LOADING

Type to search

Sekilas Mengenai Pinjaman Online di Indonesia

Situs-Pinjaman-Uang-Online

Pinjaman uang merupakan hal yang dibutuhkan apabila sedang membutuhkan. Dimana untuk meminjam dana tersebut ada banyak sekali tempat yang bisa dipilih. Seperti meminjam dana secara offline yang terkenal lebih aman dan terpercaya. Anda bisa meminjam dana tersebut di perbankan, koperasi, dan berbagai tempat lainnya yang menyediakan tempat pinjaman. Atau selain meminjam dana secara offline dan langsung, Anda juga bisa untuk meminjam dana secara online. Seiring perkembangan jaman memang sekarang ini peminjaman sudah dapat dilakukan dan diberikan dengan sistem online. Sehingga mempunyai banyak keuntungan yang bisa didapatkan seperti lebih mudah, persyaratan lebih minimalis, dan juga banyak keuntungan lainnya.

Akan tetapi karena menggunakan sistem online tentu saja ada banyak kekurangan yang bisa ditemui. Salah satunya adalah menemukan atau meminjam tempat yang tidak aman. Dimana karena menggunakan sistem online yang tidak bertemu langsung dari calon peminjam dan yang meminjamkan maka hal tersebut akan kurang aman. Walaupun di satu sisi hal tersebut akan lebih praktis karena tidak perlu repot untuk bertemu. Tetapi tentu saja hal tersebut dapat diatasi apabila Anda bisa memilih tempat peminjaman online yang aman, seperti pada ketika belanja online dengan memilih tempat belanja yang terpercaya. Sehingga apabila Anda akan meminjam online harus menggunakan beberapa tips agar mendapatkan tempat yang aman dan menghindari tempat yang mencurigakan.

Ada beberapa ciri dari tempat pinjaman online yang tidak aman dan harus dihindari adalah:

1. Tidak terdaftar secara resmi

Ciri pertama dari tempat pinjaman online yang tidak aman adalah yang tidak terdaftar secara resmi. Walaupun melakukan pekerjaan secara online tetapi tentu saja badan peminjaman online tersebut harus mempunyai ijin resmi. Dengan begitu akan mempunyai keamanan yang sama seperti tempat peminjaman offline pada umumnya. Sehingga ketika akan memilih tempat peminjaman online maka pilihlah tempat yang mempunyai ijin resmi. Sedangkan untuk tempat yang tidak mempunyai ijin resmi merupakan tempat tidak aman dan bisa jadi merupakan tempat pinjaman online palsu.

2. Tidak mempunyai alamat kantor

Untuk mengetahui tempat peminjaman online yang aman maka hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan mengetahui alamat kantornya. Hal tersebut biasanya akan dapat diketahui dan juga dicantumkan di website tempat pinjaman uang. Sehingga dengan mempunyai alamat dan dicantumkan dalam website akan lebih aman daripada yang tidak mencamtumkannya. Oleh karena itulah hal tersebut akan membantu untuk memilih tempat peminjaman online yang aman. Sedangkan untuk yang tidak mempunyai kantor sebaiknya dihindari karena bisa jadi tidak jelas dan kurang aman.

3. Mekanisme peminjaman yang memaksa

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan agar tidak menemui tempat peminjaman yang tidak aman adalah dengan memilih tempat yang mempunyai mekanisme peminjaman yang aman. Oleh karena itulah hindari memilih tempat peminjaman yang kesannya memaksa dan memberatkan. Hal tersebut menunjukkan bahwa tempat tersebut tidak aman karena tidak mempunyai aturan peminjaman dana yang jelas.

4. Website yang tidak aman

Dan cara terakhir untuk memilih tempat peminjaman online yang aman adalah dengan memilih tempat pinjaman online yang aman. Hindari untuk memilih website yang tidak aman karena hal tersebut hanya akan membuat Anda mendapatkan tempat peminjaman online palsu. Untuk cara memilih website yang aman sendiri cukup mudah yaitu yang mempunyai reputasi baik dan dikenal baik serta digunakan oleh banyak pihak untuk meminjam dana yang dibutuhkan.

Setiap produk apapun pasti ada kelebihan dan kekurangannya tidak terkecuali pinjaman via online, kelebihan dan kekurangannya adalah:

Kelebihan Pinjaman Online

  • Syarat dan ketentuan yang diberikan oleh pihak kreditor online lebih mudah jika dibandingkan dengan syarat yang diajukan oleh perbankan.
  • Tidak perlu menggunakan kartu kredit untuk persyaratannya.
  • Dapat diajukan kapan saja dan dimana saja, asalkan Anda memiliki internet dan komputer/smartphone.
  • Hemat waktu dan tenaga. Meminjam uang online akan lebih menghemat waktu karena tidak perlu bolak-balik mengurus segala kebutuhan dokumen seperti saat meminjam di bank. Cukup dengan mengandalkan gadget dan klik saja Anda sudah bisa melakukan proses peminjaman dana, mulai dari pencarian informasi persyaratan, ketentuan meminjam, cara meminjam, hingga cara pembayaran angsurannya. Persyaratan yang mudah dan proses cair yang cepat membuat pinjaman online lebih dilirik karena hemat waktu dan tenaga.
  • Proses pengajuan pinjaman mudah dan lebih cepat. Meminjam uang online akan jauh berbeda dengan meminjam uang dari bank yang umumnya memiliki birokrasi yang sulit. Kebanyakan meminjam online cukup mensyaratkan dokumen standar, seperti kartu identitas berupa KTP, Kartu Keluarga, slip gaji, dlsb. Selain itu kebanyakan pinjaman online juga tidak memerlukan jaminan tertentu. Sehingga birokrasinya terbilang lebih mudah. Anda hanya harus mengikuti prosedur meminjam dengan klik petunjuk yang ada. Hampir semua dilakukan dengan tinggal sentuh dan klik saja, termasuk saat pengurusan dokumen, Anda hanya harus mengupload atau memfoto dokumen yang dibutuhkan untuk verifikasi dan pemrosesan lebih lanjut.
  • Gengsi tetap terjaga. Terkadang saat meminjam uang dari teman, keluarga, tetangga atau bahkan bank sekalipun memiliki gengsi tersendiri. Karena saat meminjam uang dirasa sedang mencari belas kasihan dari orang lain untuk membantu kita, sehingga menjadi suatu beban tersendiri. Bagi yang memiliki pemikiran seperti ini, meminjam uang online dirasa lebih membantu. Karena umumnya situs pinjaman online akan menjaga identitas dan kerahasiaan si peminjam. Sehingga tidak merasa sungkan disaat harus memenuhi kebutuhan mendesak dengan cara meminjam uang.
  • Cepatnya proses cair dana pinjaman. Inilah keuntungan meminjam uang online yang menjadikan pilihan di kala terdesak dengan kebutuhan finansial. Jika meminjam secara konvensional prosesnya sangat rumit dan membutuhkan waktu yang lama hingga berminggu-minggu, namun beda halnya saat Anda meminjam secara online. Biasanya menunggu lama akan jarang terjadi. Malah tak jarang hanya dalam hitungan jam saja uang bisa langsung cair. Jika lamapun biasanya hanya dalam hitungan hari. Dan lamanya ini bisa dikarenakan jumlah pinjaman yang diajukan terbilang sangat besar sehingga proses disetujuinya juga tidak bisa di saat itu juga.

Kekurangan Pinjaman Online

  • Suku Bunga yang relatif besar namun sebenarnya cukup berimbang dengan kemudahan dan kecepatan yang diberikan.
  • Rawan penipuan, ini bukan berarti fintech penyedia layanan pinjaman online yang menipu tetapi lebih ke telitian Anda dalam memilih tempat meminjam karena tidak sedikit ada website pribadi yang mengklaim menyediakan pinjaman uang via online
  • Plafon yang diberikan terbatas dan jauh lebih kecil dibandingkan dengan besar pinjaman yang diberikan oleh perbankan atau kreditor yang lainnya.
  • Tennor atau masa pelunasan yang terbatas dan umumnya hanya mencapai 3 tahun.
  • Hanya dapat diajukan oleh orang yang tinggal atau berdomisili di tempat tertentu, karena masih banyak fintech yang hanya melayani kota besar saja.

MyKredit Indonesia merupakan salah satu produk keuangan online yang akan memulai layanannya. Beberapa kelebihan dari myKredit adalah berikut ini, yaitu:

  1. Bunga rendah, berbicara mengenai suku bunga ini sendiri memang hampir semua lembaga keuangan memberikan atau mengenakannya pada debitur, namun dengan nilai yang berbeda-beda, MyKredit.co.id ini terbilang salah satu yang berani memberikan bunga dengan nilai yang tergolong rendah, sehingga nantinya tak akan membebani biaya pembayaran Anda.
  2. Proses cepat dan mudah, untuk pengajuan pinjaman ke lembaga yang satu ini juga tak perlu khawatir karena bisa dilakukan secara cepat dan mudah, sebagaimana produk pinjaman online yang lainnya, maka basis untuk melakukan pinjaman memang online atau melalui sebuah internet sudah cukup, tanpa harus datang secara langsung ke kantornya, tentu sangat cocok bagi Anda yang super sibuk, sehingga terkadang saat membutuhkan dana tak sempat melakukan pengajuan secara langsung.
  3. Nilai pinjaman tergolong tinggi, memang rata-rata produk pinjaman online hanya berani memberikan plafon sekitar 1 hingga 3 juta rupiah saja, namun tidak dengan MyKredit yang berani memberikan pinjaman lebih dari nominal tersebut, sehingga bisa Anda manfaatkan untuk menunjang berbagai macam kebutuhan, entah itu dipakai sebagai dana darurat, modal bisnis atau yang lainnya.
  4. Jaminan keamanan, mungkin banyak diantara masyarakat yang cukup was-was akan hal ini, mengingat memang tak semua perusahaan keuangan online bisa dipercaya, namun jangan khawatir karena MyKredit.co.id adalah sebuah perusahaan keuangan yang merupakan brand dari Global Kapital Finance yang ada di London dan juga negara-negara Eropa lainnya, sehingga jika berbicara mengenai kredibilitasnya sendiri sudah tak perlu diragukan lagi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pilihan produk pinjaman ataupun bagaimana cara meminjam kesini maka bisa langsung akses situs resmi dari MyKredit. Apapun masalah keuangan Anda bisa dipercayakan kesini. Alternatif untuk ajukan pinjaman jika seandainya bank atau perusahaan keuangan lainnya tak menyetujui apply.

Istilah Dasar Seputar Pinjaman & Kredit

Bagi Anda yang ingin meminjam dana secara online, ada beberapa istilah yang bisa dipahami agar lebih mudah untuk mendapatkan pinjaman dana yang diinginkan. Misalnya saja istilah dalam pinjaman uang adalah sebagai berikut ini:

1. Kreditur

Istilah pertama dalam pinjam meminjam uang terutama di tempat yang resmi seperti situs peminjaman online adalah kreditur. Dimana kreditur juga merupakan sebutan lain dari pihak yang memberikan pinjaman dana kepada orang yang membutuhkan dana ini. Banyak kreditur yang bisa dipilih termasuk juga website yang menawarkan pinjaman uang. Pilihlah kreditur yang dapat dipercaya dan juga mempunyai keamanan. Sehingga akan lebih aman untuk memilih kreditur tersebut apabila menjamin keamanan untuk kliennya.

2. Debitur

Istilah selanjutnya yang harus diperhatikan dan diketahui oleh calon peminjam adalah debitur. Debitur sendiri merupakan sebutan untuk orang yang meminjam dana atau pihak yang akan menerima pinjaman dari kreditur. Sehingga bagi peminjam terutama yang melakukan pinjaman dana di perusahaan dan lembaga resmi akan menjadi debitur dalam kontrak peminjaman yang disepakati bersama. Debitur harus merupakan orang yang memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman dana dari kreditur sehingga syarat tersebut harus diajukan dan nantinya kemudian disortir oleh kreditur apakah debitur layak untuk menerima pinjaman atau tidak.

3. Limit kredit

istilah penting selanjutnya yang harus diketahui oleh debitur adalah limit kredit. Dimana limit kredit adalah batas nilai minimal yang dapat dipinjam oleh debitur. Sehingga sebelum memilih kreditur yang akan meminjamkan dana, debitur bisa memilih kreditur yang menawarkan limit kredit sesuai dengan kebutuhannya. Karena apabila melihat di banyak situs atau jasa peminjaman online kredit yang ditawarkan sangat bervariasi dari 5 juta hingga ratusan juta rupiah. Oleh karena itulah sebelum memilih tempat yang tepat maka Anda bisa untuk memperhatikan limit kredit dan memilih yang sesuai dengan dana yang dibutuhkan.

4. Tenor

Jenis atau istilah pinjaman lainnya yang harus diketahui adalah tenor atau jangka waktu yang diberikan untuk dapat mengembalikan dana keseluruhan. Batas waktu ini juga bervariasi tergantung tempat yang akan dipilih. Karena ketika memilih tempat peminjaman online biasanya tenor yang diberikan lebih singkat daripada tempat peminjaman offline. Tenor yang diberikan biasanya berkisar satu bulan saja tetapi juga ada yang mempunyai tenor hingga bertahun-tahun seperti pada perusahaan peminjaman uang offline.

5. Angsuran

Dan istilah lainnya yang harus diketahui ketika akan melakukan pinjaman dana adalah angsuran. Angsuran ini merupakan istilah untuk sistem pembayaran dengan cara dicicil pada peminjaman dana. Angsuran ini harus dipilih dari kemampuan debitur untuk mengembalikan dana yang dipinjamnya. Sehingga ada pilihan angsuran yang bisa ditentukan dari kemampuan dari yang kecil dan memerlukan tenor yang lama atau yang sebentar dengan jumlah angsuran yang lebih besar.