LOADING

Type to search

8 Cara Mencari Pinjaman Modal Usaha Di Bawah Ini Dengan Mudah dan Cepat

cara mencari pinjaman modal usahaApa yang Anda pikirkan pertama kali saat Anda memutuskan untuk membangun sebuah usaha? Tentu saja Anda akan berpikir tentang seberapa besar modal yang harus Anda miliki untuk membangun sebuah usaha yang diinginkan. Tanpa adanya modal, hal tersebut tentu saja membuat usaha yang Anda jalankan tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Lalu, bagaimana caranya agar Anda bisa mendapatkan pinjaman modal usaha dengan mudah? Memang, tidak sulit bagi Anda untuk membangun sebuah usaha jika sudah memiliki modal. Akan tetapi, sebagian dari Anda yang belum memiliki modal untuk membangun sebuah usaha pasti akan merasakan bingung bagaimana harus mencarinya.

Bagi Anda yang sedang mencari pinjaman modal usaha tampaknya tak perlu bingung lagi karena saat ini Anda bisa mendapatkannya dengan mudah. Bagaimana caranya? Jika dahulu Anda mendapatkan pinjaman modal usaha hanya lewat bank saja, namun kini Anda bisa mendapatkannya dengan mudah serta menggunakan berbagai macam cara. Apa sajakah itu? Berikut pembahasannya untuk Anda.

1. Menggadaikan Aset

Nah, cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan modal usaha adalah dengan menggadaikan aset yang Anda miliki. Dengan menggadaikan aset, Anda tidak harus menjualnya untuk bisa mendapatkan modal usaha dan bisa Anda tebus kembali setelah Anda memiliki uang yang cukup mendapatkan aset Anda.

Meski harga gadai yang akan Anda dapatkan tidak seberapa dengan harga aset ketika dijual, setidaknya Anda tidak kehilangan aset milik Anda asalkan ditebus dapat ditebus kembali. Nah, untuk melakukan cara yang satu ini, Anda bisa mendatangi instansi gadai terdekat.

2. Menjual Aset

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan menjual aset yang Anda miliki seperti emas, properti, kendaraan atau yang lainnya untuk bisa mendapatkan modal. Dengan menjual aset, tentu saja Anda bisa mendapatkan untung yang lebih banyak jika harus menggadaikannya. Lagi pula, Anda bisa membeli aset kembali setelah Anda bisa sukses dengan bisnis yang dijalani dan mendapatkan banyak keuntungan.

3. Menggunakan Tabungan yang Dimiliki

Nah, jika Anda tidak suka untuk melakukan pinjaman modal usaha di bank karena memiliki bunga yang cukup tinggi, Anda bisa memanfaatkan tabungan yang Anda miliki. Dengan memanfaatkan tabungan ini tentu saja akan membuat Anda semakin mudah dan semakin aman untuk mendapatkan modal usaha tanpa harus berhutang.

4. Menggunakan Pinjaman Dari Bank Tanpa Agunan

Cara lainnya untuk bisa mendapatkan pinjaman modal usaha ialah dengan melakukan pinjaman modal tanpa agunan. Bank memiliki fasilitas KTA atau Kredit Tanpa Agunan yang bisa membuat para nasabahnya dapat meminjam uang tanpa memberikan jaminan apapun.

Namun, tetap ada konsekuensinya dimana bunga yang akan Anda dapatkan lebih besar yakni 10% hingga 23%. Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi Anda untuk mengambil tenor cicilan yang lebih singkat.

5. Melakukan Pinjaman Dari Bank Dengan Menggunakan Jaminan

Bank memiliki program yang disebut dengan KMG (Kredit Multi Guna) yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan pinjaman modal usaha. Tentunya, program yang satu ini mengharuskan Anda untuk memiliki jaminan seperti properti, kendaraan ataupun yang lainnya. Bunga yang akan Anda dapatkan dari pinjaman yang satu ini yakni 9% hingga 12% dengan tenor dengan jangka waktu 5 hingga 20 tahun lamanya.

6. Franchise (Waralaba)

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pinjaman modal usaha ialah dengan melakukan franchise atau waralaba yang mana merupakan usaha kerja sama antar pelaku usaha dengan pihak pemilik usaha. Pembagian keuntungan yang bisa Anda dapatkan bisa disesuaikan dengan perjanjian yang telah disepakati sebelumnya.

Dengan menggunakan sistem yang satu ini tidak akan membuat Anda harus mengeluarkan modal yang banyak sebagai pelaku usaha. Namun pastikan, bahwa Anda memilih brand franchise terkenal agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

7. Mendapatkan Modal Dari Konsumen

Mungkin sebagian dari Anda akan berpikir bagaimana bisa mendapatkan pinjaman modal usaha dari calon konsumen? Ternyata hal ini bukan menjadi hal yang mustahil untuk Anda lakukan.

Bagaimana bisa? Anda bisa meminta uang jasa kepada para konsumen. Biasanya yakni hanya 30% untuk digunakan sebagai modal. Anda bisa melakukan cara yang satu ini jika menjalankan bisnis seperti usaha sablon baju, katering dan lain sebagainya.

8. Joint Venture

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan modal usaha ialah dengan melakukan Joint Venture bersama dengan teman, saudara atau sahabat. Dengan melakukan cara yang satu ini Anda bisa mendapatkan modal secara patungan. Tentu saja, keuntungan dan kerugiannya akan dibagi rata.

Namun, cara mencari modal yang satu ini rentan memiliki masalah seperti perselisihan dengan partner kerja Anda suatu hari. untuk mensiasatinya Anda bisa melakukan perjanjian tertulis sebelum memulai usaha.

Dari kedelapan cara pinjaman modal usaha diatas semoga bisa Anda gunakan untuk bisa mendapatkan modal usaha dengan mudah dan cepat. Semoga bermanfaat!