LOADING

Type to search

Asuransi Asuransi Unit Link

Mengenal Asuransi Unit Link beserta Keuntungan dan Kerugiannya

Share

Mykredit.co.id – Pernahkah Anda mengetahui apa itu asuransi unit link? Atau pernahkah Anda ditawari oleh agen asuransi dan dijelaskan mengenai unit link ini? Jika Anda belum paham dengan apa itu asuransi unit link namun Anda tertarik untuk menginvestasikan dana Anda, maka Anda perlu mengetahui dengan detail apa itu asuransi unit link beserta keuntungan dan kerugiannya.

Asuransi unit link adalah asuransi yang saat ini paling banyak dipasarkan oleh perusahaan asuransi dimana asuransi unit link ini tidak hanya dapat memberikan Anda manfaat perlindungan, namun juga manfaat investasi. Melalui website mykredit ini Kami coba jabarkan sedikit mengenai asuransi tipe ini.

Manfaat perlindungan diperlukan untuk melindungi Anda dari sejumlah risiko seperti meninggal dunia, sakit, atau cacat permanen. Jadi, jika pencari nafkah utama mengalami salah satu dari resiko tersebut, maka asuransi dapat membantu meringankan beban seperti menanggung biaya pengobatan, menanggung biaya mobil yang tertabrak dan lain sebagainya.

Perusahaan asuransi juga akan menjadikan premi yang Anda bayarkan sebagai modal investasi, itulah sebabnya selain mendapatkan manfaat perlindungan, Anda juga akan mendapatkan manfaat investasi sekaligus.

Namun yang perlu Anda ketahui adalah bahwa investasi ini sangat erat kaitannya dengan kondisi pasar saham, dimana Anda akan mendapatkan keuntungan jika harga saham naik dan begitu juga sebaliknya, Anda akan mendapatkan kerugian ketika harga saham turun dikarenakan kondisi pasar saham yang memang tidak stabil.

Di perusahaan asuransi unit link tersebut Anda dapat memilih dan menentukan sendiri dimana dana Anda akan diinvestasikan. Anda juga dapat memilih lebih dari satu instrumen investasi, diantaranya reksa dana saham, reksa dana pendapatan tetap atau reksa dana campuran.

Asuransi unit link ini erat kaitannya dengan kondisi pasar saham, oleh karena itu Anda membutuhkan pemahaman khusus yang bisa Anda tanyakan secara detail kepada perusahaan asuransi. Jika Anda tidak memiliki pemahaman tentang pasar saham sama sekali, investasi ini menjadi sangat riskan karena Anda bisa mengalami kerugian atau bahkan kehilangan dana Anda jika sewaktu-waktu harga saham turun.

Berikut merupakan keuntungan asuransi unit link yang perlu Anda ketahui :

  1. Premi yang Anda bayarkan tidak akan hangus bahkan dapat dicairkan. Berbeda dengan asuransi jiwa murni yang preminya akan hangus ketika Anda tidak mengalami resiko tanggungan hingga masa asuransi habis.
  2. Asuransi jiwa memiliki masa tanggungan yang lebih lama, yaitu sampai usia 75, 80 bahkan 100 tahun tergantung pada kebijakan perusahaan asuransi. Dimana masa tanggungan ini lebih lama daripada asuransi jiwa murni.
  3. Anda akan mendapatkan dua manfaat ketika membayarkan premi, yaitu manfaat perlindungan dan manfaat investasi sekaligus.
  4. Investasi Anda akan ditangani secara profesional oleh ahli dari perusahaan asuransi jadi Anda tidak perlu repot menangani investasi Anda sendiri.
  5. Menawarkan rider atau asuransi tambahan, jadi Anda tidak perlu mencari asuransi tambahan lain karena semua sudah tersedia dalam asuransi unit link.

Selain mempunyai beberapa keuntungan, terdapat juga sejumlah kerugian dalam asuransi unit link yang harus Anda perhatikan secara seksama, diantaranya:

  1. Manfaat investasi yang tidak maksimal karena asuransi unit link lebih fokus kepada manfaat perlindungan.
  2. Premi asuransi yang lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi jiwa murni.
  3. Anda tidak akan mendapatkan jaminan keuntungan dalam berinvestasi karena investasi Anda tergantung pada kondisi pasar saham.
  4. Nilai perlindungan yang lebih kecil dibandingkan dengan asuransi jiwa murni.

Beberapa daftar di atas merupakan keuntungan dan kerugian asuransi unit link yang penting untuk Anda cermati. Namun yang tidak kalah penting, Anda juga harus memperhatikan perencanaan keuangan Anda berdasarkan kemampuan keuangan yang Anda miliki.

Salah satu tips perencanaan keuangan yang sebaiknya Anda lakukan terkait dengan asuransi adalah Anda harus menentukan tujuan awal perencanaan keuangan Anda.

Tujuan Awal Perencaan Keuangan

Secara prinsip ada 2 hal yang harus Anda pahami di awal, yaitu Anda mencari produk perlindungan atau produk investasi.

Jika Anda mencari produk perlindungan, misal karena usia Anda yang menginjak 50 tahun, maka Anda perlu mengambil asuransi murni tanpa investasi, misal asuransi jiwa, asuransi kesehatan, personal accident dan lain sebagainya.

Anda juga masih dapat berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan yang besar dengan mengambil produk murni investasi tanpa ada perlindungan, misalnya saham, reksa dana, komoditas emas dan lain sebagainya. Kedua pilihan tersebut akan memberikan hasil yang maksimal bagi tujuan keuangan Anda.

Namun bagaimana jika Anda menginginkan kombinasi dari kedua pilihan di atas? Memang hasilnya tidak akan semaksimal jika Anda mengambil salah satu produk saja, namun Anda akan mendapatkan kedua tujuan keuangan sekaligus, yaitu perlindungan dan investasi, yang berarti nilai premi yang Anda bayarkan akan bertumbuh dan Anda juga akan mendapatkan perlindungan sesuai dengan pilihan yang Anda ambil.

Jadi, yang harus Anda lakukan adalah menentukan tujuan awal perencanaan keuangan Anda dengan cermat terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk mengambil asuransi. Anda juga harus memperhatikan segala informasi terkait asuransi dengan detail agar jangan sampai Anda merasa dirugikan. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 4 =