LOADING

Type to search

Asuransi Asuransi Kendaraan

Tips Memilih Asuransi Kendaraan Yang Tepat, Jangan Sampai Salah Pilih!

Share

Mykredit.co.id – Fungsi utama dari sebuah kendaraan ialah untuk mengantarkan pemiliknya kemana saja, sehingga tak heran bagi sebagian orang kendaraan dijadikan sebagai kebutuhan pribadi yang wajib dimiliki. Selain itu, kendaraan juga sering dijadikan sebagai aset pribadi, tentu karena mengingat bahwa memang kendaraan memiliki harga yang cukup tinggi, bahkan bisa mencapai puluhan atau ratusan juta rupiah.

Berkaitan dengan hal tersebut, tentunya aset berharga yang bagi Anda miliki harus dilindungi menggunakan asuransi. Ya, asuransi bagi kendaraan merupakan hal yang paling penting untuk diperhatikan, sebab hal tersebut akan membantu melindungi kendaraan dari berbagai risiko yang kemungkinan akan terjadi di kemudian hari.

Perlu Anda ketahui, dengan mengasuransikan kendaraan, maka Anda akan jauh lebih nyaman dan aman, sebab tak akan merasa khawatir jika terjadi sesuatu di kemudian hari seperti kerusakan atau kehilangan.

Terlepas dari hal tersebut, saat ini layanan asuransi kendaraan memang sangat banyak. Apalagi pelayanan yang diberikan antar satu perusahaan dan perusahaan lain pun memiliki perbedaan. Dengan demikian, tentunya Anda harus pandai dan cermat dalam memilihnya, hal tersebut digunakan agar kendaraan Anda benar-benar terlindungi dengan baik.

Lalu bagaimana cara memilih asuransi kendaraan yang baik? Cermati beberapa tips memilih asuransi kendaraan berikut ini agar dapat menemukan layanan asuransi yang terbaik.

1. Pilih yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Hal pertama sebelum Anda memilih asuransi kendaraan adalah dengan mengetahui kondisi kendaraan Anda. Hal tersebut meliputi, usia, kondisi mesin, body, serta berbagai hal yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan. Sehingga dengan Anda mengetahui kondisi kendaraan, akan semakin mudah untuk menemukan asuransi kendaraan yang paling tepat.

Terdapat 2 macam asuransi kendaraan yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan, yakni:

Asuransi All Risk atau Comprehensive

Salah satu jenis asuransi kendaraan yang bisa Anda pilih untuk perlindungan prima yakni All Risk atau Comprehensive, dimana asuransi ini menjamin seluruh risiko yang mungkin akan terjadi pada kendaraan Anda, baik kecelakaan besar maupun kecelakaan kecil.

Meski demikian, tentunya tetap ada pengecualian dalam jenis asuransi kendaraan ini, sehingga Anda perlu mempertimbangkan berbagai hal yang kemungkinan akan memberikan kerugian di masa depan.

Asuransi Total Loss Only

Jenis asuransi kendaraan lainnya yang bisa digunakan yakni Asuransi Total Loss Only, dimana asuransi ini hanya menjadi kendaraan jika mengalami kerusakan 75% saja. Artinya jika kendaraan mengalami kecelakaan kecil, tidak bisa dijamin olehnya.

Meski demikian, Anda juga kelebihan yang akan diberikan oleh jenis asuransi ini, sehingga pastikan Anda cermat dalam layanan lain yang akan diberikan.

2. Lakukan Perbandingan

Banyaknya layanan asuransi kendaraan tentunya akan membuat Anda sulit untuk menemukan pilihan yang tepat. Nah, salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar bisa menemukan yang paling tepat adalah dengan melakukan perbandingan layanan antara satu jasa asuransi dengan jasa lainnya.

Untuk memudahkan dalam melakukan perbandingan, maka Anda bisa mengunjungi jasa asuransi secara langsung atau bahkan bisa mengunjungi situs resminya melalui jaringan di Internet agar lebih efisien.

3. Sesuaikan Dengan Kemampuan Membayar

Salah satu hal yang pasti dilakukan dalam asuransi kendaraan adalah membayar premi. Dimana besaran premi yang Anda bayar tentunya akan mempengaruhi terhadap perlindungan yang akan diberikan.

Meski demikian, pastikan Anda mempertimbangkan kemampuan keuangan yang dimiliki dan jangan memaksakan diri untuk mengambil jumlah premi yang besar jika itu di luar jangkauan keuangan Anda. Sebab hal tersebut akan membuat masalah besar terhadap pengeluaran yang akan Anda lakukan.

4. Mempertimbangkan Rekomendasi Pihak Dealer

Biasanya dealer tempat Anda membeli kendaraan akan menawarkan jenis asuransi yang bisa dijadikan pilihan, terlebih pada kendaraan yang dibeli secara kredit. Dengan begitu, coba Anda pertimbangkan dengan melihat layanan yang diberikan jasa tersebut, meski memang perimbangan dari dealer tak selalu harus dijadikan sebagai patokan.

Banyaknya jasa asuransi kendaraan memang membuat bingung untuk memilihnya. Namun satu hal yang harus Anda lakukan, perhatikan layanan yang diberikan setiap jasa tersebut. Nah untuk memudahkannya, gunakan beberapa perimbangan berikut ini:

Kredibilitas Perusahaan

Pastikan perusahaan yang akan Anda pilih memiliki kredibilitas yang baik dan terpercaya. cara yang dilakukan adalah dengan melihat reputasi mereka di tengah masyarakat. Jika perusahaan tersebut memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi maka masuk dalam daftar pilihan.

Rasio Keluhan Pelanggan

Hal yang paling penting bagi Anda untuk memilih layanan asuransi kendaraan yang tepat adalah dengan melihat informasi mengenai rasio keluhan setiap nasabah. Dalam hal ini bisa Anda lihat melalui situs resminya secara online. Kemudian lihat tingkat penyelesaian yang dilakukan oleh perusahaan tersebut pada nasabah, jika semakin tinggi tingkat penyelesaiannya, maka semakin baik untuk Anda memilihnya.

Bengkel Rekan Perusahaan

Hal yang tak kalah penting bagi Anda untuk memilih asuransi kendaraan adalah bengkel yang dijadikan rekaan oleh perusahaan tersebut. Nah, perusahaan yang dapat dipercaya adalah perusahaan yang memiliki banyak rekanan. Hal tersebut agar mempermudah Anda ketika terjadi kecelakaan sewaktu-waktu dimanapun berada.

Terakhir, Bandingkan dan Sesuaikan Dengan Keuangan

Sebenarnya, dengan banyak layanan asuransi kendaraan yang tersedia maka akan semakin banyak pula yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Apalagi jika Anda bisa mencermati setiap layanan yang diberikan, maka akan semakin mudah dalam memilihnya. Namun satu hal yang harus Anda perhatikan, pastikan premi yang akan dibayar sesuai dengan keuangan dan jangan berada di luar jangkauan pendapatan Anda.

Nah, kini Anda sudah tidak lagi bingung bukan dengan urusan memilih asuransi terbaik bagi kendaraan Anda? Sebagai penutup, tidak ada salahnya juga jika Anda meminta beberapa masukan dari kenalan yang memang cukup ahli dalam urusan asuransi. Demikian tips dari Mykredit Indonesia dan Selamat mencari dan semoga sukses.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 19 =