Type to search

Gaya Hidup Investasi Properti Kredit

Mana yang Lebih Baik Antara Sewa Rumah VS Nyicil KPR?

myKredit.co.id – Rumah menjadi salah satu kebutuhan pokok yang harus Anda penuhi. Tak ayal, jika memiliki rumah merupakan salah satu impian bagi semua orang. Namun, harga rumah yang tidak murah membuat sebagian besar orang harus berpikir kembali untuk bisa memiliki sebuah rumah. Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memiliki sebuah rumah yang diidam-idamkan.

Anda bisa mendapatkan rumah yang Anda inginkan dengan melakukan sewa rumah. Namun. Sebagian dari Anda pasti akan berpikir bahwa lebih baik untuk membeli sebuah rumah dengan cara cicil KPR atau Kredit Pemilikan Rumah. Lalu, manakah cara yang lebih tepat antara sewa rumah VS nyicil KPR? Untuk memberikan pemahaman bagi Anda, berikut ini ada beberapa cara untuk mempertimbangkan keputusan antara memilih sewa rumah VS nyicil KPR.

1. Hitung Jumlah Pendapatan Suami dan Istri Secara Keseluruhan

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan menghitung jumlah pendapatan Anda beserta pasangan Anda secara keseluruhan. Misal total pendapatan yang didapatkan ialah Rp 10 juta perbulannya.

Anda tidak hanya menggunakan semua uang tersebut untuk memulai mencicil KPR. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan beberapa hal seperti kebutuhan sehari-hari, tabungan masa depan dan yang lain sebagainya.

Nah, jika Anda dan pasangan pandai dalam mengatur keuangan, tentu saja bukan menjadi hal yang sulit untuk bisa memulai mencicil rumah. Dengan menggunakan cara yang satu ini, Anda bisa memutuskan untuk mulai mencicil KPR atau masih menyewa rumah.

2. Bandingkanlah Harga Antara Sewa Rumah Dengan Cicil KPR

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan antara sewa rumah VS kredit rumah ialah dengan membandingkan besarnya harga yang harus Anda keluarkan. Jika Anda sudah menghitung jumlah gati total Anda dengan pasangan dan sudah dikurangi dengan beberapa kebutuhan, saatnya Anda mulai menghitung besarnya harga antara sewa rumah ataupun cicil KPR.

Akan tetapi, Anda tidak hanya membandingkan harga sewa atau cicilannya saja. Bandingkan juga kelayakan tempat tinggal And. Misal, Anda mengontrak rumah dengan biaya Rp 2 juta perbulannya, namun dengan kondisi rumah yang sempit dan tidak memiliki banyak ruangan.

Tentu saja, lebih baik bagi Anda untuk mulai menyicil rumah dengan harga yang sedikit lebih mahal agar bisa menempati rumah yang lebih luas dan nyaman. Bagaimana menurut Anda?

3. Mulailah Untuk Menyurvei Harga, Lokasi dan Menghitung Cicilan KPR

Memang tidak ada salahnya jika Anda memutuskan untuk menyewa sebuah rumah. Namun, sebagai sebuah keluarga tentu saja Anda membutuhkan sebuah rumah milik Anda sendiri untuk Anda tempati. Oleh sebab itu, bisa dibilang antara sewa rumah VS nyicil KPR lebih baik jika Anda memulai untuk membeli rumah dengan cara mencicilnya.

Nah, Anda bisa memulai untuk menyurvei harga rumah yang akan Anda beli beserta lokasinya. Pastikan juga Anda memilih lokasi yang strategis agar tidak terlalu jauh dengan tempat kerja Anda ataupun beberapa fasilitas public lainnya.

Jangan lupakan pula untuk menghitung cicilan KPR atau Kredit Pemilikan Rumah yang harus Anda bayarkan perbulannya. Namun, jika Anda tidak memiliki jumlah uang yang lebih banyak, Anda bisa mencari rumah di pinggiran kota dengan fasilitas rumah yang tidak terlalu buruk tentunya.

4. Mulailah Untuk Mengalokasikan Pendapatan Anda Sebagai Uang Muka

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan memulai untuk mengalokasikan pendapatan Anda dan pasangan sebagai uang muka untuk membeli sebuah rumah. Anda tidak harus untuk melakukannya dengan jumlah uang yang besar sekaligus.

Akan tetapi, Anda bisa memulai untuk menabung sedikit demi sedikit sehingga bisa terkumpul uang sebagai uang muka untuk membeli rumah yang Anda idamkan. Jika sudah bisa membeli sebuah rumah, jangan lupa untuk menyisihkan pendapatan Anda dan pasangan untuk mulai mencicil KPR yang harus dibayarkan.

5. Lakukan Cara Mencicil Rumah Dengan Menggunakan KPR Terbaik

Nah, setelah Anda dan pasangan mulai memutuskan untuk menyicil rumah, itu artinya Anda bisa selangkah lebih maju. Namun pastikan juga, jangan sampai Anda sembarangan dalam hal memilih cicilan KPR. Jika Anda salah dalam memilih cicilan KPR yang harus dilakukan, tentu saja hal tersebut akan membuat cicilan Anda menjadi berantakan nantinya karena kondisi keuangan yang tidak menentu.

Oleh sebab itu, carilah bank atau lembaga pembiayaan yang memberikan kemudahan bagi para nasabahnya untuk melakukan cicilan KPR. Jelilah untuk memilih bank terbaik yang tidak akan menyulitkan nasabah terutama dalam hal mencicil KPR.

Setelah Anda memahami penjelasan tentang beberapa poin mengenai sewa rumah VS nyicil KPR diatas, mungkin Anda akan berpikir bahwa mencicil rumah jauh lebih baik jika dibandingkan harus menyewa rumah dalam jangka waktu yang lama.

Namun ingat, jika Anda memutuskan untuk mulai mencicil rumah jangan lakukan secara terburu-buru. Apalagi jika Anda tidak memiliki pendapatan stabil. Anda bisa memulai untuk menabung uang terlebih dahulu untuk membeli rumah pada saat masih menyewa rumah. Nah, semoga sewa rumah VS nyicil KPR ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Leave a Comment