LOADING

Type to search

Asuransi Asuransi Kesehatan Kesehatan

Cara Mudah dan Cepat Daftar BPJS Kesehatan Secara Online Atau Offline

Share

Mykredit.co.id – Kesehatan merupakan salah satu aset paling berharga bagi setiap orang. Ya, dengan raga dan jiwa yang sehat tentu saja dapat membuat Anda bisa beraktivitas dengan normal sehari-harinya. Selain itu, kesehatan juga mahal harganya. Tidak sedikit rumah sakit bahkan beberapa klinik yang memasang tarif tinggi bagi para pasiennya. Selain itu, harga obat yang terus merangkak naik juga menjadi salah satu pertimbangan mengapa orang harus hidup sehat.

Di Indonesia sendiri, jaminan kesehatan bagi para rakyatnya masih terbilang belum maksimal. Selain memberikan pelayanan mengenai asuransi kesehatan, pemerintah juga berupaya untuk memberikan pelayan kesehatan lainnya seperti BPJS. BPJS ini sendiri merupakan singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan.

BPJS Kesehatan disahkan pada tanggal 1 Januari 2014 dan sebelumnya bernama Askes (Asuransi Kesehatan). Menjadi salah satu program dari pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat ini tentu saja membuat BPJS memiliki peranan yang penting dalam masyarakat.

BPJS Kesehatan tersebut didirikan oleh pemerintah bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk dijadikan sebagai salah satu penyedia layanan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Selain itu, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan juga memiliki program yang dapat diharapkan sebagai akomodasi kebutuhan masyarakat tentang jaminan sosial yang terkait dengan kesehatan serta ketenagakerjaan.

Namun, kurangnya sosialisasi kepada masyarakat hal tersebut menyebabkan kurangnya pengetahuan akan pentingnya BPJS Kesehatan yang satu ini. Tak ayal, jika masih banyak orang yang belum memiliki jaminan kesehatan tersebut.

Sama halnya dengan beberapa jenis asuransi lainnya, untuk bisa mendapatkan jaminan sosial dari BPJS Kesehatan, Anda juga harus mendaftarkan diri Anda terlebih dahulu. Untuk bisa mendaftar di BPJS, ada dua cara yang bisa Anda pilih yakni cara mendaftar secara online atau pun online.

Tentu saja, kedua cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Buat Anda yang tidak paham dengan dunia internet, mungkin Anda bisa menggunakan cara offline dengan datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk mendaftar sebagai anggota BPJS. Namun, buat Anda yang ingin lebih praktis dalam mengurus pendaftaran BPJS, Anda bisa memilih cara online untuk bisa mendaftar lebih cepat.

Jika Anda sudah memutuskan untuk mendaftar lewat online atau pun offline, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan ialah melengkapi dokumen-dokumen yang menjadi persyaratannya. Lalu, apa sajakah dokumen yang harus Anda bawa untuk mendaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan? Berikut penjelasannya untuk Anda.

  1. Kartu Keluarga atau KK terbaru
  2. Kartu Identitas yang masih berlaku hingga saat ini (KTP, Paspor atau SIM)
  3. Buku nikah apabila Anda sudah menikah
  4. Fotocopy buku tabungan yang nantinya akan digunakan untuk penanggung biaya
  5. Bawa juga pas foto dengan ukuran 3×4 sejumlah 2 lembar

Cukup simple bukan beberapa dokumen yang harus Anda bawa? Nah, setelah mengetahui dokumen apa saja yang harus Anda bawa, langkah selanjutnya ialah dengan mendaftarkan diri secara online maupun offline.

Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Secara Online

  1. Langkah pertama, Anda harus mempersiapkan beberapa berkas seperti Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), kartu NPWP, alamat email, nomor telepon untuk konfirmasi pendaftaran.
  2. Buka halaman website BPJS Kesehatan di www.bpjs-kesehatan.go.id
  3. Isikan semua data Anda dengan benar dan jujur.
  4. Pilih biaya pembayaran perbulan sesuai dengan kelas yang Anda pilih.
  5. Simpan data dan tunggu notifikasi Nomor Registrasi masuk ke dalam email Anda. Setelah itu, Anda bisa print lembar Virtual Account tersebut.
  6. Lakukanlah pembayaran di BNI, BRI atau Mandiri.
  7. Jika sudah melakukan pembayaran, maka Anda akan mendapatkan bukti pembayaran.
  8. BPJS Kesehatan akan aktif. Cek email Anda untuk melihat E-ID Card BPJS yang bisa Anda print sendiri atau bisa diprint di kantor cabang BPJS dengan membawa beberapa data seperti form isian, Virtual Account dan bukti pembayaran.

Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Secara Langsung (Offline):

  1. Siapkan beberapa dokumen yang telah disebutkan diatas dan uang sebagai iuran bulan pertama sesuai dengan kelas yang akan dipilih.
  2. Datang ke kantor BPJS terdekat.
  3. Jika sudah sampai di kantor BPJS, Anda akan diberikan form pendaftaran. Isikan semua data dengan baik dan benar.
  4. Setelah mengisi data, Anda kemudian akan diberi Virtual Account yang nantinya bisa digunakan untuk pembayaran ataupun transfer data klaim yang dibutuhkan.
  5. Lakukanlah pembayaran di bank yang telah ditentukan.
  6. Setelah itu, kembali ke kantor BPJS Kesehatan untuk memberikan bukti pembayaran. Setelah itu, tunggu hingga kartu BPJS Kesehatan yang Anda buat selesai dicetak.

Bagaimana? Sangat mudah bukan untuk membuat kartu BPJS Kesehatan baik secara online atau pun offline? Jadi, tunggu apalagi? Jaminlah kesehatan Anda bersama dengan keluarga tercinta dengan menggunakan BPJS Kesehatan. Selain itu, dengan menggunakan BPJS Anda juga turut serta membantu dalam kesehatan orang lain. Daftarkan diri Anda dan keluarga sesegera mungkin untuk bisa mendapatkan jaminan kesehatan terbaik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 + 8 =