Type to search

Bisnis Tips Trik

Mengenal Lebih Dalam PayPal Indonesia, fungsi & Cara Kerjanya

Mykredit.co.id – Trend belanja online tampaknya menjadi trend yang saat ini sedang digandrungi oleh banyak orang. Kemudahan belanja yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja tentunya menjadi nilai plus tersendiri. Hal itulah yang membuat belanja online bisa dibilang jauh lebih praktis terutama jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk berbelanja secara langsung.

Trend sistem belanja ini juga semakin digandrungi karena toko online juga semakin berkembang. Demi semakin mempermudah transaksi pembelian online, sistem pembayarannya kini juga semakin beragam. Kini, Anda bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit ataupun PayPal yang mana dapat Anda gunakan untuk melakukan transaksi di seluruh dunia. Yap, sudah pernah mendengar PayPal Indonesia bukan?

PayPal ini sendiri ialah sebuah rekening virtual yang di dalamnya menyediakan layanan jasa berupa transfer serta pembayaran yang dilakukan secara online. PayPal memiliki jaringan yang sangat kuat serta dapat melayani transaksi keuangan antar negara. Jadi, jangan heran jika Anda seringkali mendengar istilah ini di tengah-tengah obrolan orang-orang yang menggeluti bisnis di dunia internet.

Nah, sebagian dari Anda mungkin sudah mulai bertanya-tanya dan ingin mengenal fungsi dan cara kerja PayPal. Untuk dapat melakukan transaksi keuangan dengan menggunakan PayPal, maka Anda hanya bisa melakukannya dengan menggunakan e-mail atau surat elektronik.

Metode pembayaran dengan menggunakan PayPal yang satu ini pun juga terbilang cukup berbeda. Dimana uang yang harus Anda kirimkan haruslah berupa cek ataupun wesel pos, yang pada umumnya masih membutuhkan waktu lama untuk proses pengiriman.

Terdengar rumit? Namun Anda harus mengerti bahwa hal tersebutlah yang membuat PayPal lebih banyak digunakan oleh mereka yang sering melakukan belanja secara online. Hal ini dikarenakan transaksi yang menggunakan PayPal terbilang jauh lebih aman dan terjamin.

Alasan lain tentu karena PayPal dapat digunakan untuk transaksi antar negara. Hal tersebut tentu saja sangat berbeda jika dibandingkan dengan transaksi online banking yang hanya terbatas pada satu negara saja. Tak heran, jika PayPal juga banyak digunakan oleh para pebisnis online demi kelancaran bisnis yang mereka jalankan.

Setelah membaca beberapa penjelasan tadi, sudah cukupkah Anda mengenal fungsi dan cara kerja PayPal ini? Apakah Anda yang memiliki PayPal Indonesia sudah pasti bisa menggunakannya? Berikut beberapa fungsi dari PayPal yang harus Anda tahu:

1. Melakukan Transaksi Tanpa Harus Repot Menghitung Biaya Tambahan

Salah satu kelebihan yang membuat PayPal banyak disukai ketimbang harus menggunakan kartu kredit ialah Anda tak harus pusing-pusing memikirkan biaya tambahan karena adanya biaya transfer antar bank.

Hanya dengan memanfaatkan PayPal, Anda tak perlu repot menghitung besaran biaya administrasi yang harus dikeluarkan. Biaya transaksi ini hanya akan diperuntukan bagi setiap transaksi komersial saja, termasuk juga saldo transaksi yang statusnya masih dalam tertunda. Nah, jika Anda menggunakan PayPal, tak perlu ragu atau takut tentang biaya transaksi yang harus Anda keluarkan.

2. Dapat Melakukan Donasi Hanya Dengan Menggunakan Satu Tombol

Ketika Anda menggunakan sebuah aplikasi gratis, maka Anda akan diminta untuk memberikan apresiasi bagi si pembuatnya. Tentu saja, beberapa aplikasi gratis yang ada pastinya akan memberikan sebuah layanan bagi Anda untuk bisa memberikan aplikasi yang Anda gunakan. Nah, PayPal ini memiliki layanan apresiasi yang bisa Anda lakukan hanya dengan satu tombol dan tanpa ribet.

3. PayPal Memiliki Fleksibilitas Fungsi di Berbagai Perangkat

Anda bisa melakukan pembayaran di akun PayPal melalui berbagai macam situs pembayaran baik di situs mobile, desktop maupun aplikasi. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu memasukkan alamat e-mail dan juga kata kunci dari akun PayPal itu sendiri.

Nah, banyak hal yang menguntungkan dari PayPal itu sendiri. Meski Anda harus melakukan transaksi lintas negara, namun PayPal akan membantu Anda untuk melakukan konversi mata uang secara otomatis. Jadi, Anda tak perlu repot lagi untuk menghitung jumlah pembayaran pada saat berbelanja. Sangat mudah dan praktis bukan?

4. Pengembalian Dana Dari Penjual Dengan Cara yang Lebih Praktis

Nah, fungsi dari PayPal selanjutnya ialah dapat memberikan pengembalian dengan cara yang lebih praktis dan mudah dari penjual. Nah, di beberapa toko online, apabila barang yang Anda pesan tidak sesuai dengan deskripsi yang terdapat di toko online tersebut, maka dana atau uang yang sudah dibayarkan akan dikembalikan ke akun PayPal milik Anda.

Tak hanya itu saja, bahkan beberapa penjual juga telah menyetujui kebijakan tentang mengganti biaya pengembalian dari barang apabila harus melakukan penggantian. Sangat menguntungkan bukan?

5. Sistem Pembayaran yang Sangat Dipercaya di Seluruh Dunia

Dengan berbagai macam kelebihan yang dimilikinya tersebut, tak heran jika hal ini membuat PayPal menjadi salah satu sistem pembayaran belanja online yang sangat dipercaya di seluruh dunia. Cara pembayaran yang sangat mudah dengan keamanan yang terjamin membuat PayPal menjadi sistem pembayaran yang lebih dipercaya.

Sangat bermanfaat bukan beberapa fungsi yang bisa Anda dapatkan dari PayPal itu sendiri? Selain itu, fungsi dari PayPal juga memberikan gambaran mengenai kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika Anda menggunakan PayPal.

Setelah Anda mengetahui apa saja fungsi yang kiranya bisa didapatkan jika Anda menggunakan PayPal, maka penting juga bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara kerja dari PayPal itu sendiri. Tentu saja, cara kerja yang dimiliki oleh PayPal itu sendiri sangat menguntungkan baik bagi para penjual ataupun pembeli.

Lalu, bagaimana cara kerja dari PayPal untuk para pembeli dan penjual? Selengkapnya akan dibahas di bawah ini:

1. Cara Kerja PayPal untuk Pembeli

Bagi Anda yang ingin melakukan pembayaran, Anda bisa melakukan beberapa cara seperti di bawah ini:

  • Apabila Anda sudah menghubungkan rekening PayPal dengan kartu kredit ataupun debit, maka jumlah pembayaran yang harus Anda bayarkan bisa dipotong dari kartu debit ataupun kartu kredit apabila saldo PayPal yang Anda miliki tersebut tidak mencukupi.
  • Namun, apabila saldo PayPal mencukupi, Anda bisa langsung melakukan pembayaran dan jumlah saldo pun akan segera dikurangi.

2. Cara Kerja PayPal Untuk Penjual

Nah, selain memiliki kemudahan bagi para pembeli, akun PayPal juga bisa memberikan kemudahan bagi para penjual atau pebisnis online. Jika Anda sudah memberikan konfirmasi pada alamat email yang Anda miliki, maka Anda bisa langsung menerima pembayaran dengan menggunakan akun PayPal.

Selain itu, Anda juga mempunyai beberapa pilihan untuk mengakses uang Anda dengan mudah setelah Anda menerima pembayaran. Anda bisa menariknya ke rekening bank yang telah dihubungkan.

Bagaimana? sangat praktis dan menguntungkan bukan tentang cara kerja dari PayPal itu sendiri baik untuk para penjual maupun pembeli. Ya, banyaknya manfaat dan tingkat keamanan transaksi keuangan yang tinggi membuat PayPal menjadi salah satu sistem pembayaran yang sangat disarankan untuk Anda. Sekian pembahasan mengenai apa itu PayPal Indonesia, hingga mengenal fungsi dan cara kerja PayPal.

Leave a Comment