LOADING

Type to search

Gaya Hidup

Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil dan Pas-pasan

Share

Mykredit.co.id – Sebagian besar orang mungkin saja pernah merasa bahwasanya gaji yang diperoleh sekadar singgah atau mampir ke rekening. Pada umumnya pasca menerima gaji di awal, semua akan berharap jika gaji yang diterima tersebut akan cukup untuk menunjang berbagai macam kebutuhan yang ada. Namun siapa sangka, harapan tersebut justru sering kali pupus karena salah dalam mengatur keuangan.

Hal ini akan sangat terasa ketika Anda baru saja selesai membayar beberapa tagihan seperti listrik, air, cicilan, kontrakan dan beberapa kebutuhan yang lainnya. Meskipun terasa berat, Anda tidak perlu merasa panik ataupun gugup. Sebab dengan beberapa cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil semua masalah yang sedang dihadapi akan segera teratasi.

Kini bukan lagi masalah nominal yang mungkin dirasa kecil, namun tentang bagaimana Anda mengatur keuangan dan gaji yang relatif kecil tersebut untuk memenuhi semua kebutuhan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda coba agar gaji sedikit bisa menjangkau semua kebutuhan hingga akhir bulan:

1. Pisahkan Sebagian Gaji Untuk Ditabung

Langkah pertama dalam mengatur keuangan pribadi tetap aman sampai akhir bulan adalah dengan memisah sebagian gaji untuk ditabung. Setelah gajian, sebagian besar orang memang akan menggunakannya untuk membeli beberapa hal yang sudah diinginkan sebelumnya. Padahal langkah tersebut justru salah, sebaiknya Anda menyisihkan sebagian gaji memang sengaja untuk ditabung.

Anggap saja seperti investasi alias tabungan, cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil yang pertama ini nantinya bisa digunakan untuk beberapa kebutuhan yang mendesak atau darurat. Jadi sebelum naluri ingin membeli ini itu muncul segera pindahkan sebagian gaji ke rekening tabungan Anda. Cara ini sangat efektif membantu Anda untuk tidak membeli barang yang tidak diperlukan.

2. Buatlah Skala Sebagai Prioritas

Langkah yang tidak kalah penting adalah membuat skala prioritas, dimana Anda harus memisahkan antara kebutuhan mendesak dan beberapa kebutuhan yang bisa ditunda waktu pembeliannya. Jika memang ada sejumlah barang yang memang mendesak dan harus dibeli saat ini, maka tidak ada salahnya Anda membuatnya.

Jika tidak dipisah sejak awal maka Anda justru bisa mengundurkan barang mendesak dengan barang yang dirasa kurang diperlukan. Cara mengatur keuangan pribadi gaji kecil yang kedua mampu menjadi kontrol dan juga monitor terhadap pengeluaran keuangan Anda di setiap bulannya.

3. Buat Catatan Harian

Ada kalanya Anda memang akan merasa sedikit bingung dengan total simpanan yang dimiliki pada rekening. Bahkan tidak jarang akan kaget jika ternyata jumlahnya sudah mulai menipis. Maka dari itu, kali ini adalah waktu terbaik bagi Anda untuk membuat catatan total dari dana yang telah Anda keluarkan setiap harinya.

Cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil menggunakan buku atau catatan harian sudah terbukti ampuh menjadikan seseorang lebih teliti dan hati-hati. Sikap kehati-hatian yang dimaksud adalah lebih bijak dalam memakai uang serta menghindarkan Anda dari membeli barang yang dirasa kurang perlu.

Catatan ini bisa ditulis dimana saja, bisa ada ponsel, buku catatan atau hal lain yang menjadi kesukaan Anda. Segera tuliskan daftar sejumlah pengeluaran Anda setiap harinya. Jangan asal catat saja ya, Anda juga perlu memberikan keterangan beserta

4. Beli Barang Bekas yang Mana Masih Bisa Dimanfaatkan

Agar bisa memastikan gaji kecil yang Anda terima bisa mencukupi semua kebutuhan bulanan, maka cara mudah mengantisipasinya adalah dengan membeli aneka barang bekas yang masih bisa dimanfaatkan. Anda pun tentunya juga sudah tau bukan jika harga barang bekas itu lebih murah dibandingkan dengan barang baru.

Cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji yang kecil kali ini bisa dimulai dengan menyingkirkan rasa gengsi dan mulailah untuk rendah diri. Jika Anda pandai dalam memilih barang bukan hal yang tidak mungkin akan mendapatkan barang berkualitas dan masih bagus. Bahkan tidak jarang bekas bagus dan bermerek akan Anda dapatkan dengan mudah.

5. Tanamkan Sikap Hemat

Jika saat ini gaji Anda bisa dikatakan pas-pasan maka cara terbaik untuk mengatur keuangan pribadi adalah dengan berhemat. Cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji yang kecil dengan hemat di sini bukan berarti harus pelit terhadap diri sendiri. Namun Anda bisa menunda atau mengurangi beberapa kebutuhan yang memang kurang terlalu penting.

Salah satu contohnya begini, Anda bisa memanfaatkan beberapa promo dan juga diskon agar bisa mendapatkan barang berkualitas dengan harga murah. Anda juga membeli dengan jumlah banyak agar bisa memperoleh potongan harga, misalkan saja beli dua gratis satu dan lain sebagainya.

Demikian beberapa cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji yang kecil. Kini Anda bisa memanfaatkannya untuk menyiasati semua kebutuhan hidup meskipun gaji dirasa pas-pasan. Semua kebutuhan sebenarnya bisa dipenuhi asalkan menggunakan manajemen yang tepat. Satu hal yang perlu diingat, jangan pernah melebihkan anggaran yang tersedia hanya untuk hal yang kurang begitu penting. Selamat mencoba.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + nine =