LOADING

Type to search

Asuransi Asuransi Properti

Ayo Lindungi Properti Anda Dengan Tips Memilih Asuransi Properti Berikut Ini!

Share

Mykredit.co.id – Bagi Anda yang memiliki banyak properti, seperti rumah, ruko, apartement dan harta benda lainnya, mungkin akan acuh saja dengan hal penting yang dianggap sepele, yakni asuransi. Memang dari semua jenis asuransi, asuransi properti adalah satu salah jenis asuransi yang sedikit peminatnya. Hal tersebut karena tingkat kebutuhan hidup yang semakin tinggi dan kurang pemahamannya tentang asuransi.

Kendati demikian, sebenarnya asuransi properti memiliki banyak manfaat untuk mengantisipasi kerugian finansial baik yang ringan hingga berat akibat kejadian yang tidak terduga. Terlebih lagi bagi Anda yang memiliki properti yang berada di daerah yang rawan bencana, seperti banjir, gempa, dan bencana lainnya.

Asuransi properti merupakan salah satu jenis asuransi yang bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kerugian finansial yang diakibatkan oleh kejadian tak terduga seperti banjir, kebakaran, gempa bumi, dan kerusakan lain yang menimpa properti, dimana asuransi tersebut berfungsi untuk meminimalisir risiko yang disebabkan oleh bencana tersebut.

Nah, bagi Anda yang letak propertinya berada di daerah rawan bencana, tunggu apalagi? Segera asuransikan properti Anda untuk mengantisipasi berbagai risiko akibat bencana-bencana tersebut. Namun sebelum memilih asuransi, yuk kenali dulu berbagai jenis asuransi properti berikut ini:

a. Berdasarkan Risiko Yang Ditanggung

  • Asuransi Properti Standar, Jenis asuransi standar ini hanya akan menjamin atau menanggung risiko tertentu saja yang paling sering dan besar peluangnya. Asuransi standar juga bisa disebut sebagai bentuk khusus dari adanya asuransi properti ini. Meski pada asuransi standar yang sering dikenal adalah jaminan pada bencana kebakaran, namun ada risiko lain yang menjadi bentuk khusus asuransi ini yaitu kebanjiran, kebakaran, atau gempa bumi.
  • Asuransi Properti All Risk, Berbeda dengan jenis asuransi standar, jenis asuransi all risk ini dapat memberikan jaminan terhadap segala sesuatu kerusakan atau musibah yang menimpa properti Anda, seperti tanah longsor, angin topan, gangguan eksternal, dan tanggungan lain sesuai dengan yang tertera pada polis asuransi yang sudah disepakati.

Karena asuransi ini menanggung seluruh kerusakan properti akibat kejadian yang tidak terduga dan banyak manfaat serta layanan yang ditawarkan, maka tak heran jika biaya atau nilai premi yang akan Anda keluarkan lebih besar dari asuransi standar.

b. Berdasarkan Jenis Properti Yang Diasuransikan

  • Asuransi Properti House Owner, Asuransi properti jenis ini bertujuan untuk melindungi bangunan, meliputi ruko, rumah, apartement dan properti lainnya. Bagi Anda yang menggunakan asuransi house owner, Anda akan diberikan tanggungan kerugian akibat kejadian tak yang terduga yang menimpa bangunan Anda, namun tidak termasuk harta benda atau isi dalam bangunan Anda.
  • Asuransi Properti House Holder, Nah, jenis asuransi ini bisa dikatakan kebalikan dari asuransi house owner, dimana asuransi house holder tersebut ditujukan guna melindungi isi dari bangunan Anda. Jadi Anda bisa menggunakan asuransi ini untuk menjamin harta benda Anda.

Nah, setelah mengetahui berbagai jenis asuransi properti, Anda bisa menggunakan satu atau lebih jenis asuransi untuk menjamin properti Anda. Namun dalam menentukan asuransi properti, yuk ikuti tips memilih asuransi berikut ini:

1. Pilihlah Perusahaan Asuransi Properti Yang Terpercaya

Salah satu hal yang paling penting dan utama dalam meng-asuransikan properti Anda adalah memilih perusahaan asuransi properti. Dalam menentukan perusahaan, pilihlah perusahaan asuransi yang sudah berpengalaman dan yang terpercaya.

Jangan hanya mudah tergiur dengan biaya premi yang ditawarkan, tapi perhatikan juga rekam jejak dan kredibilitas perusahaan asuransi properti tersebut. Untuk harga premi, biasanya sudah ada standarisasi harga dalam industri asuransi properti. Tanyakan juga kepada teman, keluarga, atau orang-orang yang sudah menggunakan asuransi tersebut.

2. Perhatikan Coverage dan Perluasan Asuransi

Nah setelah memilih perusahaan asuransi properti yang tepat, perhatikan juga coverage atau tanggungan yang diberikan kepada Anda. Tanyakan kepada perusahaan tersebut terkait apa saja yang akan di-cover dan tidak termasuk dalam tanggungan. Tanyakan juga apakah ada perluasan dari asuransi tersebut? Pastikan Anda mengetahui tentang hal tersebut secara detail.

3. Perhatikan Proses Klaim

Setiap perusahaan asuransi biasanya memiliki peraturan dan proses klaim yang berbeda. Nah, sebaiknya Anda mencari tahu lebih detail tentang klaim asuransi dan dokumen apa sajakah yang diperlukan untuk klaim tersebut.

4. Carilh Informasi Harga Properti Yang Diasuransikan

Ketika Anda akan mengasuransikan properti Anda, sebelumnya carilah dahulu berapa harga aset dari properti Anda, mulai dari bangunan dan isi serta harta benda yang ada di dalamnya. Jangan sampai Anda sendiri tidak tahu taksiran harga aset Anda baik dari harga saat baru dan harga yang terkini.

5. Konsultasikan Kebutuhan Anda Terlebih Dahulu

Jika Anda sendiri masih ragu dengan asuransi properti tersebut, Anda bisa menggunakan jasa agen asuransi yang terpercaya, dimana agen tersebut sudah memiliki sertifikat atau lisensi AAIK (Ahli Asuransi Kerugian) atau AAAIK (Ajun Ahli Asuransi Kerugian).

Selain berbagai faktor yang perlu Anda perhatikan saat memilih asuransi properti, perhatikan juga apakah asuransi tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan ekonomi Anda? Perhatikan juga kemudahan dan pelayanan yang diberikan oleh pihak asuransi. Bencana kadang bisa terjadi kapan saja, nah untuk menyelamatkan aset properti Anda, tunggu apalagi? Yuk segera asuransikan properti Anda mulai dari sekarang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + five =