Type to search

Bisnis

Ciptakan Pekerjaan Sendiri dan Jadilah BOSS dengan Bisnis Online Tanpa Modal

Mykredit.co.id – Di era yang serba online ini banyak sekali aktivitas yang membutuhkan jaringan internet, mulai dari sekedar berkomunikasi, eksis, hingga digunakan untuk usaha atau bisnis. Bisnis online sendiri kini sudah banyak diminati karena selain caranya yang praktis juga bisa memudahkan media promosi. Bahkan kini banyak sekali jenis dari bisnis online.

Bisnis online merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang atau individu guna memperoleh laba atau keuntungan melalui internet sebagai strategi market dan wadah bisnis. Jika pelaku bussniesman atau pengusaha umumnya dilakukan oleh yang sudah berumur atau minimal 30 tahun, dengan bisnis online bahkan anak muda pun tidak menutup kemungkinan untuk bisa menjadi “pengusaha online”.

Bisnis online juga banyak digemari karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja selama terhubung dengan jaringan internet. Tidak hanya itu, bisnis online juga bisa Anda jadikan sebagai pekerjaan sampingan untuk menambah pemasukan tanpa mengganggu pekerjaan utama Anda.

Selain itu, yang lebih menarik adalah Anda bisa memulai bisnis online bahkan tanpa modal sekalipun. Namun bisnis online juga “rawan terhadap kecelakaan”, dimana banyaknya penipuan yang sudah terjadi pada bisnis online tersebut.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin memulai menjadi ‘Bos’ pada bisnis online, yuk simak tips untuk berbisnis online berikut ini:

1. Menentukan Tujuan untuk Media Marketing

Ada beragam media yang bisa digunakan untuk bisnis online, seperti twitter, facebook, instagram, blog, dan lain-lain. Tentukan media mana yang akan Anda pilih, agar lebih fokus dalam menekuni bisnis tersebut.

Untuk memperluas target pemasaran, Anda juga bisa menggunakan lebih dari satu media. Usahakan Anda selalu aktif bersosial media dan berselancar di dunia maya

2. Lakukan Riset Pasar

Seperti halnya bisnis yang “nyata”, Anda juga perlu melakukan riset atau survey terhadap keadaan pasar dan cari apa yang sedang banyak permintaan di pasar. Manfaatkan jejaring sosial Anda untuk survey kecil-kecilan.

Tanyakan juga pada keluarga, teman, dan orang lain terkait bisnis yang akan Anda jalankan untuk melihat seberapa besar potensi dan minat pasar terhadap bisnis online Anda.

3. Perluas Relasi dan Jaringan

Semakin sering aktif dan semakin banyak teman Anda di sosial media, akan semakin besar pula peluang kesuksesan bisnis online Anda. Bangun relasi seluas-luasnya, karena hal tersebut akan membantu mempermudah marketing Anda.

Jangan bosan mempromosikan bisnis Anda meski tanggapan teman-teman di sosial media kadang kurang mengenakan.

4. Lakukan Secara Bertahap

Jika Anda ingin mencoba banyak jenis bisnis online, lakukan dahulu secara bertahap satu persatu. Sekalipun mudah, bisnis online bukanlah bisnis instan yang langsung akan membawa bisnis Anda sukses. Sebagaimana bisnis lain, bisnis online juga memerlukan ketelatenan dan konsistensi agar bisnis Anda semakin besar.

Meskipun Anda memiliki target dalam bisnis, namun jika target tersebut tidak sesuai harapan, janganlah berputus asa dan lakukan terus menerus hingga berhasil.

5. Memilih Domain Yang Aman

Jika Anda menggunakan blog sebagai media bisnis online Anda, alangkah baiknya jika Anda menggunakan Top Level Domain yang terpercaya dan aman, seperti .co.id, .id, dan .com.

Hal tersebut juga bisa membuat customer Anda lebih yakin dan percaya dengan bisnis online dengan domain tersebut sudah tertera jelas identitas Anda. Sehingga mereka tidak akan berasumsi bahwa blog dan bisnis adalah bisnis fiktif.

6. Jaga Kepercayaan Klien

Milikilah kredibilitas yang tinggi dengan sikap jujur terhadap customer agar mereka tidak kecewa. Seperti tidak telat dalam pengiriman produk, barang yang dikirim sesuai dengan permintaan, harga tidak bohong, dan lain-lain. Untuk melihat kredibilitas bisnis online Anda, perhatikan beberapa hal berikut ini sebagai parameter keberhasilan bisnis:

  • Lebih banyak hal positif dari testimoni customer
  • Penilaian atau rating bisnis online tersebut selalu baik
  • Sosial media Anda semakin ramai

7. Cek Testimoni Pelanggan

Testimoni customer merupakan suatu hal yang penting, dan akan lebih baik jika testimoni yang Anda terima banyak positifnya. Namun jika ada testimoni yang buruk, jadikan sebagai motivasi dan perbaikan bisnis online Anda. Sekalipun testimoninya sangat buruk, hadapilah dengan sabar dan buat customer tersebut percaya lagi dengan bisnis Anda.

Jadi jangan segan-segan untuk meminta testimoni dari customer Anda. Testimoni tersebut juga bisa menentukan kepercayaan calon pelanggan lain.

8. Buat Group untuk Forum Diskusi

Jejaring sosial adalah media yang paling mudah untuk berkomunikasi sekalipun jaraknya sangat jauh. Nah, Anda bisa memanfaatkan media sosial Anda dengan membuat grup untuk sebuah forum diskusi terkait bisnis online Anda.

Mintalah kritik dan saran dari pelanggan untuk membuat bisnis Anda semakin baik, karena bisnis Anda dijalankan bukan hanya dengan Anda sendiri, tetapi juga dengan para customer.

9. Bangun Kantor Offline

Jika sudah terkumpul sedikit modal, cara lain untuk menunjang kesuksesan bisnis online Anda ialah dengan membangun kantor offline. Hal tersebut sering dilupakan oleh para pelaku bisnis online, padahal dengan adanya kantor offline tersebut juga akan menambah kepercayaan pelanggan terhadap Anda. Meskipun kantor Anda sederhana, namun hal tersebut akan menjadi nilai plus dimata pelanggan.

Jadi, kenapa harus dengan modal besar jika dengan bisnis online saja Anda sudah bisa sukses menjadi seorang pengusaha? Tunggu apa lagi? Mulailah dari sekarang untuk mencoba bisnis online.

Leave a Comment