LOADING

Type to search

Asuransi Asuransi Kesehatan

Macam-Macam Asuransi Kesehatan di Indonesia yang Perlu Anda Ketahui

Share

Mykredit.co.id – Membicarakan tentang asuransi kesehatan pasti bukan hal yang asing lagi bagi Anda, terutama Anda yang bekerja di perkantoran atau instansi pemerintah. Sebelum Anda mengikuti layanan asuransi kesehatan ini, ada baiknya untuk mengetahui macam-macam atau jenis asuransi kesehatan yang ada di Indonesia. Produk asuransi yang diberikan satu dengan yang lainnya ini dibedakan berdasarkan macam-macam asuransi kesehatan tersebut.

Beda macam asuransi kesehatan beda juga produk asuransi yang akan Anda dapat. Karena semakin banyaknya perusahaan besar yang menawarkan jasa asuransi, maka penting sekali bagi Anda untuk mengetahui apa saja macam-macam asuransi kesehatan yang tersedia di Indonesia. Berikut penjelasannya dengan lebih detail mengenai hal apa saja yang membedakan jenis asuransi kesehatan tersebut, simak baik-baik ya.

1. Pengelola Dana

Jenis-jenis asuransi kesehatan yang disediakan di Indonesia salah satunya dibedakan berdasarkan pengelola dana. Dari pengelola dana sendiri masih dibagi lagi menjadi dua kategori yaitu dana yang berasal dari pemerintah dan dana yang berasal dari pihak perusahaan swasta.

Kedua asal dana asuransi kesehatan ini juga memiliki kelemahan dan kelebihan tersendiri, dana asuransi yang berasal dari pemerintah misalnya, biaya asuransi yang berasal dari pemerintah lebih mudah untuk diawasi, namun yang menjadi kekurangannya adalah adanya mutu pelayanan yang kurang baik.

Sebut saja hal-hal yang terjadi di instansi kesehatan, rumah sakit contohnya, terkadang pihak rumah sakit akan menanyakan apakah pasien yang ditangani memiliki jaminan kesehatan atau tidak. Jika jaminan kesehatannya berasal dari pemerintah, biasanya pihak rumah sakit kurang memberikan pelayanan yang kurang baik.

Berbeda dengan ketika dana asuransi tersebut berasal dari perusahaan swasta, keuntungannya di sini adalah mutu pelayanan rumah sakit yang lebih cepat dan baik. Sehingga jika Anda menggunakan jaminan asuransi yang berasal dari perusahaan swasta, Anda memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pelayanan yang lebih memuaskan daripada jaminan kesehatan asuransi yang berasal dari pemerintah.

2. Anggota

Kedua, asuransi kesehatan juga dibedakan berdasarkan anggota. Berdasarkan anggotanya ini juga dibedakan lagi menjadi dua jenis yaitu sukarela dan wajib. Jika wajib, maka semua anggota diwajibkan untuk mengikuti polis yang telah ditetapkan oleh pihak perusahaan swasta tersebut.

Biasanya hal tersebut diberlakukan oleh perusahaan besar untuk para karyawannya. Pembayaran premi asuransi itu sendiri akan diambil dari potongan gaji bulanan karyawan.

Namun jika asuransi kesehatan itu bersifat sukarela, setiap individu memiliki kebebasan untuk ikut ataupun tidaknya mengikuti asuransi kesehatan yang disediakan. Asuransi kesehatan jenis ini didasarkan oleh keinginan dari individu itu sendiri yang nantinya akan mengikuti keinginan atau kebutuhan setiap individu.

3. Dana yang Ditanggung

Jenis-jenis asuransi kesehatan yang ketiga juga dibedakan berdasarkan dana yang akan dikeluarkan sebagai jaminan asuransi. Setiap kebijakan asuransi memiliki kebijakan yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.

Ada yang mengeluarkan dana asuransi yang menanggung seluruh biaya kesehatan yang dikeluarkan oleh nasabahnya ada juga yang tidak. Biasanya, biaya yang ditanggung oleh jaminan asuransi kesehatan jenis pertama ini seperti biaya rawat jalan, rawat inap, biaya melahirkan dan sebagainya.

Sedangkan untuk jenis asuransi yang kedua, dana yang ditanggung oleh jaminan asuransi hanya biaya kesehatan yang tinggi saja, misalnya biaya operasi atau bedah. Tidak dengan menanggung biaya rawat inap atau rawat jalan dan sebagainya seperti jenis pertama dimana semua biaya rumah sakit ditanggung secara keseluruhan oleh jaminan asuransi kesehatan tersebut.

4. Tanggungan

Asuransi juga dibedakan berdasarkan banyaknya jumlah tanggungan yang akan ditanggung oleh jaminan asuransi kesehatan. Ini juga dibedakan menjadi dua jenis lagi, ada biaya asuransi yang ditujukan untuk kelompok ada juga biaya asuransi yang dikhususkan untuk personal.

Untuk biaya asuransi kelompok, biasanya asuransi akan menanggung seluruh anggotanya. Jika jaminan asuransi itu dikhususkan untuk personal maka jaminan asuransi tersebut juga hanya diberikan kepada personal itu saja.

5. Penggantian

Cara penggantian kerugian atau dana tiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan yang berbeda alias tidak sama. Ada yang reimbursement dan ada juga yang cashless. Tentunya kedua sistem ini memiliki kelebihan dan kelemahan yang berbeda-beda juga.

Jika sistem yang digunakan reimbursement maka nasabah diharuskan untuk mengajukan klaim terlebih dahulu kepada pihak perusahaan asuransi dengan catatan bahwa nasabah harus membayar biaya rumah sakit menggunakan dana pribadi terlebih dahulu.

Sedangkan jika menggunakan sistem cashless maka asuransi kesehatan akan memberikan ganti rugi secara langsung kepada pihak nasabah dengan cara menyerahkan kartu anggota kepada pihak rumah sakit yang berada di dalam jaringan.

Itulah beberapa hal yang membedakan macam-macam jaminan asuransi kesehatan yang ada di Indonesia, baik jaminan asuransi yang diberikan oleh pemerintah maupun jaminan asuransi kesehatan yang diberikan oleh perusahaan swasta. Tentunya pengetahuan ini sangat penting untuk dimengerti sebagai bahan pertimbangan sebelum Anda mengikuti jaminan asuransi yang disediakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 2 =