LOADING

Type to search

Asuransi Asuransi Pendidikan

Utamakan Pendidikan Anak, Inilah Cara Memilih Asuransi Pendidikan Anak Yang Paling Tepat

Share

Mykredit.co.idPendidikan merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang, sebab dengan adanya pendidikan maka membuat seseorang memiliki mutu hidup yang semakin berkualitas. Dengan demikian, tak heran jika setiap keluarga ingin memberikan pendidikan yang terbaik untuk anaknya, salah satu alasannya ialah agar taraf hidupnya semakin meningkat.

Berkaitan dengan hal tersebut, salah satu hal yang berhubungan baik dengan pendidikan adalah asuransi pendidikan. Dimana asuransi pendidikan merupakan sebuah instrumen yang sangat tepat sebagai jaminan keamanan pendidikan bagi anak.

Seperti yang telah Anda ketahui, asuransi pendidikan anak secara khusus digunakan untuk melindungi dana pendidikan pada anak. Dimana fungsinya adalah ketika terjadi risiko terhadap pencari nafkah seperti terkena sakit kritis bahkan meninggal sehingga tak dapat mencari penghasilan untuk keluarga, maka asuransi pendidikan akan memberikan jaminan uang pertanggungjawaban yang bisa digunakan sebagai dana pendidikan untuk anak.

Meski tergolong sepele, namun peran dari asuransi ini sangat besar dan sangat diperlukan. Sebab tentunya Anda tak bisa memprediksi bagaimana di masa depan bukan? Sehingga dengan adanya asuransi pendidikan ini, setidaknya Anda tak perlu khawatir terhadap pendidikan anak untuk kedepannya.

Dengan berkembangnya zaman, asuransi pendidikan pun banyak jenisnya, sehingga tidak jarang membuat seseorang bingung untuk memilih tipe mana yang akan digunakan. Nah, sebelum Anda memutuskan jenis asuransi yang akan digunakan, kenali dulu beberapa jenis asuransi pendidikan berikut ini:

1. Asuransi Pendidikan Dwiguna

Jenis Asuransi Pendidikan Dwiguna ini merupakan salah satu asuransi yang memiliki dua peran, yakni sebagai asuransi dan tabungan di dalamnya. Dengan dua jenis kegunaan ini, maka selain dapat menjamin dana pendidikan anak ketika terjadi risiko, dapat juga sebagai jaminan dana pendidikan jika tak terjadi risiko.

Meski demikian, jumlah tabungan yang dijamin tak memberikan hasil yang besar, sehingga tetap perlu untuk menginvestasikan dana pendidikan pada produk investasi lain.

2. Asuransi Pendidikan Unitlink

Asuransi Pendidikan Unitlink merupakan asuransi yang memiliki unsur asuransi sekaligus investasi. Namun investasi yang berada di dalamnya tidak untuk menjamin atau digunakan untuk membayar biaya asuransi. Sebab hasil investasi tidak dijamin oleh asuransi pendidikan yang terdapat unitlink, sehingga bisa jadi investasi akan mengalami kerugian atau bahkan keuntungan yang banyak.

3. Asuransi Pendidikan Berjangka (Term Life)

Jenis asuransi tradisional ini tidak memiliki unsur investasi maupun tabungan sama sekali. Dimana umumnya asuransi pendidikan berjangka ini hanya mempersiapkan dana pendidikan anak dalam jangka waktu tertentu. Selain itu, jenis asuransi ini hanya untuk melindungi dana pendidikan jika si pencar nafkah meninggal dunia.

Dengan banyaknya jenis asuransi pendidikan tak heran jika membuat masyarakat bingung untuk memilihnya. Terlebih lagi di dalamnya terdapat kelebihan dan kekurangannya, sehingga membuat seseorang mempertimbangkan banyak hal dalam memilihnya. Lalu, bagaimana untuk memilih asuransi pendidikan yang baik agar tak salah pilihan?

Bagi Anda yang ingin mengoptimalkan keuangan dengan mempersiapkan dana pendidikan anak, maka gunakan beberapa tips memilih asuransi pendidikan yang tepat berikut ini:

1. Hitung Besar Dana Pendidikan yang Mungkin Akan Dibutuhkan

Hal mendasar yang perlu dijadikan sebagai pertimbangan dalam memilih asuransi pendidikan adalah setinggi apa jenjang pendidikan anak nantinya? Dimana sekolah yang akan digunakan untuk mendapatkan pendidikan? Dan seberapa besar dana yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pendidikan tersebut?

Bila Anda telah memikirkan ketiga hal mendasar tersebut, tentunya langkah awal dalam memilih asuransi pendidikan adalah dengan mengetahui berapa besar dana yang akan dibutuhkan hingga anak selesai mendapatkan pendidikan. Sehingga hal ini akan lebih mudah untuk memilih jenis asuransi yang akan digunakan.

Nah, untuk mempermudah dalam menghitung besarnya dana yang dibutuhkan adalah dengan melakukan riset secara langsung pada tempat pendidikan, dengan hal tersebut maka Anda bisa menghitung biaya total yang akan digunakan. Karena setiap tahun bisa jadi rincian biaya pada suatu sekolah akan mengalami kenaikan, maka pastikan dalam perhitungannya harus mempertimbangkan juga angka kenaikan biaya yang akan terjadi.

2. Evaluasi Terhadap Anggaran Keuangan

Setelah Anda bisa melakukan rencana dana pendidikan yang akan digunakan, tentunya Anda akan mengetahui berapa total biaya yang dibutuhkan. Nah, berkaitan dengan hal tersebut, salah satu hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih asuransi pendidikan adalah besarnya pendapatan Anda.

Berapakah penghasilan Anda? Dan berapakah pengeluaran yang tepat untuk pendidikan agar bisa mencukupi kebutuhan lainnya?

Dengan pertimbangan ini, maka langkah selanjutnya adalah menetapkan besarnya tabungan setiap bulan yang digunakan agar anak bisa mendapatkan pendidikan terbaik. Sehingga pastikan besarnya uang pertanggungjawaban yang akan diperoleh dari asuransi pendidikan harus sama dengan besarnya seluruh kebutuhan dana pendidikan.

Dalam hal ini, hal yang diprioritaskan adalah investasi dana pendidikan dan asuransi pendidikan anak.

Apa Jenis Asuransi Pendidikan Yang Tepat Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan?

Hal yang harus diperhatikan dalam memilih asuransi pendidikan adalah kebutuhan keluarga dan kemampuan finansial Anda. Sebab setiap asuransi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga pilih yang dapat menjawab kebutuhan Anda dan sesuai terhadap pengeluaran Anda.

Dalam hal ini, jika Anda memiliki dana terbatas maka bisa memilih asuransi Term Life dengan pertanggungjawaban yang besar dan harga premi yang relatif murah, atau jika Anda mempunyai dana lebih maka bisa memilih asuransi Unitlink atau Dwiguna yang tepat untuk program perlindungan jangka panjang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − eight =