LOADING

Type to search

Asuransi Asuransi Properti

Lindungi Aset Anda Dengan Cara Memilih Asuransi Properti Yang Tepat

Share

Mykredit.co.id – Salah satu hal yang sering disepelekan oleh masyarakat Indonesia adalah asuransi properti, padahal rumah merupakan aset yang paling berharga bagi setiap orang, sehingga asuransi bisa dikatakan sangat penting untuk dimiliki.

Apalagi bagi Anda seorang pebisnis ataupun yang berinvestasi di properti tentunya asuransi merupakan hal yang wajib dimiliki, sebab hal tersebut akan melindungi aset berharga yang menjadi sumber keuangan anda. Sebab pada dasarnya setiap orang tak mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan.

Bagi Anda yang masih menyepelekan asuransi properti, inilah alasan mengapa Anda perlu memilikinya:

1. Melindungi Dari Bencana

Setiap orang tentunya tak mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan, sehingga setiap saat rumah Anda terancam dengan berbagai persoalan. Apalagi di wilayah Indonesia ini sangat rawan terhadap bencana alam, sehingga dengan adanya asuransi properti mampu melindungi rumah dari berbagai bencana seperti kebakaran, banjir, gempa serta berbagai bencana lainnya.

2. Membantu Pasca Bencana

Keberadaan asuransi properti memang sangat menjamin perlindungan rumah Anda. Sebab jika sewaktu-waktu rumah Anda terkena bencana maka asuransi akan membantu Anda untuk memberikan biaya pasca musibah seperti untuk membersihkan rumah, bahkan biaya arsitek untuk membangun rumah kembali.

3. Melindungi Harta Di Dalam Rumah

Alasan mengapa Anda perlu memiliki asuransi properti adalah bukan hanya rumah Anda saja yang terjamin, namun isi rumah Anda baik seperti ruang atau perabotan lainnya juga dijamin menggunakan asuransi ini.

Keberadaan asuransi properti memang sangat menguntungkan bagi Anda, sebab mampu melindungi rumah Anda beserta isinya. Meski demikian, banyak orang yang dibuat bingung dalam memilihnya, karena memang sekarang ini banyak layanan asuransi properti yang menawarkan berbagai layanan, sehingga antara satu jasa dengan jasa lainnya memiliki perbedaan.

Berkaitan dengan hal tersebut, bagaimana cara memilih asuransi properti yang paling tepat untuk melindungi aset berharga anda? Berikut langkah tepatnya:

1. Berapa Harga Properti Anda?

Sebelum Anda menentukan asuransi properti yang akan digunakan, ada baiknya untuk menghitung semua aset yang Anda miliki. Dengan begitu, maka Anda bisa menentukan harga premi yang akan digunakan agar sesuai dengan set yang dimiliki. Selain itu, ketika Anda membeli asuransi biasanya diminta untuk mengisi kolom harga aset yang meliputi harga rumah beserta isinya.

2. Mencari Asuransi Properti Yang Terpercaya

Hal yang harus Anda perhatikan dalam menentukan asuransi properti adalah pilih yang terpercaya dan berpengalaman. Lalu bagaimana untuk mencari jasa yang berpengalaman? Layanan asuransi properti biasanya memiliki situs internet yang bisa diakses oleh pelanggan.

Nah, dengan situs tersebut maka Anda bisa mencari informasi mengenai kredibilitas perusahaan, klaim layanan, rasio keluhan pelanggan, serta berbagai informasi lainnya tentang kekurangan dan kelebihan jasa tersebut.

3. Menanyakan Coverage dan Perluasannya

Salah satu hal yang harus Anda pastikan adalah coverage dan perluasannya, sehingga Anda perlu menanyakan hal tersebut. Misalnya apa yang tidak dicover dan apa yang dicover, serta apa yang dapat menjadi perluasannya? Sehingga pastikan Anda bisa mengetahui detail tersebut.

Sebab memang tak semua bencana akan dijamin oleh asuransi properti, contohnya kebakaran yang sengaja dilakukan oleh pemilik properti.

4. Memilih Polis yang Tepat

Seperti yang telah dijelaskan di atas tentang alasan mengapa perlu memiliki asuransi properti, nah berkaitan dengan hal tersebut asuransi yang Anda pilih bukan hanya yang mampu mengkompensasi uang yang hilang dalam bencana saja, namun juga mampu digunakan untuk memperbaiki pasca bencana, sehingga rumah dan seluruh isinya bisa dijamin dengan baik.

5. Memilih Cakupan Yang Memadai

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah menentukan uang pertanggungan yang akan Anda peroleh sesuai dengan penilaian barang yang Anda miliki, sehingga nantinya uang pengganti akan lebih maksimal.

Dalam hal ini tentunya Anda harus memahami elemen yang akan ditanggung oleh pihak asuransi, sehingga pastikan Anda memilih polis tertentu sesuai dengan cakupan wilayah dimana properti Anda berada. Misalnya jika Anda berada di wilayah rawan banjir, maka polis yang diperhatikan adalah asuransi banjir.

6. Memperhatikan Rasio Penyelesaian Klaim Perusahaan Ssuransi

Hal yang terkadang menjadi salah sasaran oleh orang yang memilih asuransi properti adalah harga premi yang rendah. Padahal harga premi yang rendah bisa saja pelayanannya tak lengkap, sehingga jangan jadikan harga premi sebagai patokan. Meski demikian, harga premi yang mahal juga perlu Anda waspadai, sebab bisa saja pelayanannya juga tak sesuai dengan yang diharapkan.

Nah, untuk mencari jasa yang baik, cara efektif yang bisa digunakan adalah melihat rasio penyelesaian klaim yang dilakukan, jika semakin tinggi tingkat penyelesaiannya maka semakin baik jasa tersebut. Untuk mengetahuinya, maka Anda bisa melihat dalam situs resminya di internet.

7. Konsultasi Kepada yang Berpengalaman

Jika segala hal telah Anda cari namun masih ragu, maka coba konsultasi secara langsung kepada jasa asuransi properti tersebut, sehingga Anda bisa menanyakan segala hal yang dibutuhkan.

Sebagai perlindungan terhadap aset berharga Anda tentunya memilih asuransi properti harus secara tepat. Namun satu hal yang harus menjadi patokan yakni harga premi yang Anda keluarkan harus sesuai dengan harga aset yang dimiliki dan pergantian yang akan didapatkan apabila terjadi risiko.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × three =