LOADING

Type to search

Deposito Investasi

Mengenal Investasi Deposito dan Tips Mendapat Keuntungan

Share

Mykredit.co.id – Berbicara tentang masalah keuangan, investasi merupakan salah satu bahasan yang tidak bisa dipisahkan. Ya, salah satu langkah besar di mana Anda bisa memiliki keuangan yang lebih baik adalah dengan cara berinvestasi. Namun, meskipun investasi memberikan harapan yang jelas untuk masa depan, beberapa orang masih ragu dan mengurungkan niat karena khawatir dengan risiko yang bisa terjadi.

Keraguan yang muncul tersebut tentu saja akan menjadi hambatan yang nantinya akan menahan Anda untuk mengembangkan keuangan. Sekarang ini, ada cukup banyak jenis investasi yang bisa dipilih. Beberapa pilihan investasi tersebut tentu saja akan memberikan keleluasaan bagi Anda untuk memilih. Salah satu investasi yang cukup banyak dipilih bagi investor pemula adalah investasi deposito.

Apa itu Investasi Deposito?

Beberapa dari Anda mungkin masih awam dengan term investasi deposito. Nah, lantas apa itu investasi deposito? Investasi deposito merupakan sebuah investasi yang dilakukan dengan cara menyimpan uang di bank dan tidak mengambilnya dalam batasan waktu yang sudah ditentukan. Keuntungan investor akan didapatkan dari suku bunga yang diberikan oleh bank.

Perlu diketahui, suku bunga deposito biasanya lebih tinggi dari suku bunga tabungan. Selain itu, jika dilihat dari cara kerjanya, investasi ini tergolong mudah dan sederhana.

Berbeda dengan tabungan yang bunganya di hitung setiap hari, dalam investasi deposito bunga akan dibayarkan pada akhir periode investasi saja. Karena adanya jangka waktu dan suku bunga yang tetap, maka Anda akan bisa lebih mudah untuk menghitung total bunga yang Anda akan dapatkan pada akhir periode investasi deposito.

Strategi Mendapat Keuntungan dalam Investasi Deposito

Meskipun investasi deposito terlihat mudah dari cara kerja yang diperlukan, Anda tetap perlu memiliki strategi dalam berinvestasi. Strategi ini akan membantu Anda untuk mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal dari investasi yang Anda lakukan. Selain itu, dengan strategi ini maka Anda juga bisa meminimalkan risiko yang merugikan.

Lantas, apa saja strategi yang bisa diterapkan dalam menjalankan investasi deposito ini? Berikut ulasan selengkapnya.

Menentukan Jangka Waktu

Sebagian telah dijelaskan di awal bahwa investasi deposito merupakan investasi dengan jangka waktu. Oleh karena itu, hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum menentukan untuk menjalankan investasi deposito adalah menentukan jangka waktu. Nah, jangka waktu yang ditawarkan oleh pihak bank dalam hal ini memang cukup beragam mulai dari mingguan, bulanan hingga tahunan.

Perlu diketahui bahwa investasi akan lebih menguntungkan jika jangka waktu yang dipilih semakin lama. Hal ini dikarenakan semakin lama investasi deposito yang dipilih, maka bunga yang akan didapatkan juga akan lebih besar.

Nah, oleh karena itu, cobalah untuk menentukan jangka waktu yang pas untuk mendapatkan hasil investasi yang lebih maksimal. Namun, Anda juga harus bisa memperkirakan kapan kira-kira Anda akan membutuhkan uang tersebut.

Membandingkan Suku Bunga

Keuntungan yang akan didapatkan dalam investasi deposito berasal dari suku bunga. Oleh karena itu, membandingkan suku bunga merupakan hal yang sangat penting agar Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal dalam berinvestasi.

Jika dilihat dengan saksama, masing-masing bank akan memberikan suku bunga yang berbeda dan kompetitif. Tentu, hal ini harus dipandang dengan teliti agar Anda tidak salah pilih.

Sebelum Anda memutuskan untuk menyimpan uang Anda dalam bentuk investasi deposito ke suatu bank, akan lebih baik jika Anda mencari serta membandingkan beberapa bank untuk mencari suku bunga yang paling tinggi.

Dengan memilih berinvestasi di bank dengan bunga yang lebih tinggi, bisa dipastikan bahwa keuntungan yang akan didapatkan tentu akan semakin tinggi.

Kini, Anda tidak perlu berkeliling bank untuk melihat suku bunga yang ditawarkan. Adanya internet akan memudahkan Anda untuk mencari informasi dan perbandingan suku bunga antar bank. Browsing, catat lalu teliti dan pilih bank mana yang memberikan bunga paling tinggi.

Membagi Dana Deposito

Strategi lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dari investasi deposito adalah dengan membagi dana deposito. Ini merupakan salah satu strategi yang cukup jitu untuk mendapatkan keuntungan yang lebih. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membagi dana ke beberapa bagian untuk dimasukkan dalam investasi deposito dengan jangka waktu yang berbeda-beda.

Sebagai perumpamaan, Anda memiliki dana 150 juta. Nah, dalam hal ini, Anda bisa membagi dana 50 juta untuk investasi deposito dalam jangka 1 tahun dan 100 juta untuk jangka waktu 2 tahun. Pembagian ini akan sangat menguntungkan karena Anda bisa melakukan penarikan dana dalam waktu yang relative singkat.

Selain itu, pembagian ini juga bisa menghindarkan Anda dari krisis keuangan pribadi yang diakibatkan oleh kehabisan uang cash karena jangka waktu deposito yang terlalu lama.

Dengan pembahasan di atas, Anda bisa melihat bahwa investasi deposito merupakan salah satu peluang bisnis yang menguntungkan untuk mengamankan manajemen keuangan. Jika Anda sudah paham dengan beberapa strategi yang disebutkan di atas, tidak ada salahnya jika Anda langsung mempraktekkannya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 7 =