LOADING

Type to search

Gaji Bulanan Belum Cair? Pinjaman Karyawan Solusinya

Menjadi karyawan baik negeri maupun bukan negeri memang memiliki gaji yang cukup besar dan menjanjikan. Meski demikian, banyak juga karyawan yang kehabisan gaji di pertengahan bulan, sehingga untuk memenuhi kebutuhan hidup seperti membiayai sekolah anak, membayar angsuran rumah, kredit kendaraan, tagihan listrik dan air, serta berbagai kebutuhan lainnya terkadang harus tertunda karena menunggu gajian bulan depan cair.

Dan pada akhirnya, jika pembayaran tidak dilakukan tepat waktu, maka denda lah yang akan didapatkan. Dengan demikian, maka bagaimana caranya karyawan tersebut mencari solusi agar kebutuhan hidupnya bisa terpenuhi dengan tepat waktu.

Berkaitan dengan hal tersebut, sejauh ini banyak karyawan yang tidak mengetahui tentang produk pinjaman karyawan yang bisa diajukan, baik melalui bank ataupun perusahaan pembiayaan lainnya, yang bertujuan untuk membantu mengatasi permasalahan keuangan karyawan.

Bagi yang masih awam dengan pinjaman karyawan, pasti akan bertanya-tanya apa itu pinjaman karyawan? Dan apa peranannya dalam mengatasi keuangan karyawan? Nah, bagi Anda yang masih bingung, maka simak penjelasan berikut ini!

Apa Itu Pinjaman Karyawan?

Pinjaman karyawan merupakan sebuah produk pinjaman uang pada karyawan perusahaan atau pemerintah agar mampu memenuhi kebutuhan sebelum gajian cair, baik untuk membayar angsuran rumah, bayar sekolah, bayar listrik, serta kebutuhan lainnya bahkan untuk modal kerja. Selain itu, tujuan dari pinjaman karyawan ini adalah untuk mengatasi masalah serta menambah pendapatan karyawan.

Disamping itu, pinjaman karyawan di luar negeri kenal dengan istilah payroll loan, dimana istilah ini juga digunakan oleh beberapa bank di Indonesia seperti BNI Fleksi Payroll, BCA Payroll, Mandiri Payroll serta berbagai bank lainnya.

Persyaratan Umum Untuk pinjaman karyawan

Untuk mengajukan pinjaman karyawan tentunya harus menggunakan persyaratan. Adapun persyaratan umum pinjaman karyawan yaitu:

1.Tentunya karyawan yang bisa melakukan pinjaman karyawan merupakan Warga Negara Indonesia atau WNI serta berdomisili di Indonesia. Namun, WNI yang tidak bermukim di Indonesia tak bisa mengajukan pinjaman karyawan ini.
2.Minimal berusia 21 tahun dan maksimal berusia 55 tahun ketika mengajukan pinjaman.
3.Bagi karyawan payroll harus memiliki gaji minimal 2,5 juta rupiah per bulannya, sedangkan bagi karyawan yang non payroll harus mempunyai gaji minimal 3 juta rupiah per bulannya.
4.Dan yang terakhir adalah berstatus sebagai karyawan tetap baik dalam sebuah perusahaan maupun pemerintahan

Apa Bedanya Karyawan Payroll dan Karyawan Non Payroll?

pinjaman karyawanBerkaitan dengan persyaratan pinjaman karyawan, salah satu persyaratannya adalah minimal gaji yang dimiliki oleh karyawan payroll dan non payroll. Lalu apa perbedaan diantara keduanya?

Setiap bank yang ada di Indonesia pasti memiliki produk rekening tabungan yang digunakan untuk menghimpun gaji karyawan yang terdiri dari 2 macam, yakni karyawan payroll yang merupakan karyawan yang pembayaran gajinya langsung ke rekening bank, serta karyawan non payroll yang merupakan karyawan yang gajinya ditransfer ke layanan perbankan lainnya.

Lalu apakah pinjaman karyawan hanya bisa diajukan pada pihak bank yang menyalurkan gaji tersebut? Kabar baiknya adalah tidak. Ya, pinjaman karyawan ini bisa diajukan baik ke bank yang memiliki kerja sama dengan kantor, ataupun karyawan yang tidak memiliki kerja sama dengan kantor sekalipun.

Persyaratan Dokumen Untuk Pinjaman Karyawan

Setelah tadi disebutkan persyaratan peminjam pinjaman karyawan, maka persyaratan dokumen untuk melakukan pinjaman karyawan adalah:

  1. Formulir aplikasi yang sudah diisiFotokopi kartu tanda penduduk atau KTP
    3.Fotokopi slip gaji
    4.Fotokopi nomor pokok wajib pajak atau NPWP
    5.Fotokopi surat keterangan kerja atau SK
    6.Fotokopi surat pemberitahuan tahunan atau SPT

Beberapa persyaratan tadi bisa berbeda dalam setiap banknya, bahkan ada juga bank yang meminta dokumen lain seperti scan kartu kredit, riwayat rekening 3 bulan terakhir, serta surat izin usaha bagi yang telah memiliki usaha.

Kebutuhan Apa Saja Yang Bisa Dibiayai Melalui Pinjaman Karyawan?

Pada dasarnya, pinjaman karyawan ini bisa difungsikan untuk membiayai berbagai kebutuhan. Misalnya untuk biaya pendidikan anak, kredit kendaraan, pengobatan, atau kebutuhan finansial lainnya. Namun meski pinjaman karyawan ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, sebaiknya gunakan pinjaman tersebut untuk kebutuhan yang penting.

Apa Kelebihan Pinjaman Karyawan?

Tentunya produk pinjaman karyawan ini memiliki kelebihan untuk seorang karyawan. Adapun kelebihannya adalah:

  1. Persyaratan yang dibutuhkan sangat mudah, sebab hanya butuh beberapa dokumen saja
  2. Jangka waktu pinjaman fleksibel, artinya sesuai dengan jumlah pinjaman atau keinginan peminjam
  3. Angsuran per bulannya lebih kecil, sehingga meringankan debitur
  4. Proses pencairan dananya relatif lebih cepat, sebab pihak bank hanya membutuhkan data diri calon debitur berupa keterangan pendapatan tetap dan KTP saja. Selain itu, untuk melakukan survei lapangan juga hanya membutuhkan waktu selama 1-3 hari saja tergantung kebijakan masing-masing bank, dan jika persyaratan yang diajukan sesuai, maka pinjaman akan disetujui.
  5. Bahkan beberapa bank juga memfasilitasi perlindungan pinjaman karyawan menggunakan asuransi
  6. Terdapat bank yang mau menyetujui pinjaman karyawan, meski tanpa agunan atau jaminan seperti sertifikat rumah, BPKB kendaraan atau jaminan lainnya.
  7. Pinjaman karyawan juga mempunyai limit dengan jumlah yang besar. Adapun pinjaman yang ditawarkan yakni mulai 5 juta hingga 300 juta, tergantung gaji bulanan yang didapatkan.
  8. Biaya provisi dan administrasi lebih murah
  9. Anda tidak akan takut terjadi kemacetan angsuran, karena angsuran yang dikeluarkan langsung dipotong gaji yang Anda dapatkan dari kantor.

Bagi Anda yang sudah mengetahui tentang pinjaman karyawan, biasanya akan langsung mengajukan pinjaman ke bank dengan membawa berbagai persyaratan yang dibutuhkan. Dan yang akan dilakukan di bank adalah mengantre dan mengisi beberapa berkas yang dibutuhkan, dan jika berkas yang dibutuhkan tertinggal di rumah, maka mau tak mau harus kembali ke rumah. Jika dipikiri ulang, ini tentunya akan membuang waktu dan tenaga yang sangat banyak.

Lalu bagaimana solusi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut? Kabar bahagia untuk Anda, di era yang serba modern ini, kini telah hadir pinjaman karyawan online. Ya, karena diakses melalui online, maka berbagai interaksi, pengajuan persyaratan, hingga pengajuan pinjaman dilakukan secara online, sehingga Anda tak perlu keluar rumah untuk mendapatkan pinjaman yang dibutuhkan.