LOADING

Type to search

Asuransi Pendidikan Pendidikan

Arti Penting Pendidikan sebagai Sebuah Kebutuhan

Share

Mykredit.co.id – Pendidikan merupakan suatu proses penting yang harus dijalani dan dirasakan oleh setiap orang demi mendapatkan kehidupan yang layak. Dorongan untuk terus belajar hendaknya ada pada diri Anda dan dijadikan sebagai sebuah kebutuhan, karena di zaman yang serba sulit ini pendidikan, pengetahuan dan kemampuan merupakan modal penting yang seharusnya Anda miliki.

Semua orang perlu belajar, entah itu dari pendidikan formal maupun non formal untuk mempertahankan hidup dan kehidupannya. Pendidikan juga dapat menjadi sebuah solusi dari segala permasalahan yang ada, karena peranan pendidikan itu sendiri penting untuk mencerdaskan kehidupan manusia, menjadi seorang yang beriman dan memiliki akhlak yang mulia, berilmu, dan bermanfaat bagi orang disekitarnya.

Di masa sekarang ini, sudah banyak orang yang berpikiran terbuka dengan menganggap bahwa pendidikan merupakan sebuah hal yang penting. Namun, masih ada juga orang yang beranggapan bahwa pendidikan bukanlah sesuatu hal yang diperlukan mengingat dengan bekerja seadanya saja sudah dapat menghasilkan uang, maka tidak perlu susah-susah untuk belajar karena menempuh pendidikan bagi mereka hanya akan menghabiskan uang saja.

Orang-orang yang mempunyai pemikiran tersebut biasanya adalah orang pedesaan atau yang tinggal di daerah terpencil. Terdapat beberapa poin penting yang sebaiknya kita ketahui mengenai arti pentingnya sebuah pendidikan, diantaranya yaitu:

1. Memberikan Pengetahuan

Jika Anda menempuh sebuah jenjang pendidikan, maka secara langsung Anda akan mendapatkan pengetahuan. Pengetahuan memberikan wawasan yang lebih luas, juga akan menjadikan Anda seseorang yang lebih bijak dalam menyikapi segala persoalan hidup.

2. Penting untuk Karier

Jika sebelumnya terdapat pemikiran bahwa tidak perlunya menempuh jenjang pendidikan jika selama bekerja saja sudah bisa mendapatkan uang, maka pemikiran itu perlu untuk dikoreksi.

Dengan pendidikan yang bagus, maka Anda dapat lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang berkualitas, yang nantinya akan berdampak terhadap jumlah penghasilan Anda.

3. Membangun Karakter

Pendidikan tidak hanya dapat memberikan Anda pengetahuan, namun juga memberikan Anda pelajaran mengenai hal-hal yang baik dan benar. Dengan pendidikan yang baik, Anda juga dapat membentuk kepribadian yang baik.

Jadi, menempuh pendidikan tidak hanya akan memberikan Anda nilai pelajaran, namun juga nilai-nilai kehidupan.

Hal yang perlu Anda ketahui jika Anda telah menjadi orang tua adalah bahwa pendidikan tidak hanya dapat ditempuh melalui lembaga pendidikan saja, namun keluarga mempunyai peran yang sangat penting dan mendasar terhadap pendidikan anak.

Lingkungan keluarga merupakan lingkungan dimana anak mengenal segala macam pendidikan untuk pertama kalinya. Tugas Anda lah, sebagai orang tua untuk membangun karakter anak sejak dini dengan memberikan teladan dan contoh yang baik.

Selain hal tersebut di atas, terdapat beberapa hal yang juga menjadi fokus para orang tua, antara lain bagaimana mempersiapkan biaya pendidikan untuk anak agar anak mendapatkan pendidikan yang terbaik mengingat biaya pendidikan yang semakin mahal dari waktu ke waktu.

Bagaimanapun setiap orang tua pasti menginginkan anak dapat menempuh jenjang pendidikan terbaiknya sementara kondisi ekonomi keluarga tetap stabil. Berikut tips persiapan biaya pendidikan yang bisa Anda jadikan referensi :

1. Tabungan Konvensional

Anda dapat mulai membuka tabungan di bank atas nama anak Anda. Tabungan di bank menjamin keamanan, kepastian dan dapat diambil sewaktu-waktu Anda membutuhkan. Anda cukup mendisplinkan diri untuk menyisihkan sejumlah uang ke tabungan tersebut.

2. Tabungan Pendidikan

Tabungan pendidikan merupakan tabungan yang sekaligus memberikan Anda fasilitas berupa asuransi jiwa. Jadi, meskipun Anda mengalami musibah seperti meninggal dunia, target dana pendidikan tetap akan tercapai.

3. Asuransi Pendidikan

Banyak orang yang beranggapan bahwa tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan itu sama. Namun meskipun terdengar sama, terdapat beberapa perbedaan yang cukup signifikan, diantaranya:

  • Asuransi pendidikan diterbitkan oleh perusahaan asuransi sementara tabungan pendidikan diterbitkan oleh bank.
  • Asuransi pendidikan hanya dapat Anda cairkan jika sudah jatuh tempo atau Anda meninggal dunia, sementara tabungan pendidikan dapat
  • Anda cairkan apabila Anda menyelesaikan kewajiban menabung atau tidak mampu lagi membayar cicilan yang sudah ditetapkan.
  • Potongan pencairan dana asuransi pendidikan lebih besar daripada tabungan pendidikan.
  • Asuransi pendidikan mempunyai keuntungan yang lebih besar daripada tabungan pendidikan, namun prosesnya lebih rumit.

4. Investasi Reksadana

Anda dapat mulai berinvestasi di berbagai produk reksadana untuk menyiapkan dana pendidikan bagi anak Anda. Dari semua produk, Anda dapat memilih reksadana konvensional bertipe campuran dimana dana Anda akan diinvestasikan ke berbagai investasi baik yang beresiko kecil maupun beresiko tinggi, misalnya obligasi, deposito dan saham.

Keuntungan dari investasi tersebut akan Anda dapat dalam tiga sampai lima tahun.

5. Deposito

Anda dapat mendepositokan sejumlah uang Anda untuk biaya pendidikan anak. Mungkin deposito ini tidak dapat Anda cairkan sewaktu-waktu namun bunganya cukup tinggi jika dibandingan dengan tabungan konvensional.

Anda harus memilih jangka waktu deposito yang tepat agar sesuai dengan masa disaat Anda membutuhkan sejumlah biaya pendidikan.

6. Investasi Emas

Emas dengan harga yang cenderung stabil dapat Anda jadikan simpanan untuk masa depan pendidikan anak Anda. Investasi emas juga terkesan lebih praktis karena Anda bisa menjualnya sewaktu-waktu disaat Anda membutuhkan.

Demikian tips persiapan biaya pendidikan yang dapat Anda jadikan referensi. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − 5 =