Type to search

General Tips Trik

Syarat dan Langkah Pembuatan Serta Perpanjang Paspor Secara Online

Mykredit.co.id – Di era globalisasi seperti sekarang ini bukanlah hal yang sulit jika ingin pergi ke luar negeri, asalkan memiliki paspor tentunya Anda sudah puas menjelajah negara-negara tetangga ataupun yang jauh. Apalagi untuk kawasan Asia sendiri memang dengan menggunakan paspor tanpa visa saja sudah bebas untuk liburan kesana. jadi pastikan juga bahwa Anda tidak ketinggalan zaman untuk memilikinya, toh, membuat paspor bukanlah sesuatu yang mahal maupun sulit lagi di era teknologi seperti sekarang ini, pembuatan bisa dilakukan secara mudah bahkan hanya dengan mengandalkan fasilitas internet saja.

Namun sebelum membuat dokumen resmi tersebut, pastikan juga sudah menyiapkan beberapa syarat yang harus dipenuhi agar nantinya pembuatan bisa berjalan dengan lancar, diantaranya adalah:

  • KTP atau kartu tanda penduduk.
  • Kartu keluarga.
  • Akta kelahiran atau surat baptis.
  • Akta perkawinan, buku nikah atau dengan menggunakan ijazah.

Sedangkan untuk anak WNI sendiri atau yang belum genap berusia 17 tahun dan belum memiliki KTP, maka berikut ini beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam pembuatan paspor tersebut, diantaranya adalah:

  • KTP dari kedua orang tua yang masih berlaku.
  • Kartu keluarga.
  • Akta kelahiran atau surat baptis.
  • Buku nikah dari orang tua atau akta perkawinan.

Setelah semua syarat tersebut dipenuhi, maka berikut ini ada beberapa langkah mudah yang dapat diikuti dalam pembuatannya, yaitu:

  1. Kunjungi laman atau situs resmi dari imigrasi, yaitu bisa diakses di imigrasi.go.id, setelah nantinya masuk ke laman utama dari situs tersebut, maka selanjutnya bisa langsung memilih opsi layanan publik, lanjutkan dengan layanan online, setelah itu klik layanan paspor online.
  2. Masuk ke pra permohonan personal, dan isi formulir yang sudah disediakan, mulai dari nama, jenis kelamin, tempat tanggal lahir dan sebagainya secara lengkap. Hal penting yang harus diperhatikan adalah bahwa pengisian form tersebut harus sesuai dengan identitas yang dimiliki, bukan nama panggilan atau sejenisnya, karena hal ini nantinya akan dicek lagi oleh pihak imigrasi.
  3. Bayar dan lakukan konfirmasi pembayarannya, tahap selanjutnya yang harus dilakukan adalah membayar biaya administrasi sesuai dengan tarif yang sudah ditentukan tersebut. Patut untuk diketahui bahwa pada dasarnya berbeda jenis paspor yang diinginkan, maka biaya yang dikenakan juga berbeda, diantaranya ada paspor yang bentuknya masih buku, namun juga ada yang bentuknya sekarang ini sudah elektrik.
  4. Lakukan verifikasi berkas dan juga wawancara secara langsung ke kantor imigrasi, setelah melakukan pendaftaran secara online, maka nantinya Anda akan mendapatkan panggilan dari kantor imigrasi, proses atau waktunya sendiri berbeda-beda, ada yang memang cepat hanya beberapa hari saja, namun ada yang agak lama, tergantung jadwal tunggunya sendiri. saat datang kesini pastikan untuk membawa berkas-berkas yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Disini nantinya selain wawancara dan juga verifikasi berkas, maka nantinya pemohon pembuatan paspor ini sendiri akan melakukan foto paspor.
  5. Ambil paspor setelah jadi, setelah semua proses di atas dilakukan, biasanya paspor akan jadi selama beberapa waktu, tinggal ambil saja di kantor imigrasi tempat mendaftar sebelumnya.

Mudah dan cepat, sekarang ini biaya yang dikenakan untuk pembuatan paspor ini sendiri juga tergolong begitu murah jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Sehingga tidak heran jika seandainya ada banyak sekali yang mulai melakukan pembuatan, apalagi yang tidak hanya memiliki rencana untuk liburan, melainkan juga bekerja maupun study ke luar negeri.

prosedur pembuatan paspor online

Sumber Dirjen Imigrasi, Sumber Image: Indonesiabisa.id

Hanya saja seperti yang diketahui sendiri bahwa pada dasarnya dokumen yang satu ini hanya memiliki masa aktif setidaknya adalah selama 5 tahun, setelah lima tahun nantinya paspor sudah lagi tidak aktif. Jangan khawatir karena masih bisa diperpanjang tanpa harus membuat yang baru lagi di kantor imigrasi maupun dilakukan secara online. Memang ada baiknya paspor yang tidak aktif tersebut segera diperpanjang, jangan dibiarkan terlalu lama, karena jika sudah tidak aktif dalam kurun waktu tertentu tanpa diperpanjang, nantinya sudah tidak bisa diperpanjang lagi dan harus buat yang baru jika ingin ke luar negeri.

Berikut ini diantaranya langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk perpanjang paspor secara online, yaitu:

  1. Mengunjungi laman atau situs resmi dari imigrasi, langkahnya seperti di atas, namun bukan untuk pembuatan paspor baru, melainkan untuk perpanjangan, pilih menu yang sesuai. Kemudian isi data yang dibutuhkan untuk memperpanjang paspor tersebut.
  2. Mengisi form pembayaran dan lakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang sudah ditentukan.
  3. Isilah laman untuk permohonan jadwal wawancara.
  4. Pastikan untuk mencetak form yang sebelumnya sudah diisi dengan sebenar-benarnya, karena nantinya aka dilampirkan bersama dengan dokumen yang lainnya dalam perpanjang paspor tersebut.
  5. Bawa dokumen yang diperlukan, dokumen untuk memperpanjang paspor sendiri tak jauh berbeda dengan dokumen yang harus dibawa untuk pembuatan paspor, hanya saja ditambah dengan paspor lama yang juga harus disertakan.
  6. Datanglah ke kantor imigrasi sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya.
  7. Lakukan prosedur wawancara dan juga foto seperti sebelumnya.
  8. Tunggu sampai nantinya paspor yang diperpanjang jadi.

Sangat mudah bukan, biaya yang harus dikeluarkan untuk pembuatan paspor biasa sebesar 355 ribu rupiah, sedangkan untuk Anda yang ingin membuat paspor elektronik atau yang sekarang ini lebih dikenal dengan istilah e-paspor harus mengeluarkan biaya sebesar 655 ribu rupiah, meskipun agak mahal, namun jenis paspor baru yang satu ini memiliki banyak sekali keunggulan, bisa lebih mudah digunakan dan tidak perlu takut nantinya hilang atau rusak.

Ada banyak keuntungan yang didapatkan dengan melakukan pendaftaran maupun perpanjangan paspor ini secara online, diantaranya adalah:

  1. Sistemnya bisa diakses selama 24 jam nonstop, seperti yang diketahui bahwa kantor imigrasi sendiri memiliki jadwal buka dan juga tutup, artinya tidak bisa didatangi 24 jam, sedangkan berbeda dengan pembuatan paspor secara online, dimana memang laman resminya dapat diakses hingga 24 jam nonstop.
  2. Bebas dari calo, selama ini memang bukan hal yang baru lagi jika seandainya dalam pembuatan paspor selalu banyak sekali calo yang berkeliaran menawarkan nomor antrian untuk pembuatan, tentunya dengan imbalan biaya yang tidak bisa dikatakan kecil. Hal inilah yang terkadang membuat masyarakat menjadi enggan membuat langsung, karena memang ada terlalu banyak calo disana dan harus antri lama.
  3. Pembuatan secara online jauh lebih praktis, bisa dilakukan dimana saja dan juga kapan saja tanpa memakan terlalu banyak waktu. Hanya tinggal akses dari komputer atau laptop yang ada di rumah saja sudah bisa.

Namun pembuatan paspor secara manual atau langsung juga masih banyak dipilih oleh masyarakat karena dirasa lebih mudah. Pastikan untuk segera perpanjang paspor yang tidak aktif sebelum nantinya mati.

Leave a Comment