LOADING

Type to search

Gaya Hidup Karir

Gaji Bekerja Habis di Awal Bulan, Kenapa?

Share

Mykredit.co.id – Bagi Anda yang sudah bekerja, tentu Anda akan sangat menantikan awal bulan sebagai hari yang istimewa. Ya, hal ini dikarenakan awal bulan merupakan waktu gajian di mana Anda akan menerima upah dari hasil lelah Anda bekerja selama sebulan belakangan. Namun, beberapa pekerja sering mengeluh karena gaji yang mereka dambakan seolah hanya sekadar numpang lewat.

Banyak kasus terjadi ketika pekerja menerima gaji di awal bulan, maka ia akan membayar beberapa tagihan, seperti tagihan telepon, air, kartu kredit dan lainnya. Setelah membayar beberapa tagihan tersebut, maka gaji yang diterima tersebut seolah tidak cukup dan terasa langsung habis.

Apakah Anda juga mengalaminya? Nah, jangan tergesa-gesa untuk menyalahkan nominal gaji Anda yang diperoleh. Bisa jadi, manajemen keuangan yang buruk merupakan sebab dari masalah tersebut.

Memiliki manajemen keuangan yang baik adalah hal yang sangat penting bagi Anda yang sedang meniti karir. Dengan manajemen yang baik, maka karier Anda akan bisa dipastikan aman dan keuangan pribadi juga akan semakin baik. Lantas, bagaimana cara untuk melakukan manajemen keuangan yang baik bagi pekerja? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Amankan Gaji dengan Menabung

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pekerja sesaat ketika mereka menerima gaji adalah mereka langsung ingin untuk membeli sesuatu yang diinginkan. Padahal, bisa saja sesuatu tersebut tidak begitu diperlukan atau hanya keinginan belaka. Hal inilah yang terkadang membuat keuangan pribadi menjadi kurang sehat.

Nah, salah satu langkah di mana bisa dilakukan untuk mengamankan gaji adalah segera menabung setelah menerima gaji. Jadi, ketika Anda menerima gaji dari perusahaan, maka sisihkan pendapatan tersebut untuk ditabung, investasi atau kebutuhan darurat.

Tentu saja, besaran gaji yang harus disisihkan tergantung dari masing-masing individu. Namun, untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar, menyimpan setidaknya 30% dari gaji merupakan hitungan sederhana yang bisa dilakukan. Dengan manajemen keuangan tersebut maka Anda akan bebas dari ‘lapar mata’ yang terkadang membuat Anda menyesal.

2. Membuat Skala Prioritas

Membuat skala prioritas merupakan salah satu cara untuk mendapatkan manajemen keuangan yang baik. Dalam hal ini, ketika Anda menerima gaji maka Anda harus tahu akan digunakan untuk apa gaji tersebut. Anda harus cermat dalam alokasi dengan cara memisahkan kebutuhan yang mendesak hingga yang bisa ditunda pembeliannya.

Jika Anda memiliki kebutuhan yang mendesak, seperti membeli alat penunjang karier, maka Anda bisa langsung membelinya setelah gajian. Namun, ketika kebutuhan tersebut tidak begitu diperlukan, seperti mengganti smartphone karena ada keluaran versi terbaru, maka keinginan tersebut sebaiknya bisa ditahan dan ditunda hingga Anda benar-benar membutuhkannya.

Dengan manajemen keuangan seperti ini maka Anda bisa mengontrol serta memonitor pengeluaran setiap bulan yang Anda alokasikan.

3. Membuat Catatan Pengeluaran Harian

Mungkin Anda pernah merasa bingung mengapa jumlah simpanan harian Anda di rekening atau dompet terus saja menipis. Nah, kini saatnya Anda perlu memulai untuk membuat catatan terkait pengeluaran harian. Mencatat setiap pengeluaran setiap hari dengan saksama sekecil apapun pengeluaran tersebut merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengelola keuangan.

Dengan mencatat segala pengeluaran harian yang Anda lakukan, maka Anda akan bisa menilai ke mana uang Anda digunakan. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan fitur catatan di smartphone atau menggunakan catatan saku untuk memudahkan. Beri keterangan untuk apa dana tersebut digunakan.

Dengan demikian, Anda bisa melakukan evaluasi di bulan selanjutnya untuk memperbaiki manajemen keuangan yang sudah berjalan.

4. Membawa Uang Tunai Secukupnya Di Dompet

Ketika berada di kantor, tentu saja Anda tidak terhindarkan untuk membeli sesuatu, seperti snack, makan siang, air minum dan lainnya. Pengeluaran seperti ini menjadi pengeluaran rutin yang harus diperhatikan. Untuk meminimalkan pengeluaran harian tersebut, maka sebaiknya Anda membawa uang tunai secukupnya di dompet. Pastikan uang yang Anda bawa bisa memenuhi kebutuhan anda.

Namun, di sisi lain jangan membawa uang terlalu berlebihan. Adanya uang yang terlalu banyak di dompet seringkali akan menyebabkan khilaf dengan membeli sesuatu yang sebenarnya kurang dibutuhkan. Jika hal ini terus berlangsung, bisa jadi gaji Anda akan selalu habis di awal bulan! Oleh karena itu, hitunglah kebutuhan harian Anda dan bawa uang secukupnya saat bekerja atau bepergian.

Mengatur keuangan memang tidak selalu gampang. Ada beberapa kesulitan yang dihadapi, terutama godaan dari luar, seperti iklan, adanya trend baru dan lainnya. Namun, ketika Anda menyadari bahwa ada prioritas lain yang harus diutamakan, hal semacam itu tidak akan mengganggu diri Anda dan manajemen keuangan.

Terlebih, mengalami masalah gaji yang habis di awal bulan tentu merupakan sesuatu yang menyedihkan karena seolah Anda tidak memiliki hasil dari pekerjaan yang Anda lakukan.

Nah, beberapa poin di atas setidaknya bisa menjadi petunjuk untuk memiliki manajemen keuangan yang baik. Lakukan beberapa poin tersebut dengan saksama dan tanpa merasa terbebani. Dengan kesungguhan Anda miliki dalam mengatur manajemen keuangan, masalah gaji habis di awal bulan tentu tidak akan pernah terjadi lagi. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + 8 =