Type to search

Kredit

Lengkapi Isi Rumah Anda Sekarang Juga Melalui Kredit Barang Elektronik

myKredit.co.id – Dengan teknologi yang semakin canggih, keberadaan barang elektronik sangat banyak diminati karena memberi banyak kemudahan. Bahkan saat ini akan sangat sulit jika harus meninggalkan barang-barang elektronik meski hanya sehari.

Selain kantoran dan fasilitas publik lainnya, barang elektronik juga sangat digandrungi untuk mempercantik ruangan Anda dan membuat “rumah semakin modern”. Dengan sangat beragamnya barang elektronik yang ada, tentu membuat Anda ingin memiliki satu atau lebih barang elektronik tersebut. Namun terkadang dengan kondisi finansial yang kurang mendukung, Anda harus memurungkan niat ingin memiliki barang elektronik.

Nah, kini dengan adanya kredit barang elektronik, Anda tidak perlu bingung lagi. Terlebih lagi pengajuan kreditnya juga tidak seribet pada pengajuan kredit rumah, kendaraan, atau yang lainnya. Bahkan kini tak jarang yang menawarkan kredit barang elektronik dengan cicilan bunga 0%.

Untuk mengajukan kredit barang elektronik ada beberapa persyaratan yang bisa Anda lengkapi agar pengajuan kredit disetujui. Berikut beberapa diantaranya:

1. Kelengkapan Data

Untuk persyaratan data atau dokumen, biasanya yang utama diperlukan adalah fotocopy KTP peminjam dan pasangan, atau jika belum berkeluarga fotocopy KTP penjamin. Adapun persyaratan lain yaitu:

  • Foto copy kartu keluarga (KK)
  • Foto copy tagihan air, telepon, listrik
  • Slip gaji
  • Catatan rekening 3 bulan terakhir
  • Foto copy kartu kredit (jika punya)

Kelengkapan dokumen tersebut bisa disesuaikan dengan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak finansial atau peminjam.

2. Biaya Administrasi

Sebagaimana pelayanan lainnya, untuk kredit barang elektronik juga diperlukan biaya administrasi dalam pengajuan kredit tersebut.

3. Uang Muka

Seperti halnya jenis kredit pada umumnya, ketika akan mengajukan kredit barang elektronik juga ditetapkan DP atau uang muka. Namun antara tempat peminjaman satu dengan yang lainnya biasanya memiliki ketentuan yang berbeda.

Uang muka untuk kredit tersebut biasanya dimulai dari 10% dari harga produk. Uang muka tersebut belum termasuk biaya jasa dan tambahan aksesoris lainnya. Namun kini ada juga kredit barang elektronik yang memberikan DP 0% atau tanpa uang muka.

4. Nomor Telepon Yang Tetap

Sebelum menyetujui pengajuan kredit, biasanya pihak peminjam akan melakukan survey kepada calon peminjam dengan mendatangi ke rumahnya atau melalui telepon. Nah, oleh karena itu, sebaiknya Anda memiliki nomor telepon yang jelas dan bisa dihubungi sewaktu-waktu. Baik itu nomor pribadi ataupun nomor kantor.

5. Tentukan Jangka Waktu Angsuran

Saat mengajukan kredit barang elektronik biasanya akan diberi pilihan untuk masa kredit atau angsuran. Ada beberapa pilihan yang biasa ditawarkan ialah 3 bulan, 6, 9, 12, 18 bulan, dan pilihan lainnya. Namun sebaiknya Anda memilih jangka waktu angsuran yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

6. Berpenghasilan dan Tempat Tinggal Tetap

Dalam mengajukan kredit, apapun jenis kreditnya, termasuk kredit barang elektronik, salah satu syarat yang penting adalah penghasilan atau pekerjaan yang tetap. Karena jika tidak memiliki penghasilan, pihak peminjam akan ragu apakah Anda bisa membayarnya tepat waktu atau tidak?

Selain itu, bagi Anda yang memiliki tempat tinggal yang jelas akan lebih mudah untuk mengajukan kredit tersebut. Karena saat survey biasanya pihak peminjam juga langsung mendatangi tempat tinggal Anda. Atau jika tempat tinggal Anda masih sewa, setidaknya Anda sudah tinggal di tempat itu selama minimal 3 bulan.

7. Usia Minimal 21 Tahun dan Maksimal 55 Tahun

Untuk syarat lain dalam pengajuan kredit barang elektronik, pihak peminjam (leasing) biasanya menetapkan usia minimal dan maksimal peminjam. Anda sebagai peminjam setidak harus berumur minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun. Syarat usia tersebut juga kadang berbeda antara pihak leasing satu dengan yang lainnya.

Jika usia Anda belum mencapai 21 tahun, Anda bisa mengalihkan kredit tersebut kepada orang tua atau wali. Sedang bagi Anda yang sudah mencapai umur maksimal, Anda bisa menggantinya dengan anak Anda atau wali yang sudah berusia di atas 21 tahun.

8. Menyetujui Perjanjian Kredit Barang Elektronik

Setelah semua persyaratan untuk mengajukan kredit tersebut lengkap, tahap terakhir adalah menandatangani surat perjanjian kredit antara pihak leasing dan peminjam.

Adapun untuk proses kreditnya sangatlah mudah, dan waktu penyetujuan pengajuan kredit tergantung pada kelengkapan data dan persyaratan yang Anda penuhi, mulai dari 24 jam, 5 hari dan lain-lain. Tahapan dalam proses kredit barang elektronik yakni:

  • Tentukan dahulu produk barang elektronik yang ingin Anda kredit
  • Pilihlah jenis kredit barang elektronik sesuai dengan kemampuan
  • Mengisi formulir pengajuan kredit
  • Lengkapi data dan persyaratan yang diperlukan
  • Setelah survey yang dilakukan oleh petugas atau pihak leasing dan pengajuan Anda diterima, tanda tangani surat perjanjian kredit tersebut.

Sebelum mengajukan kredit barang elektronik tersebut tidak ada salahnya jika Anda bermusyawarah dengan keluarga terlebih dahulu, atau dengan pasangan bagi yang sudah berkeluarga. Pastikan juga bahwa kredit yang Anda ambil tersebut tidak membebani kebutuhan hidup Anda lainnya. Bersikaplah jujur dan hindari pemalsuan data hanya karena ingin segera disetujui pengajuannya.

Leave a Comment