LOADING

Type to search

Gaya Hidup Keluarga

Cara Atur Keuangan Saat Istri Hamil Agar Dompet Tidak Terkuras Habis!

Share

myKredit.co.id – Sebagai lelaki mungkin saja Anda akan sedikit merasa kesulitan ketika mengatur keuangan. Lalu bagaimana jika istri sedang hamil? Apakah manajemen keuangan akan sama dengan sebelumnya? Tentu saja tidak, sebab kali ini Anda perlu belajar untuk atur keuangan sendiri dengan baik sehingga, nantinya ketika tiba waktu kelahiran bayi Anda tidak lagi merasa bingung.

Anda juga pasti sudah tahu bahwa ketika hamil ada banyak sekali biaya yang harus dikeluarkan seperti biaya untuk pemeriksaan, persiapan kelahiran bayi dan biaya lainnya. Semua hak tersebut bahkan juga harus terencana dengan baik. Pastikan jika kondisi keuangan rumah tangga kecil Anda tidak akan morat-marit dengan cara atur keuangan saat istri hamil berikut ini:

1. Atur Dana untuk Pemeriksaan Kehamilan Secara Rutin

Hampir semua orang tua pasti rela untuk melakukan apa saja demi buah hati yang ada di kandungan selalu sehat. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memeriksakan kandungan secara rutin ke dokter. Anda mungkin juga sudah tahu bahwa pemeriksaan kandungan membutuhkan dana cukup banyak.

2. Persiapkan Dana untuk USG dan Biaya Lainnya

Konsultasi dan pemeriksaan saja mungkin kurang membuat Anda puas, jadi terkadang akan butuh pemeriksaan lainnya seperti USG, Laboratorium, cek ultrasonografi dan beberapa pemeriksaan lainnya. Dalam hal ini Anda benar-benar harus atur keuangan saat istri hamil dengan benar dan matang.

Misalnya saja begini untuk satu kali pemeriksaan membutuhkan dana sebesar 150 ribu dan dalam satu bulan membutuhkan satu kali pemeriksaan. Jika pemeriksaan ini berlangsung selama enam bulan, maka Anda harus mempersiapkan dana sebesar Rp. 1.350.00. Jumlah yang relatif besar ini menuntut Anda untuk mengatur keuangan dari jauh-jauh hari.

3. Menyediakan Dana untuk Perlengkapan Ibu Hamil

Setelah mempersiapkan dana untuk pemeriksaan maka selanjutnya Anda wajib menyediakan anggaran untuk membeli beberapa perlengkapan bagi istri. Ibu yang sedang hamil tentunya membutuhkan beberapa perlengkapan pendukung seperti pakaian hamil, vitamin kehamilan, dan susu hamil.

Meskipun sering kali disepelekan, tips ketiga ini justru membutuhkan biaya yang relatif lebih besar dibandingkan biaya lainnya. Dengan begitu, daripada nanti merasa pusing untuk mencari dana agar bisa memenuhi kebutuhan ini sebaiknya segera atur keuangan saat istri hamil mulai dari sekarang.

4. Atur Dana Perlengkapan Bayi

Di masa kehamilan istri, Anda bisa kok menyiapkan beberapa perlengkapan untuk buah hati. Jangan pernah menyepelekan ya, biaya perlengkapan bayi juga lumayan besar loh. Anda bisa membelinya menunggu jenis kelamin buah hati terlihat sehingga barang yang akan terbeli tidak sia-sia atau percuma.

Beberapa perlengkapan bayi yang bisa Anda siapkan jauh-jauh hari adalah tempat tidur, pakaian, stroller, dan perlengkapan mandi atau sejenisnya. Agar biaya bisa dipangkas, Anda harus memilih dan membeli perlengkapan yang harga tidak terlalu mahal tetapi kualitas yang diberikan tetap maksimal. Jadi dana sisanya bisa Anda gunakan untuk keperluan lainnya.

5. Siapkan Dana Persalinan

Selanjutnya Anda juga perlu atur keuangan saat istri hamil untuk biaya persalinan. Besar biaya bersalin cukup besar, bahkan antara satu tempat dengan tempat lainnya berbeda. Kisaran harga tersebut adalah 1 juta hingga 3 jutaan. Sedangkan untuk persalinan secara Caesar butuh dana yang lumayan tinggi yaitu sekitar belasan juta rupiah.

Bagaimana, cukup besar bukan? Oleh sebab itu, Anda perlu mengatur keuangan jauh-jauh hari agar saat tiba waktu persalinan semuanya sudah siap dan Anda juga tidak lagi morat-marit cari kekurangan dana untuk biaya persalinan.

6. Siapkan Dana Setelah Melahirkan

Cara atur keuangan saat istri hamil bukan berarti biaya setelah kelahiran harus Anda abaikan ya. Justru biaya setelah melahirkan ini wajib untuk Anda persiapkan sejak awal. Kira-kira biaya apa saja yang dibutuhkan? Ya setelah bayi lahir tentunya akan diadakan acara akikah yang mana akan membutuhkan dana berkisar 1,5 juta hingga 3 jutaan.

Bukan hanya akikah, Anda juga perlu menyiapkan dana untuk keperluan lainnya seperti susu formula untuk ibu agar ASI-nya lancar. Cara atur keuangan saat istri hamil untuk biaya setelah persalinan juga wajib dilakukan oleh ibu yang berkarir. Meskipun sibuk bekerja, si kecil juga tetap membutuhkan asupan ASI. Kini Anda perlu mempersiapkan dana untuk membeli alat perah ASI.

Harga yang ditawarkan untuk satu alat sangat beragam, bergantung pada jenis dan juga kualitas yang ditawarkan. Ada yang ditawarkan dengan harga puluhan ribu namun juga ada yang ratusan ribu. Nah agar lebih hemat Anda bisa memilih untuk beli alat yang harganya terjangkau tetapi kualitasnya tetap terbaik.

Demikian beberapa cara atur keuangan saat istri hamil yang dapat membantu Anda kedepannya. Mengatur keuangan di masa hamil adalah hal yang sangat penting agar finansial dalam keluarga lebih terkontrol dengan baik. Jika Anda adalah salah satu pasangan yang baru saja menikah jauh lebih baik segera atur keuangan sedini mungkin ya. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − nine =