LOADING

Type to search

Kredit

Cara Cerdas Mengatur Tagihan Kartu Kredit agar Tidak Terlilit Hutang

Share

Mykredit.co.id – Kartu kredit merupakan salah satu inovasi pembayaran modern yang banyak digunakan oleh masyarakat. Inovasi ini akan memberikan kemudahan dalam pembayaran yang lebih mudah dan simple.

Tidak perlu membawa uang tunai dalam bertransaksi, Anda hanya perlu menggesek kartu untuk pembayaran barang yang dibeli. Namun, kemudahan yang diberikan oleh kartu kredit terkadang menjadi boomerang. Banyak orang yang terbelit utang karena kartu kredit.

Nah, masalah terlilit utang karena kartu kredit ini dikarenakan karena ketidakmampuan seseorang untuk mengatur tagihan kartu kredit. Dengan kemudahan yang diberikan, seseorang tersebut khilaf dalam belanja sehingga tanpa sadar ia telah menghabiskan banyak tagihan untuk barang yang sebenarnya kurang dibutuhkan.

Pada kesempatan ini, Anda akan mendapatkan tambahan informasi mengenai cara cerdas untuk mengatur tagihan kartu kredit sebagai tips keuangan tepat agar tidak terlilit utang. Selamat membaca!

Tips Mengatur Tagihan Kartu Kredit

Kemudahan yang diberikan oleh kartu kredit dalam pembayaran transaksi memang akan sangat membantu. Namun, jika hal ini tidak disikapi dengan bijak maka akan membuat Anda terlilit masalah. Nah, ada beberapa tips yang tepat untuk mengatur tagihan kartu kredit agar Anda bebas dari masalah. Beberapa tips diantaranya adalah sebagai berikut:

Catat Pengeluaran Kartu Kredit

Tips keuangan pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatur tagihan kartu kredit adalah dengan mencatat pengeluaran kartu kredit. Penting bagi Anda untuk membuat catatan kecil mengenai apa saja pengeluaran yang Anda lakukan dengan menggunakan kartu kredit tersebut.

Tidak perlu detail karena pada dasarnya nanti Anda juga akan mendapatkan tagihan. Catatan tersebut hanya digunakan sebagai pengingat dan juga saran untuk mengecek tagihan Anda agar tidak terlalu banyak dan memberatkan.

Membuat Anggaran

Membuat anggaran juga bisa digunakan sebagai salah satu cara yang tepat untuk mengelola keuangan dalam menggunakan kartu kredit. Berbekal anggaran yang Anda buat maka Anda akan bisa memperkirakan pengeluaran yang hendak Anda lakukan.

Sebagai contoh, ketika Anda membuat anggaran untuk membeli makanan sebesar 500,000 sebulan dengan kartu kredit, maka anggaran tersebut adalah batasan yang boleh Anda pergunakan. Jika dalam waktu kurang dari satu bulan anggaran tersebut sudah habis, maka Anda harus melakukan penghentian penggunaan kartu kredit untuk membeli makanan.

Menetapkan Limit

Tips keuangan selanjutnya untuk menggunakan kartu kredit agar tidak rugi dan terlilit utang adalah dengan menetapkan limit. Tetapkan limit kartu kredit sesuai dengan kemampuan finansial anda. Selain itu, buatlah mindset yang menyatakan bahwa limit bukan batas aman. Jika limit kartu kredit Anda adalah sebesar 5 juta, maka Anda harus berusaha untuk belanja kurang dari 5 juta. Hal ini penting agar posisi keuangan Anda tetap aman.

Daftarkan Notifikasi

Kecanggihan dari kartu kredit sering menjadi tujuan dari kasus penipuan. Nah, dalam hal ini Anda sebaiknya mendaftarkan notifikasi kartu kredit. Notifikasi ini sangat penting karena ketika Anda melakukan transaksi, maka Anda akan mendapatkan informasi melalui SMS atau email.

Selain penting untuk menghindari penipuan, notifikasi ini juga penting untuk memberikan peringatan atas transaksi yang sudah Anda lakukan. Dengan adanya notifikasi, Anda akan mengetahui batasan transaksi agar keuangan tetap dalam posisi aman.

Batasi Hanya Dua Kartu

Anda memang diperbolehkan untuk memiliki banyak kartu kredit sekaligus. Namun, tentu saja, hal ini bukanlah hal yang baik dan bijak. Idealnya, setiap orang hanya memiliki satu kartu kredit untuk digunakan. Namun, jika Anda merasa kurang, maka maksimal kartu kredit yang sebaiknya Anda miliki hanya terbatas pada dua buah kartu kredit.

Jumlah kartu kredit yang dimiliki akan sangat berpengaruh pada tips mengatur keuangan. Memang, banyak kartu kredit akan memudahkan Anda dalam berbelanja. Namun, semakin banyak memiliki kartu kredit juga akan membuat Anda semakin banyak memiliki tagihan untuk dibayar. Akan repot jadinya jika finansial Anda tidak mencukupi dan akhirnya Anda akan berhutang!

Hindari Cicilan yang Tidak Penting

Adanya kartu kredit terkadang membuat seseorang ingin membeli banyak barang, termasuk dengan cara mencicil. Hal ini boleh saja dilakukan selama dalam batas kewajaran. Akan tetapi, untuk mengatur keuangan yang baik dalam penggunaan kartu kredit, hindari cicilan yang tidak penting.

Kemudahan yang ditawarkan memang terkadang membuat terlena. Oleh karena itu, Anda harus memiliki prinsip dan prioritas untuk memilih barang atau memulai cicilan. Jangan hanya karena mengikuti mode yang sedang berkembang, maka Anda memilih melakukan cicilan untuk barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Tentu saja ini akan membuat masalah muncul di masa depan.

Bayar dengan Auto-debet

Auto-debet merupakan salah satu sistem pembayaran kartu kredit yang sangat disarankan. Dengan menggunakan auto-debet, maka Anda bisa membayar tagihan kartu kredit dengan otomatis dan bebas dari masalah keterlambatan.

Jika Anda membayar dengan teratur dan tertib, akan banyak keuntungan yang bisa diperoleh. Beberapa diantaranya adalah kredibilitas Anda akan naik dan Anda akan mudah dalam pengajuan kredit lainnya, seperti KPR, kredit kendaraan dan lainnya.

Nah, lakukan beberapa cara di atas untuk mengatur keuangan Anda dalam menggunakan kartu kredit. Memahami tips keuangan tersebut penting agar kartu kredit tidak menjerumuskan Anda pada lilitan utang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 15 =