LOADING

Type to search

Bisnis

Ingin Memulai Bisnis? Berikut Tips Kelola Keuangan yang Harus Anda Tahu!

Share

Mykredit.co.id – Memulai berbisnis merupakan sebuah keputusan yang berani dari seseorang. Dengan memulai atau merintis bisnis, tentu seseorang akan mendapatkan pemasukan yang lebih dan mereka bisa mengatur usaha sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Nah, apakah Anda tertarik untuk membuka bisnis? Jika dicermati, dewasa ini cukup banyak orang yang lebih memilih membuka bisnis sendiri meskipun kecil-kecilan daripada bekerja untuk orang lain.

Jika Anda ingin membuka bisnis baru, hal pertama yang perlu Anda pahami adalah bagaimana cara mengelola keuangan. Tata kelola keuangan merupakan kunci utama dalam kesuksesan saat memulai sebuah bisnis. Nah, pada kesempatan ini, ada beberapa tips mengelola keuangan yang sebaiknya Anda tahu untuk memulai bisnis Anda yang baru. Mari simak beberapa penjelasan pentingnya di bawah ini. Selamat membaca!

Tips Mengelola Keuangan saat Memulai Bisnis

Perlu dipahami bahwa tata kelola bisnis berbeda dengan tata kelola keuangan pribadi. Hal ini dikarenakan dalam menjalankan bisnis, Anda tidak hanya fokus pada pemasukan dan pengeluaran, namun juga berpikir bagaimana mempertahankan bisnis. Oleh karena itu, sebagai langkah awal, pengelolaan terhadap keuangan menjadi hal penting agar bisnis bisa berjalan tanpa kekurangan modal. Adapun beberapa tips mengelola keuangan yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis adalah sebagai berikut:

Melakukan Perencanaan Secara General

Bagi Anda yang ingin terjun ke dalam dunia bisnis, membuat perencanaan secara general merupakan hal yang sangat penting. Perencanaan general ini dapat digunakan sebagai acuan untuk membaca peluang bisnis ke depan. Dalam membuat perencanaan general ini, Anda bisa menulis apa saja program serta rencana usaha yang hendak Anda lakukan dalam satu periode panjang.

Nah, jika sudah, Anda bisa melakukan pembagian perencanaan tersebut dalam beberapa periode pendek. Periode yang disarankan adalah triwulan, bulanan ataupun mingguan.

Dengan pembagian ini, maka Anda bisa memperkirakan berapa dana yang harus Anda gunakan dan juga kapan usaha atau program tersebut akan dijalankan. Buatlah perencanaan yang detail, jelas dan bisa Anda handle dengan baik.

Buat Perencanaan Pendapatan

Hal kedua yang penting untuk Anda lakukan adalah membuat perencanaan pendapatan. Meskipun bisnis Anda belum mulai, namun perencanaan terkait pendapatan yang akan diperoleh harus sudah dipikirkan karena bisnis memerlukan modal awal dan keuntungan untuk pengembangan. Dalam hal ini, ada beberapa aspek yang bisa ditulis sebagai sumber pendapatan ke depan.

Beberapa aspek yang bisa dipertimbangkan sebagai strategi dalam mendapatkan pendapatan adalah dengan mulai menentukan produk yang akan dijual, menghitung target penjualan, melihat strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan hingga memastikan keuntungan dari penjualan.

Semakin detail Anda membuat rancangan ini maka akan semakin mudah bagi Anda untuk melihat berapa range keuntungan yang akan didapatkan. Jika range keuntungan sudah berhasil dihitung, maka Anda bisa memperkirakan cara pengembangan usaha.

Buat Rencana Pengeluaran Secara Rutin

Membuat rencana pengeluaran secara rutin juga merupakan tips keuangan yang harus ada dalam tata kelola keuangan bisnis. Bisnis memang membutuhkan beragam jenis biaya operasional yang harus dikeluarkan. Dalam hal ini, tentu saja penting bagi Anda untuk membuat rencana pengeluaran yang baik agar bisnis bisa berjalan dengan stabil.

Tentu, untuk menghasilkan rencana pengeluaran yang baik Anda harus tahu apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis anda. Bagilah kebutuhan bisnis menjadi kebutuhan primer dan sekunder. Alokasikan dana untuk pengeluaran tersebut dan hitung setiap bulan. Perhitungan tersebut merupakan limit yang diperbolehkan. Jika pengeluaran Anda terlalu tinggi, maka Anda harus melakukan evaluasi.

Pisahkan Rekening Bisnis dengan Pribadi

Kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pebisnis pemula adalah mereka mencampurkan rekening bisnis dengan rekening pribadi. Hal ini tentu saja bukan hal yang sepele meskipun banyak pebisnis pemula yang menganggapnya biasa saja. Rekening bisnis tentu harus dipisahkan dari rekening pribadi demi alasan bisnis yang lebih baik dan stabil.

Dengan memisah rekening bisnis dan pribadi, tata kelola keuangan akan menjadi semakin mudah. Anda tidak perlu melakukan penambahan modal berulang-ulang karena memang modal bisnis berputar hanya untuk urusan bisnis saja dan tidak digunakan untuk pemenuhan kebutuhan pribadi.

Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis, persiapkan dulu modal awal dengan cukup dan jangan ambil modal awal tersebut untuk kepentingan pribadi. Jika rekening pribadi dan bisnis dicampur, bukan tidak mungkin bisnis Anda akan gagal karena masalah modal.

Nah, dari beberapa penjelasan di atas, Anda bisa mengetahui bahwa ada cukup banyak tips keuangan yang bisa dipahami untuk memiliki tata kelola keuangan bisnis yang lebih baik. Tentu, masih banyak tips lain yang bisa Anda terapkan. Beberapa tips di atas hanya sebagian kecil saja yang mungkin bisa membantu anda.

Sebagai tambahan, untuk membuat usaha Anda lebih stabil dan terus berkembang, ada baiknya Anda menggunakan laba selama beberapa bulan pertama untuk fokus pada pengembangan. Ini merupakan salah satu strategi yang tepat untuk melebarkan bisnis meskipun Anda tidak bisa menikmati keuntungan di awal waktu. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − 5 =