Type to search

Gaya Hidup Kesehatan

Pentingnya Gaya Hidup Sehat untuk Masa Depan Anda

myKredit.co.id – Kesehatan adalah impian setiap orang. Pernahkan Anda merasa iri ketika melihat sosok orang tua yang tampak sehat, segar dan bugar di masa senjanya? Ya, mereka pasti sosok yang menerapkan gaya hidup sehat di masa mudanya. Gaya hidup sehat yang Anda lakukan sejak dini akan mempengaruhi kesehatan Anda di masa mendatang. Oleh karena itu, Anda harus menerapkan gaya hidup sehat mulai dari sekarang.

Gaya hidup sehat adalah komitmen jangka panjang dengan manfaat positif yang menyeluruh bagi kesehatan tubuh dan kehidupan Anda. Meningkatnya kesehatan tubuh berpengaruh terhadap meningkatnya kualitas hidup serta akan membawa dampak yang positif bagi orang-orang di sekitar Anda.

Jika Anda beranggapan bahwa gaya hidup sehat adalah sesuatu yang sulit dilakukan dan tidak menyenangkan untuk dijalani, maka Anda harus menyingkirkan pikiran itu jauh-jauh. Ada banyak cara hidup sehat yang mudah untuk dilakukan. Kuncinya ada pada niat dan komitmen Anda untuk menjalaninya.

Berikut beberapa gaya hidup sehat yang mudah untuk dilakukan :

1. Hindari Tidur Larut Malam

Cara hidup sehat yang satu ini sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu menghindari tidur larut malam dan mempunyai waktu tidur yang cukup, yaitu minimal 6 jam sehari. Dengan porsi tidur yang cukup maka tubuh Anda mendapatkan waktu istirahat yang layak. Kekurangan waktu tidur akan berisiko terkena penyakit yang mematikan seperti kanker dan jantung.

Selain menghindarkan Anda dari penyakit yang berbahaya, tidur yang cukup akan membantu Anda memperoleh tubuh yang bugar dengan berat badan yang proporsional, serta membantu meningkatkan ingatan, merangsang kreativitas dan menghindarkan diri dari stres. Namun, tidur berlebihan juga mempunyai dampak buruk, yaitu menurunnya tingkat konsentrasi.

2. Berjemur untuk Mendapatkan Asupan Vitamin D

Vitamin mempunyai peran penting dalam gaya hidup sehat. Vitamin biasanya didapatkan melalui nutrisi, namun khusus untuk vitamin D selain dari makanan Anda dapat mendapatkannya dengan cara berjemur. Anda bisa melakukannya di pagi hari sebelum memulai aktivitas dan memastikan tubuh Anda mendapat cukup terpaan sinar matahari.

Vitamin D dikenal sebagai suplemen kesehatan tulang juga mengurangi resiko penyakit autoimun, jantung, stroke, kanker, hingga diabetes.

3. Konsumsi Asupan Fermentasi

Usus mempunyai peran kesehatan yang sangat penting bagi tubuh. Di dalam usus terdapat banyak bakteri, yaitu bakteri baik dan bakteri jahat. Jika kesehatan usus tidak baik maka bakteri jahat bisa menjadi lebih dominan daripada bakteri baik yang tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan. Banyak ragam penyakit mematikan bermula dari usus yang tidak sehat.

Oleh karena itu mulai sekarang perhatikan kesehatan usus Anda. Anda bisa melakukannya dengan cara mengkonsumsi asupan hasil fermentasi seperti teh kombucha, yoghurt, fromage frais dan lain sebagainya. Konsumsi asupan fermentasi berguna untuk meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus Anda.

4. Menggosok Gigi Secara Rutin dan Banyak Minum Air Putih

Kesehatan mulut berkaitan erat dengan tingkat kesehatan seseorang. Mulut yang tidak bersih akan menimbulkan banyak bakteri dan memicu penyakit berbahaya seperti kanker dan stroke. Dikarenakan mulut berkaitan langsung dengan usus yang memberikan jalan ke aliran darah pada tubuh.

Oleh karena itu, gosoklah gigi Anda secara teratur dan banyak-banyaklah minum air putih minimal 8 gelas sehari untuk menjaga kesehatan mulut dan tubuh Anda.

5. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur kaya akan vitamin dan serat alami. Mengonsumsi buah dan sayur secara rutin berguna untuk menjaga diet yang seimbang serta meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Mudah bukan? Anda hanya perlu berkomitmen untuk menjalankan gaya hidup sehat di atas setiap hari secara rutin untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang Anda idam-idamkan.

Seperti yang telah dipaparkan di atas, bahwa gaya hidup sehat dapat berpengaruh terhadap masa depan Anda, tidak hanya berpengaruh pada kondisi tubuh Anda di masa mendatang namun juga berpengaruh terhadap kondisi finansial Anda kelak. Dengan kata lain, menjaga kesehatan sama dengan menjaga keuangan Anda.

Kesehatan itu mahal harganya, sehingga banyak orang beranggapan bahwa sehat adalah uang. Berikut merupakan beberapa keuntungan finansial yang dapat Anda rasakan jika Anda menerapkan gaya hidup sehat:

1. Biaya Premi Asuransi Lebih Murah

Perusahaan asuransi akan mempertimbangkan kondisi kesehatan Anda ketika Anda melakukan pendaftaran asuransi kesehatan. Jika Anda memiliki riwayat kesehatan yang baik dan risiko sakit dinilai kecil, maka pembayaran premi Anda akan relatif lebih murah dibandingkan dengan orang dengan riwayat kesehatan yang buruk.

2. Jarang Pergi ke Dokter dan Jarang Beli Obat

Jika Anda sehat, sudah pasti Anda akan jarang pergi ke dokter dan juga jarang membeli obat. Dengan demikian, Anda juga akan menghemat uang yang Anda keluarkan.

3. Produktivitas Tinggi

Ketika Anda sakit, Anda tidak akan dapat melanjutkan pekerjaan Anda dengan baik atau bahkan Anda tidak akan produktif untuk waktu yang cukup lama yang tentunya akan berdampak buruk terhadap kondisi keuangan Anda.

Jadi, selain dengan bekerja keras untuk dapat menghasilkan banyak uang, Anda juga harus cermat dalam menjaga kesehatan tubuh Anda agar berdampak baik bagi kondisi keuangan Anda di masa sekarang dan di masa yang akan datang.

Leave a Comment