LOADING

Type to search

Tabungan Traveling

Tips Wujudkan Wisata ke Luar Negeri Biaya Ngirit

Share

Mykredit.co.id – Investasi tidak selalu tentang bisnis, menabung salah satu investasi juga. Investasi berarti merencanakan keuangan baik itu untuk jangka Panjang maupun jangka pendek. Menabung banyak manfaatnya karena bisa kita ambil kapanpun dan sesuai kebutuhan yang mendesak, baik itu untuk kesehatan, buka usaha bahkan sampai berwisata atau traveling yang mungkin membutuhkan dana tidak sedikit seperti bepergian keluar negeri misalnya.

Jalan-jalan salah satu kebutuhan hidup setiap individu karena bisa melepaskan Lelah atau kesibukan rutin sehari-hari, menikmati suasana baru dan keindahan tempat tempat wisata tujuan kita. Meskipun pada dasarnya bisa wisata kemana saja, tapi tidak menutup kemungkinan kebanyakan dari kita ingin mengunjungi suatu tempat tertentu, atau bahkan ada yang ngidam ke suatu tempat wisata dan salah satunya seperti keluar negeri. Meskipun lokasi rekreasi di Indonesia banyak dan nggak kalah bagus dari luar negeri tapi ada rasa tersendiri jika kita melancong ke objek wisata negara lain.

Jika sudah bicara rekreasi keluar negeri tentu ada banyak hal yang harus disiapkan, apalagi jika kamu tidak memiliki paspor dan visa belum lagi dana tunai dan saldo tabungan juga karena ada beberapa negara yang mengharuskan kamu memiliki minimal limit saldo tabungan jika ingin singgah ke negara mereka, andai kamu ingin melancong sebagai backpacker pun tetap butuh dana yang gak sedikit loh.

Ada negara-negara tertentu yang cukup menggunakan passport saja tapi ada juga yang mengharuskan visa kunjungan dan ini semua butuh waktu dan biaya. Jika memang sudah merencanakan pergi ke suatu tempat diluar negeri anggaplah eropa nah kamu bisa cicil mengurusnya dari sekarang dan mulai menabung untuk akomodasi selama berada disana.

Pernah ada kisah seorang pekerja biasa dengan gaji UMR atau UMP Jakarta tapi setiap tahun jalan-jalan keluar negeri, bukan di asia tenggara saja tapi asia lainnya seperti jepang, Korea dan lainnya. Ternyata dia selalu menyisihkan duitnya dan tidak boros untuk mewujudkan impiannya jalan-jalan keluar negeri. Seperti agak berlebihan memang mendengarnya, masa iya gaji UMP bisa selalu berwisata ke luar negeri, tapi itulah kenyataannya. Semua hal bisa diwujudkan asal memang sudah memiliki impian dan merencanakannya dengan matang.

Berikut Tips Sederhana Merencanakan Pergi ke Luar Negeri

  1. Tentukan beberapa alternative negara tujuan wisata di luar negeri
  2. Hitung perkiraan budget yang dibutuhkan, mulai dari berangkat dari rumah, naik pesawat pulang pergi hingga biaya tinggal disana beberapa hari.
  3. Jangan lupa hitung juga dana untuk membeli oleh-oleh atau souvenir, masa iya jalan-jalan keluar negeri gak bawa apa-apa, sayang banget kan ?
  4. Jika belum ada passport dan visa urus dari sekarang.
  5. Menabung dari sekarang dan jika memang dirasa perkiraan budget bakal kurang, cari tujuan wisata ke negara yang agak murah dikit dari listing target negara tujuan wisata kamu sebelumnya.
  6. Atau kalo ingin irit biaya, kamu berwisata sebagai backpacker aja dan coba cari group atau forum Indonesia backpacker di Internet. Banyak loh yang doyan dolan-dolan keluar negeri dengan cara backpacker. Nah kamu bisa kontak atau buka thread di forum tersebut dan ajak siapa saja yang mau kenegara dari listing kamu sebelumnya. Jika ada, coba chat kapan berangkatnya jadi kamu bisa menyamakan jadwal dan berangkat bareng, lebih nikmat, rame dan pastinya bisa sedikit murah.
  7. Kalo sudah fix lokasi tujuan, mulai lah browsing-browsing di internet atau tanya ke kenalan yang pernah kesana. Sukur-sukur kalo ada teman disana dan numpang, pasti lebih ngirit hehe.
  8. Kalo memang pas mendekati hari H tabungan masih kurang, kamu bisa pinjam dana tunai yang bunga ringan, karena kita hanya bisa berencana segala sesuatu kedepannya kita tidak bisa prediksi.

Nah, meskipun dari sekian tips diatas sudah kamu laksanakan tapi jika tidak konsekuen dalam menabung, yah kemungkinan batal cukup besar.

Jadi mari kita biasakan menabung dari sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − eighteen =