Type to search

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Selama ini banyak orang yang berpikir jika ingin mendapatkan pinjaman pada bank atau lembaga keuangan lainnya harus menjaminkan suatu aset kepada pihak bank atau kreditur. Namun, sekarang telah terdapat pinjaman uang yang bisa dilakukan tanpa agunan atau jaminan. Produk tersebut adalah Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau Unsecured Loan.

Apa itu KTA? Kredit tanpa agunan (KTA) merupakan pinjaman kredit perorangan tanpa agunan dari bank ataupun lembaga keuangan lainnya, kepada calon debitur yang telah memenuhi syarat. Dengan adanya KTA maka nasabah bisa mendapatkan pinjaman uang tanpa harus memberikan agunan atau jaminan seperti BPKB, sertifikat tanah atau rumah, serta jaminan lainnya. Ya, dengan adanya KTA maka peminjam tidak harus menggunakan jaminan, namun hanya cukup melengkapi dokumen yang dibutuhkan, maka pinjaman KTA akan diproses.

Apakah semudah itu? Ya, mengajukan kredit tanpa agunan (KTA) sangat mudah, asalkan bisa memenuhi persyaratan yang dibutuhkan, mulai dari usia pemohon, formulir pengajuan, melengkapi dokumen seperti slip gaji, fotokopi kartu kredit, fotokopi rekening 3 bulan terakhir, serta persyaratan lainnya, maka pinjaman KTA akan segera diproses.

kredit tanpa agunanLalu bagaimana agar pihak bisa menyetujui pinjaman KTA yang diajukan? Bagi Anda yang telah tercatat sebagai nasabah bank, maka riwayat kredit akan tercatat seluruhnya dalam BI Checking, dimana pihak bank akan melihat sejauh mana kolektibilitas atau kelancaran nasabah dalam melakukan cicilan terhadap pinjaman yang telah dilakukan sebelumnya.

Dengan demikian, status kredit Anda yang ada dalam BI Checking akan dinilai mulai dari 1-5, dimana jika mendapat skor 1 maka pengajuan KTA akan disetujui. Lalu bagaimana jika status BI Checking Anda buruk? Jangan harap pinjaman KTA akan disetujui.

Selain itu, hal yang perlu diperhatikan dalam pengajuan pinjaman kredit tanpa agunan (KTA) adalah faktor debt ratio. Ya, dalam dunia perbankan, debt ratio adalah perbandingan dari gaji bulanan dengan cicilan kredit yang nantinya akan dilakukan. Dimana debt ratio ini tidak boleh 30% dari gaji yang didapatkan per bulannya. Hal tersebut karena pihak bank menggunakan debt ratio untuk mengantisipasi terjadinya risiko kredit macet.

Pinjaman KTA Memberikan Banyak Keuntungan

Melakukan pinjaman dana melalui KTA mampu memberikan banyak keuntungan. Sebab, selain pinjaman bisa dicairkan dengan cepat, terdapat juga keuntungan lainnya. Apa saja keuntungannya? Berikut keuntungan pinjaman menggunakan kredit tanpa agunan (KTA)

1. Persyaratan yang Dibutuhkan Lebih Mudah

Dalam pinjaman KTA biasanya persyaratan yang dibutuhkan hampir sama, yaitu:

  • Pendapatan bulanan yang memenuhi syarat (biasanya minimal 3 juta per bulan)
  • Usia pemohon (biasanya minimal 22 tahun, maksimal 55 tahun)
  • Ada yang harus menggunakan kartu kredit, dan ada juga yang tidak
  • Menggunakan dokumen resmi seperti KTP, SPT, NPWP dan catatan kredit

2. Proses Pengajuannya Lebih Cepat

Berbeda menggunakan jaminan, dimana jika menggunakan jaminan maka pihak bank membutuhkan waktu untuk mengecek jaminan yang akan diberikan, sehingga proses pencairan dana akan sangat lama. Belum lagi, setelah pengecekan, pihak bank masih akan melakukan pertimbangan dengan jaminan yang diberikan.

Sedangkan jika menggunakan KTA, maka proses pengajuan hingga pencariannya lebih cepat, yakni paling cepat 3-5 hari, tergantung dari kelengkapan persyaratan serta dokumen yang diajukan.

3. Dana yang Dipinjam Lebih Besar

Berbeda jika menggunakan jaminan, dimana pinjaman biasanya disesuaikan dengan harga jaminan yang akan diajukan. Nah, pinjaman KTA jumlah uang yang dipinjam bisa lebih besar, bahkan bisa lebih dari 100 juta. Apalagi jika gaji per bulan yang Anda miliki besar, atau pengguna kartu kredit, maka limit pinjamannya lebih tinggi dibandingkan limit pinjaman KTA tanpa kartu kredit.

4. Suku Bunga Lebih Rendah

Dibandingkan dengan jenis pinjaman uang lainnya, suku bunga pinjaman KTA lebih kecil, bahkan bisa kurang dari 1% dibandingkan dengan pinjaman Kredit Multiguna. Selain itu, pinjaman menggunakan suku bunga kartu kredit pun masih kalah dibandingkan dengan suku bunga pinjaman dengan kredit tanpa agunan (KTA).

5. Metode Pembayaran Cicilannya Lebih Mudah

Pembayaran cicilan dari pinjaman KTA juga lebih mudah, sebab bisa dilakukan dimana saja. Bisa melalui teller bank, atau melalui ATM, internet banking, mobile banking maupun melalui autodebet melalui rekening.

Ada KTA Online Untuk Anda Yang Ingin Mengajukan Pinjaman Online

Kabar baik untuk Anda, saat ini tak hanya ada pinjaman online saja yang bisa mencairkan dana dengan cepat, namun juga ada KTA online. Dengan adanya KTA online tentunya Anda tak perlu mendaftar atau mengantre ke bank, sebab bisa dilakukan secara online.

Bagaimana cara membuatnya? Sekarang telah terdapat banyak website atau situs yang menyediakan produk KTA online, sehingga semakin mudah Anda untuk membuatnya. Dengan banyaknya situs yang menawarkan, maka Anda bisa membandingkan produk finansial yang cocok untuk dipilih, bahkan sekaligus bisa melakukan pengajuan.

Pinjaman KTA yang akan Anda dapatkan pun beragam, misalnya dengan pinjaman KTA berbunga rendah, pinjaman KTA dengan menawarkan limit pinjaman yang tinggi atau bahkan pinjaman KTA dengan tenor yang lama. Dengan mengajukan pinjaman KTA online melalui pinjaman online biasanya akan lebih cepat dari pada mengajukan ke bank.

Jadi, Tepatkah Memilih KTA?

Ingin cepat diproses dalam mengajukan pinjaman dana? Maka pinjaman KTA menawarkan proses pengajuan yang lebih cepat yakni 3-5 hari saja. Ingin pinjaman dana yang memiliki bunga kecil? Maka Pinjaman KTA mampu menawarkan bunga pinjaman kurang dari 1% saja.

Ingin pinjaman dana yang memiliki tenor pembayaran cicilan paling lama? Maka tenor pinjaman KTA bisa mencapai 60 bulan. Apalagi pengajuan pinjaman KTA juga bisa dilakukan secara online, dengan sistem pembayaran cicilan yang lebih mudah.

Jadi pertanyaannya tepatkah memilih pinjaman KTA? Maka jawabannya adalah pilihan yang paling tepat, karena dana yang dicairkan lebih cepat, prosesnya lebih mudah dan cepat, serta tenor cicilannya lebih lama.