LOADING

Type to search

Kredit Otomotif

Mau Kredit Mobil Impian? Yuk Coba Hitung Dulu Dengan Simulasi Kredit Mobil

Share

Mykredit.co.id – Mobil sebagai transportasi pribadi, meski di Indonesia sendiri jumlahnya tidak semarak sepeda motor, namun rupanya dengan memiliki mobil Anda akan mendapatkan banyak manfaat. Seperti dapat mengangkut lebih 2 orang, lebih aman baik dari panas maupun hujan, juga sedikit-banyak bisa meningkatkan “kelas hidup” Anda.

Bagi Anda yang ingin memiliki mobil, mulai dari mobil standar hingga mobil-mobil mewah, jangan khawatir karena kini banyak sekali kemudahan yang bisa Anda dapatkan. Anda bisa membelinya secara tunai atau sekali lunas, dan membelinya melalui kredit mobil.

Nah, sebelum menentukan kredit tersebut, Anda bisa mencoba menghitungnya sendiri dengan perhitungan simulasi kredit mobil dan mempertimbangkan beberapa hal. Simulasi kredit mobil merupakan suatu proses yang dilakukan oleh pihak bank atau debitur dengan nasabah guna mengetahui perhitungan terkait biaya yang akan dikenakan kepada peminjam.

Karena bentuk dari kredit mobil itu sendiri sangat beragam, maka jenis simulasi kredit pun juga bermacam-macam. Nah, berikut beberapa contoh simulasi kredit mobil dari berbagai jenis kredit mobil:

a. Kredit Mobil Baru

Jika Anda akan membeli mobil dengan kondisi masih baru, tentu perhitungan simulasi kredit mobil tersebut tidak bisa diabaikan begitu saja. Mengingat harganya yang lebih mahal daripada mobil bekas, tentu akan menjadikan Anda lebih teliti dan berhati-hati dalam membelinya. Sehingga Adanya simulasi kredit mobil sebelum menentukan pilihan kredit memang sangat diperlukan.

Keuntungan dari kredit untuk mobil baru yaitu memperkecil kemungkinan terjadinya kerusakan sebelum kredit Anda lunas. Selain itu, dengan kondisi mobil yang masih baru, Anda akan mendapatkan masa garansi yang lebih lama.

Kini dengan semakin banyak dan bervariasinya mobil yang dikeluarkan atau diproduksi, maka tidak sulit lagi untuk Anda membeli mobil baru tersebut. Nah, untuk pengajuan kredit mobil baru, biasanya bisa langsung Anda lakukan dengan main dealer atau showroom yang sudah dipilih untuk bekerjasama dengan pihak leasing.

Untuk pembelian mobil baru, biasanya penawaran tidak dilakukan oleh pihak leasing, melainkan oleh pihak showroom. Oleh karena itu, perhitungan simulasi kredit mobil juga dilakukan oleh pihak showroom dan pihak peminjam.

b. Kredit Mobil Bekas

Memilih mobil tak harus dengan kondisi yang masih baru, kredit mobil dengan kondisi bekas juga bisa menjadi alternatif lain selama kondisi mobil tersebut masih bagus. Untuk memperoleh mobil bekas tersebut Anda bisa ke showroom atau langsung ke pemilik sebelumnya saja.

Keuntungan dari kredit mobil bekas yaitu Anda tetap bisa mendapatkan mobil yang Anda inginkan dengan anggaran yang lebih sedikit dari mobil baru. Untuk mendapatkan kredit tersebut, Anda bisa membeli langsung dari leasing yang menawarkan kredit dengan DP atau uang muka yang ringan serta kemudahan dalam urusan administrasi dan lainnya.

Meskipun mobil bekas, Anda juga perlu untuk melakukan perhitungan simulasi kredit mobil. Nah berikut contoh untuk simulasi kredit mobil bekas:

  • Harga OTR (harga mobil bekas) sebesar Rp 100.000.000,-
  • Uang Muka 30% dari harga OTR yaitu Rp 30.000.000,-
  • Tenor/jangka waktu (bulan) yaitu 48 bulan
  • Suku bunga pertahunnya sebesar 7,0%
  • Suku bunga flat untuk perbulannya sebesar 0,538%
  • Jadi hasil akhirnya yaitu sisa cicilan Rp 70.000.000,- dan cicilan yang harus dibayar setiap bulannya adalah Rp 1.866.667,-

Nah, setelah menentukan jenis kredit yang akan Anda pilih dan melakukan perhitungan simulasi kredit mobil, Anda juga sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Tentukan Dahulu Model Serta Fitur Mobilnya

Model dan fitur yang terdapat pada unit mobil tersebut tentunya disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Misal tujuan Anda membeli mobil adalah agar dapat mengangkut keluarga besar atau lebih dari 4 orang, maka sebaiknya pilihlah mobil dengan kapasitas banyak dan besar.

Adapun untuk fiturnya sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan berkendara Anda. Seperti penyesuain fitur mobil bagi Anda yang sering berkendara di daerah rawan macet, daerah pegunungan, pedesaan, dan lain-lain.

2. Pilih Tempat Kredit Yang Tepat

Setelah memilih jenis mobil, tentukan juga tempat yang akan Anda jadikan untuk pengajuan kredit tersebut. Pilihlah tempat dengan kredibilitas tinggi dan pelayanan serta kemudahan yang menguntungkan Anda.

3. Pilihlah Mobil dan Jenis Kredit Sesuai Dengan Kemampuan

Dari beberapa tempat pengajuan kredit, tentu akan menawarkan berbagai pilihan jenis kredit. Oleh karena itu, pilihlah kredit yang tidak memberatkan dan membebani kebutuhan hidup Anda lainnya, atau dengan kata lain memilih kredit sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

4. Siapkan Minimum 30% Dari Harga Keseluruhan Mobil

Dalam perhitungan simulasi kredit mobil, taksiran uang muka atau DP pasti selalu dicantumkan. Sebagaimana yang tercantum pada Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 17/10/PBI/2015 mengenai LTV atau Rasio Financing To Value, untuk kendaraan roda 3 atau lebih yang digunakan untuk kegiatan yang non produktif nasabah cukup membayar uang muka 25 persen dari harga jual.

Namun mayoritas leasing, showroom, atau tempat kredit lainnya menetapkan angka 30% sebagai uang muka kredit tersebut.

5. Lakukan Perhitungan Simulasi Kredit Mobil

Meskipun perhitungan simulasi kredit mobil biasanya dilakukan oleh pihak debitur, namun sebelum mengajukan kredit tak ada salahnya Anda menghitung sendiri simulasi kredit mobil tersebut.

6. Lengkapi Semua Persyaratan dan Dokumen Untuk Pengajuan Kredit

Seperti halnya persyaratan pengajuan kredit regular lainnya, pengajuan kredit mobil juga memerlukan persyaratan dokumen seperti fotocopy KTP, KK (Kartu Keluarga), PBB (Pajak Bumi dan Bangunan), slip gaji, dan fotocopy rekening selama 3 bulan terakhir.

7. Lakukan Test Drive Atau Pengujian Kendaran

Agar lebih yakin lagi, Anda juga perlu melakukan test drive atau uji coba kendaraan guna memastikan kendaraan tersebut baik-baik saja dan sesuai dengan keinginan Anda.

Baik memilih kredit untuk mobil baru maupun bekas, pastikan Anda memilihnya dengan teliti dan hati-hati. Jangan lupa untuk melakukan berbagai pertimbangan, mulai dari perhitungan simulasi kredit mobil hingga berkonsultasi dengan keluarga, teman, rekan, atau ahli konsultan untuk memastikan kredit yang Anda ambil adalah pilihan yang tepat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 4 =