunakan pertanggungan all risk, kemudian pada tahun kedua dan berikutnya Anda menggunakan asuransi TLO.

Keuntungan dari asuransi kendaraan kombinasi ini ialah dimana nilai premi yang Anda keluarkan sesuai dengan kondisi keuangan dari pemegang polis.

Nah, kini selain menggunakan kendaraan Anda dengan hati-hati, alangkah baiknya jika Anda “menyelamatkan” kendaraan Anda dengan asuransi kendaraan dengan jenis asuransi yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + 11 =