Type to search

Tips Trik

Langkah Mudah Perpanjangan Paspor Secara Online dan Manual

Mykredit.co.id – Jika Anda ingin melakukan perjalanan ke luar negeri, maka paspor menjadi salah satu dokumen penting yang harus Anda lengkapi. Untuk paspor itu sendiri terdiri dari dua jenis, yakni paspor dengan jumlah halaman yang mencapai 24 halaman, dan paspor dengan jumlah halaman sebanyak 48 halaman. Namun, kedua jenis paspor tersebut memiliki fungsi yang sama dengan masa berlaku sampai 5 tahun saja.

Memperpanjang masa berlaku paspor menjadi hal yang penting untuk Anda lakukan. Akan tetapi, informasi mengenai perpanjangan paspor online dan manual ini masih sangat minim di masyarakat. Alhasil, tidak sedikit orang yang lebih memilih memperpanjang masa paspor dengan menggunakan biro paspor.

Sebenarnya, ada dua cara yang bisa dilakukan yakni perpanjangan paspor online dan manual. Bahkan, cara untuk memperpanjang paspor tersebut sangatlah mudah dan tidak ribet. Nah, bagi Anda yang ingin memperpanjang masa paspor tanpa harus menggunakan biro jasa paspor, berikut ini ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Cara yang akan dijelaskan di bawah ini merupakan cara membuat paspor baik secara online ataupun manual. Penasaran? Nah, perhatikan dengan baik langkah-langkahnya berikut ini.

1. Membuat Paspor Dengan Cara Online

Kecanggihan teknologi yang ada saat ini memang memberikan banyak sekali keuntungan bagi siapa saja. Ya, dengan adanya internet, semua hal bisa Anda lakukan secara online. Termasuk mengurus perpanjangan paspor yang satu ini. Untuk mengurus perpanjangan paspor tersebut, Anda tak perlu repot-repot datang ke kantor imigrasi.

Bagi Anda yang ingin melakukan perpanjangan paspor secara online, berikut ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan.

Mendaftar Secara Online

Langkah pertama yang harus Anda lakukan kalau dengan mendaftar secara online. Anda bisa melakukannya dengan membuka website imigrasi yakni di http://imigrasi.go.id/.

Apabila Anda sudah berhasil masuk ke dalam website, maka langkah selanjutnya yakni dengan memilih menu Layanan Publik, kemudian Layanan Online dan pilih lagi Layanan Paspor Online.

Kemudian, pilihlah tabel Pra Permohonan Personal. Disini, pilihlah permohonan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Apakah membuat paspor baru, memperpanjang masa berlaku ataupun merubah data yang ada di dalam paspor.

Isikan nomor dari paspor lama yang Anda miliki, jangan lupa untuk mengisikan jenis paspor baik itu paspor 24 halaman ataupun 48 halaman. Selain itu, Anda juga harus mengisikan kantor imigrasi terdekat.

Isi Form pembayaran

Jika sudah melakukan beberapa tahap di atas, maka langkah selanjutnya yakni dengan mengisikan form pembayaran. Untuk melakukan pembayaran, terlebih dahulu Anda akan mendapatkan email surat pengantar dari Kantor Imigrasi pusat untuk melakukan pembayaran.

Sebelum melakukan pembayaran, maka cetak terlebih dahulu surat pengantar yang sudah masuk ke email Anda. Selanjutnya, serahkan di teller Bank BNI 46 dan lakukan pembayaran. Jika sudah, maka bukti pembayaran harus disetorkan pada kantor imigrasi.

Isi Halaman Permohonan Jadwal Wawancara

Jika sudah melakukan pembayaran, maka langkah selanjutnya yakni buka kembali email dari Kantor Imigrasi pusat yang sudah Anda dapatkan. Disana tersedia link yang harus Anda buka. Link tersebut merupakan link yang berisi jadwal wawancara yang harus Anda lakukan. Tentukan hari dan tanggal yang tepat untuk melakukan wawancara.

Cetak Formulir yang Telah Didapatkan

Nah, apabila Anda sudah mengisi hari dan tanggal wawancara serta menyimpan data, maka kantor imigrasi akan mengirimkan sebuah email yang berisikan tanda terima permohonan pembuatan paspor. Setelah itu, silahkan download dan cetak kartu formulir yang telah Anda dapatkan.

Siapkanlah Dokumen yang Diperlukan

Saat Anda mengurus perpanjangan paspor, maka Anda akan dimintai untuk melengkapi beberapa dokumen seperti Kartu Keluarga, Ijazah terakhir, KTP, Akte kelahiran, surat nikah (bagi yang sudah menikah) serta paspor lama.

Semua dokumen tersebut harus di fotokopi dan diserahkan pada jadwal Anda melakukan wawancara. Jangan lupa untuk membawa bukti pembayaran dari bank.

Datanglah ke Kantor Imigrasi Sepagi Mungkin

Nah, langkah yang satu ini merupakan opsi. Dengan datang secara sepagi mungkin, Anda bisa mendapatkan antrian yang masih sedikit. Dengan demikian, proses perpanjangan paspor pun bisa lebih cepat. Masukkan data yang telah Anda siapkan ke dalam map, tunggu sampai antrian milik Anda dipanggil.

Itu dia cara yang bisa lakukan untuk mengurus perpanjangan paspor secara online. Cukup mudah bukan? Pada pembahasan kali ini tidak hanya membahas tentang bagaimana cara mengurus perpanjangan paspor secara online saja. Namun, juga akan dibahas tentang cara mengurus perpanjangan paspor secara manual.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengurus perpanjangan paspor secara manual.

2. Perpanjangan Paspor Secara Manual

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk memperpanjang paspor secara manual ialah dengan mendaftar kantor imigrasi terdekat. Sebelum Anda mengunjungi kantor imigrasi, sebaiknya ikutilah beberapa tips di bawah ini:

  • Pakailah sepatu dan celana panjang. Jangan memakai baju putih karena background dari foto paspor berwarna putih.
  • Datanglah sepagi mungkin karena kantor imigrasi membuka pelayanan pada pukul 7 pagi. Anda kemudian akan diberikan nomor antrian oleh petugas. Pada saat Anda nomor antrian milik Anda dipanggil, maka Anda harus menunjukkan nomor antrian, dokumen yang telah dipenuhi serta pemohon wajib hadir untuk mengambil antrian dan tidak boleh diwakilkan baik itu balita ataupun lansia.
  • Khusus untuk balita (dengan usia maksimal 5 tahun), lansia (dengan usia minimal 60 tahun) dan penyandang disabilitas (different ability) maka akan diberikan nomor prioritas. Untuk antrian, maka yang akan dipanggil terlebih adalah nomor antrian prioritas. Apabila nomor antrian sudah habis, maka dilanjutkan dengan nomor antrian umum.
  • Petugas akan memeriksa dokumen yang telah Anda siapkan seperti KTP, Kartu Keluarga, akte kelahiran, ijazah asli dan paspor lama. Semua dokumen tersebut harus di fotokopi.
  • Jika sudah, maka petugas akan memberikan map yang berisi formulir serta nomor urut. Jangan lupa untuk membawa bolpoin dengan tinta hitam karena disini tidak disediakan bolpoin hitam.
  • Apabila semua syarat sudah dipenuhi, maka tunggulah hingga Anda dipanggil untuk melakukan wawancara.

Pada saat proses wawancara ini, petugas akan menanyakan tujuan Anda pergi ke luar negeri. Jadi, pastikan bahwa Anda telah menyiapkan jawaban yang jujur dan akurat. Setelah Anda melakukan wawancara, maka langkah selanjutnya yang harus Anda tempuh yaitu mengambil foto diri di ruang wawancara. Setelah itu, petugas akan memberikan lembar pembayaran paspor dan bukti untuk mengambil paspor.

Bayarkan secara langsung pada hari yang sama pada teller Bank BNI 46. Setelah itu, teller akan memberikan bukti pembayaran yang di-clip menjadi satu dengan formulir pengambilan paspor. Jika sudah, maka paspor dapat diambil dalam waktu 3 hari setelah pembayaran. Namun, untuk kejelasan waktu pengambilan paspor, Anda bisa meminta info dari petugas yang terkait.

Di atas merupakan dua cara perpanjangan paspor online dan manual. Bagaimana? Cukup mudah bukan? Nah, perhatikan dengan baik beberapa hal diatas agar perpanjangan paspor yang Anda lakukan bisa berjalan dengan lancar. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment