Type to search

Gaya Hidup Tips Trik

Dengan Fasilitas Pajak Online Sekarang Ini, Maka Tak Ada Istilah Lagi untuk Malas Bayar Pajak

Pajak pada dasarnya memang sebuah pungutan yang dibebankan negara kepada warga negaranya, untuk ragamnya sendiri terbilang banyak, karena memang hampir setiap aspek yang ada di Indonesia dikenai dengan pajak. Tujuannya tak lain memang nantinya uang pajak tersebut akan digunakan untuk kebutuhan negara sendiri, berbagai jenis pembangunan infrastruktur, hingga uang yang dipakai untuk menggaji aparat negara semuanya berasal dari pungutan pajak tersebut. Itulah mengapa tidak heran jika seandainya uang pungutan pajak juga sangat mempengaruhi kesejahteraan warga negara. Sehingga ada kewajiban bagi setiap warna negara untuk membayarnya, sesuai dengan ketentuan.

Pajak yang dikenakan kepada setiap wajib pajak ini tentunya harus dibayarkan secara teratur sesuai dengan ketentuan yang sudah berlaku. Dulunya mungkin membayar pajak adalah hal yang cukup ribet, karena harus dilakukan secara langsung di kantor pajak. Namun tidak lagi dengan sekarang ini, mengingat pemerintah sudah menawarkan fasilitas untuk mempermudah masyarakat di dalam membayar kewajiban tersebut, salah satunya adalah dengan pembayaran pajak secara online.

Sistem pembayaran pajak secara online ini setidaknya memang sudah mulai diberlakukan sejak beberapa tahun terakhir dan disambut dengan antusias oleh masyarakat, faktanya ada banyak sekali diantaranya yang mulai berpindah melakukan transaksi pembayaran pajak secara online, dibandingkan dengan langsung atau offline. Dengan e-billing atau pembayaran pajak online ini, maka masyarakat mendapatkan banyak sekali keuntungan, diantaranya adalah:

  1. Dapat menghindari kesalahan dalam melakukan transaksinya, faktanya memang pembayaran secara langsung sering kali terjadi human error, namun tidak jika transaksi tersebut dilakukan berbasis mesin atau online, kemungkinan kesalahan sangat kecil bahkan tidak sama sekali, karena data yang masuk akan langsung disimpan dalam database pusat.
  2. Mengurangi resiko kehilangan karena kelalaian, setelah melakukan transaksi pembayaran umumnya akan mendapatkan kartu tanda bukti, dengan hanya mengandalkan kartu yang satu ini sudah pasti nantinya akan mudah hilang, apalagi hanya selembar kertas, namun sistem pembayaran secara online tidak akan, karena data sudah langsung di input ke pusat, sehingga jikapun bukti dalam bentuk print out tersebut hilang, maka masih ada bukti yang lainnya secara langsung.
  3. Praktis, sekarang ini masyarakat atau wajib pajak tak harus lagi menunda-nunda kapan harus membayar iuran negara tersebut, karena kenyataannya aktivitas yang satu ini dapat dilakukan secara online. E-billing bisa dilakukan kapan saja dan juga dimana saja sesuai dengan kenyamanan, hanya dengan mengandalkan komputer atau bahkan sebuah perangkat smartphone saja sekarang ini sudah bisa.
  4. Tidak memakan banyak waktu, sangat cocok bagi masyarakat yang sibuk bekerja, terkadang untuk membayar pajak saja harus mengurangi waktu produktif mereka, sekarang tidak perlu takut lagi akan hal tersebut.

Lalu bagaimana dengan langkah pembayarannya secara online? Sebelumnya wajib pajak harus memiliki kode billing atau id billing terlebih dahulu, berikut ini cara mudah dalam pembuatannya, yaitu:

  1. Langsung kunjungi aplikasi Online Pajak, ini adalah sebuah aplikasi yang memang disarankan oleh Direktorat Jenderal Pajak yang dapat digunakan dalam pembuatan id billing tersebut, aplikasi ini resmi dan bisa didownload secara langsung, sehingga tidak perlu takut lagi dengan keamanannya.
  2. Buatlah melalui teller, langkah mudah lainnya yang juga dapat dilakukan untuk membuat atau memiliki id billing tersebut adalah dengan pembuatan melalui bank-bank tertentu yang memang sudah direkomendasikan, seperti diantaranya adalah bank Mandiri, BNI, BCA atau Citibank.
  3. Buat di kantor pos, tempat lainnya yang tak hanya bisa digunakan sebagai tempat pembayaran pajak, melainkan juga pembuatan id billing adalah kantor pos.
  4. Buat langsung di website resmi yaitu pajak.go.id
  5. Id billing pelanggan dari Telkomsel juga dapat dipakai untuk pembuatan, yaitu dengan menekan *141*500#
  6. Buat dengan menggunakan layanan dari internet banking.

Selanjutnya setelah memiliki id atau kode billing tersebut, maka bisa langsung melakukan transaksi pembayaran pajak online, sangat mudah bukan. Pembayaran pajak secara online ini tak hanya bisa dilakukan untuk pajak perorangan saja, melainkan juga dapat dipakai untuk pembayaran perusahaan atau kantor yang Anda miliki.

Jika dilihat sendiri memang banyak sekali diantara masyarakat khususnya adalah wajib pajak yang memiliki kesadaran di dalam membayar pungutan yang satu ini, padahal jika dilihat uang hasil pungutan pajak ini memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan Anda, diantaranya adalah:

  • Digunakan dalam membiayai berbagai bentuk pengeluaran negara, jangan salah meskipun Indonesia termasuk negara yang kaya, namun banyak pula uang yang harus dikeluarkan guna membiayai kepentingan masyarakatnya. Bentuk pengeluaran untuk negara ini sangatlah banyak, diantaranya adalah yang bersifat self liquiditing seperti diantaranya adalah proyek-proyek barang ekspor dan sejenisnya.
  • Pembuatan sarana dan juga prasarana umum, seperti yang diketahui bahwa masyarakat sendiri bisa menikmati layanan kesehatan, kemudian juga jalan raya yang mulus, semuanya dibuat oleh negara, dimana uang yang digunakan dalam pembuatannya tersebut sebenarnya adalah uang dari pajak. Pembangunan infrastruktur negara ini termasuk yang memakan biaya cukup mahal, apalagi harus senantiasa diperbaharui jika mengalami kerusakan.
  • Membayar aparat negara, hal ini mungkin sudah dirasakan oleh para PNS, dimana sebenarnya gaji yang mereka dapatkan tersebut tak lain adalah uang pungutan pajak, baik itu dari pungutan pajak penghasilan mereka sendiri, maupun pungutan dari wajib pajak yang lainnya. Apalagi jika sudah berbicara mengenai aparat negara ini sangatlah banyak, mulai dari guru-guru, kemudian juga ada aparat yang menjaga keamanan seperti polisi, TNI dan masih banyak lagi diantaranya.
  • Pendidikan gratis, di Indonesia sendiri memang sudah sejak lama ada program pendidikan gratis, khususnya untuk bangku SD sampai dengan SMA, banyak diantaranya yang tidak harus membayar uang pendidikan, hal ini tidak lain adalah uang dari pajak.
  • Bantuan untuk masyarakat miskin, sadar atau tidak jumlah masyarakat yang tidak mampu di Indonesia jumlahnya memang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tingkat ekonominya mumpuni atau mampu. Sehingga tidak heran jika seandainya banyak yang mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah, diantaranya adalah dengan diberikan dana bantuan secara rutin.
  • Digunakan dalam mengatur stabilitas ekonomi yang ada di dalam sebuah negara, terjadinya inflasi dapat mematikan ekonomi sebuah negara, guna mencegah hal tersebut maka digunakan uang hasil pajak guna menguatkan nilai ekonomi di mata dunia, sehingga nantinya tidak terjadi krisis di dalam negeri, karena jika krisis sudah melanda masyarakat, secara otomatis juga akan menyebabkan masalah serius pada perekonomian masyarakat dalam negeri.

Secara garis besar seperti itulah manfaat uang pajak, sehingga jangan sampai telat membayarnya, karena uang pajak yang Anda bayarkan memiliki kontribusi yang sangat besar bagi perekonomian negara dan juga kesejahteraan bagi masyarakat. Termasuk juga manfaatnya akan dirasakan oleh diri wajib pajak itu sendiri.

Leave a Comment